GEBYAR MERDEKA HUT RI-75! Klaim Diskon 95% + Extra Potongan Harga Rp 75.000
Kode Promo: DQRI75. Berakhir 3 Days 11 Jam : 48 Menit : 2 Detik Claim Now

Kisah Inspiratif Bachtiyar Muclis Member DQLab yang Berhasil Beralih Profesi Menjadi Junior Data Engineer karena Dampak Pandemi Covid-19

Belajar Data Science di Rumah 23-Juli-2020

“Saya seorang guru les biasa, background pendidikan dari matematika murni. Bulan april saya keluar dr tempat kerja karena ya sudah ga ada yg les sebab pandemi ini.”

Putus bekerja dari pekerjaan sebelumnya pada masa pandemi seperti ini memang banyak dirasakan oleh semua pihak. Salah satunya adalah Bachtiyar Muclis, seorang member DQLab yang berhenti bekerja menjadi seorang guru les.

Ia pun pantang semangat dalam berjuang dan memutuskan untuk beralih profesi sebagai junior Data Engineer pada PT. Astra Internasional Tbk. Proses nya untuk beralih profesi pun tidak mudah, ia mengaku DQLab sangat membantu dirinya dalam mempersiapkan diri menghadapi industri data yang sebenarnya! Yuk, simak perjalanan karir Bachtiyar selengkapnya!

1. Merasakan Dampak Covid-19 dan Memutuskan Beralih Profesi

Bachtiyar menjadi salah satu pekerja yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Dirinya mengaku sebelum ia putus bekerja, Bachtiyar menjalani hari-harinya menjadi guru les. Adanya wabah Covid-19 membuat Bachtiyar tidak bisa melanjutkan pekerjaannya menjadi seorang guru les.

Berbekalnya ilmu matematika yang ia bawa sejak bangku kuliah. Bactiyar tetap semangat untuk mencari ilmu dan membangun kompetensinya untuk mempersiapkan diri berkarir di bidang data. Bachtiyar pun memilih DQLab sebagai wadah untuk dia mempersiapkan diri membangun kompetensi data serta portofolio yang menjadi salah satu pondasi utama berkarir di industri data.

“Pada saat itu saya bingung mau kemana arah kerja saya. Akhirnya memutuskan untuk lari ke bidang data.’

Baca juga :Belajar Data Science, Bima Putra Member DQLab yang Beralih Profesi Setelah 5 Tahun Bergelut di Bidang Pertambangan Kini Menjadi Data Scientist Industri E-wallet

2. Bersama DQLab, Bachtiyar Persiapkan Kompetensi Data

“Saya ambil paketan yg 3 bulan di DQLab saya fokuskan ke Python dan SQL.” 

Sebagai platform belajar data science online, DQLab menghadirkan pengalaman belajar secara praktis dan aplikatif, dengan demikian sahabat data yang ingin memulai karir di bidang data dan ingin berkenalan dengan ilmu Data Science akan dengan mudah memahaminya.

“Belajar di DQLab sendiri sangat membantu saya untuk mengenal data dari dasar. Walaupun ada beberapa challenge yang harus browse sendiri”

3. Pantang Menyerah Belajar Data Science, Bachtiyar Kini menjadi Junior Data Engineer

“Ngelamar kerja agak susah karena di situasi pandemi seperti ini dan apalagi saya tidak punya pengalaman di bidang data.”

“Tapi setelah saya tekuni alhamdulillah saat ini saya diterima di PT. Astra Internasional Tbk dibawah naungan PT. AG-IT sebagai junior data engineer fokus dibidang data modeller dan visualisasi.”

Bachtiyar berhasil membuktikan bahwa dirinya yang tidak memiliki ilmu data sama sekali berhasil berkarir menjadi seorang junior Data Engineer pada industri ternama Indonesia. Dengan demikian, sahabat data pun memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki impian berkarir menjadi praktisi data dengan belajar secara praktis dan aplikatif bersama DQLab.

Baca juga : Belajar Data Science DQLab : Kisah Inspiratif Yohanes yang Beralih Profesi dari IT Support Menjadi Seorang Data Analyst di Industri Startup E-commerce

4. Terapkan Ilmunya Sekarang bersama DQLab dan Ikuti Jejak Bachtiyar Muclis

“Terima kasih sudah mengantarkan saya sampai sini, sukses terus DQLab semoga makin berkembang dan maju khususnya di bidang praktisi data!”

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

 

 


Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!