SURPRISE! Diskon 95% + Potongan Rp. 58.500 + 50% GOPAY CASHBACK
Kode Promo: SURPRISE03JULY Berakhir 0 Days 21 Jam : 59 Menit : 22 Detik Claim Now

Belajar Data Science DQLab : Kisah Inspiratif Yohanes yang Beralih Profesi dari IT Support Menjadi Seorang Data Analyst di Industri Startup E-commerce

Belajar Data Science di Rumah 11-Juni-2020

Saya lulusan 2008, tahun dimana industri di bidang data dan digital belum booming seperti sekarang. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2014 saya mendapatkan posisi Data Analyst di sebuah perusahaan.” Ujar Yohanes.


Yohanes Sefrianto salah satu member DQLab yang kini berhasil beralih profesi dan memantapkan karirnya sebagai seorang Data Analyst di salah satu startup E-commerce yaitu JD.ID. Perjalanan karir Yohanes terbilang tidak mudah, karena dirinya terus mencari profesi yang memang sebenarnya ingin dia tekuni. 


“Saat itu saya tidak begitu peduli dengan judul posisi "Data Analyst", saya hanya melamar berdasarkan jobdesk yang tertera dan beranggapan saya akan nyaman dengan jobdesk tersebut” Tambahnya.


1. Dari IT Support menjadi Data Analyst

Beberapa perusahaan pun pernah dijajaki Yohanes, seiring berjalannya waktu dirinya pun menjabat dengan posisi “Data Analyst” disitulah awal mula dirinya menekuni profesi ini. Yohanes mengaku tidak begitu pandai untuk berprofesi sebagai programmer ataupun hardware atau network spesialis. Awal karirnya pun diwarnai sebagai IT Support atau Helpdesk. 


“Disini saya bekerja untuk support tentang data dan pengolahannya, nah ini salah satu bagian dari job desk IT Support/Helpdesk.” Tutur Yohanes. 


Setelah dirinya beralih profesi menjadi Data Analyst, Yohanes mengaku mulai menyukai pengolahan data, otomasi laporan, pembuatan dashboard dan visualisasi walaupun hanya menggunakan tools excel. “Mempertimbangkan beberapa hal, tahun 2015 saya kembali menjadi IT Support, namun saya sudah menetapkan diri untuk menjadi seorang Data analyst dalam 3 tahun mendatang.” Ungkap Yohanes.


Tahun 2018 hingga saat ini Yohanes berprofesi sebagai Data Analyst pada salah satu  startup e-commerce ternama di Indonesia. Ia mengaku keinginannya untuk tetap belajar sama seperti mahasiswa yang baru lulus kuliah, Yohanes tidak pernah malu untuk belajar dan bertanya pada seseorang yang lebih muda darinya, “Bisa dibilang disini saya memulai semua lagi dari awal untuk mengejar karir saya di dunia Data Analyst.” Tambahnya.


Baca juga : Kisah Inspiratif Adinda Rizki Member DQLab yang Berhasil Melanjutkan Studi S2 dan Mulai Berkarir Sebagai Business Analytics di Polandia


2. Peran DQLab Mempersiapkan Yohanes Berkarir menjadi Data Analyst

Yohanes mengaku DQLab sangat berperan dalam perjalanan karirnya. Ia mengaku bahwa materi dan metode belajar yang ditawarkan DQLab sangat komprehensif dan tepat sasaran dirinya yang ingin terjun di dunia data. 


“Saya mengupload beberapa sertifikat yang saya achieved di DQLab ke dalam sebuah media sosial pencarian kerja kekinian. Dan sampai saat ini sudah sekitar 30-an penawaran kerja yang saya dapatkan tanpa saya harus melamar. Beberapa perusahaan sempat saya datangi untuk wawancara, dan beberapa user yang mewawancarai saya sangat mengapresiasi sertifikat yang saya raih dari DQLab.” Ungkap Yohanes.


3. Kompetensi Dasar yang Perlu Dipersiapkan Hadapi Industri

Menurut Yohanes, kompetensi dasar yang perlu dipersiapkan adalah kemampuan untuk menganalisis data, mempunyai wawasan yang luas seputar bisnis yang digeluti dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 3 hal ini merupakan kunci utama untuk berkarir sebagai seorang Data Analyst yang kompeten.


“Secara teknis minimal memiliki kemampuan pemrograman SQL dan tools spreadsheet seperti Microsoft Excel. Serta sedikit kemampuan bahasa pemrograman R atau Python, mengingat tidak jarang permintaan akan otomatisasi data secara berkala yang mungkin diperlukan dalam lingkup pekerjaan di dunia data.” Tuturnya.


Baca juga : Belajar Data Analyst GRATIS dengan Akses DQLab Module Python for Data Professional Beginner Part 1 Sekarang!


4. Ikuti Jejak Yohanes, Belajar Data Science Bersama DQLab

Kamu juga ingin berkarir seperti Yohanes berprofesi sebagai Data Analyst? BISA! DQLab mengajak kamu untuk mengakses modul terfavorite yaitu, Python for Data Professional Beginner - Part 1 secara GRATIS! 


Sign Up sekarang dan nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan untuk bangun kompetensi data secara gratis untuk siap hadapi industri yang sebenarnya! Persiapkan porfotolio mu seperti Yohanes, untuk hadapi industri nyata.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera bergabung di DQLab dengan sign up di DQLab.id dan ikuti 2 langkah mudah untuk akses FREE modulnya!

  1. Signup di DQLab.id

  2. Pilih menu ‘Career Track’

  3. Mulai belajar modul GRATIS 'Python for Data Professional Beginner - Part 1’


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!