BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS 1 BULAN DI DQLAB
Kode Voucher: BELAJARGRATIS . Berakhir 9 Days 18 Jam : 24 Menit : 21 Detik Claim Now

Kisah Inspiratif Adinda Rizky Member DQLab yang Berhasil Melanjutkan Studi S2 dan Mulai Berkarir Sebagai Business Analytics di Polandia

Kisah Inspiratif Adinda Rizky Member DQLab yang Berhasil Melanjutkan Studi S2 dan Mulai Berkarir Sebagai Business Analytics di Polandia

Belajar Data Science di Rumah 28-Mei-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/6e8f8f484fe653f5ab3f9152d420f380_100_persen.jpg

Kisah perjalanan karir Adinda Rizky member DQLab yang kini melanjutkan studi di Polandia dengan memperdalam Data Science Business Analytics, Adinda pun berani keluar dari zona nyaman untuk memulai karir sebagai Business Analytics di salah satu perusahaan kesehatan di benua Eropa Tengah itu.


Mengetahui minatnya untuk memperdalam Ilmu Data Science, Adinda bergabung dengan DQLab untuk mempersiapkan diri menghadapi industri data yang sebenarnya. Dinda, sapaan akrabnya, mengaku belajar bersama DQLab membuatnya lebih paham bidang data secara lebih luas dan bagaimana pengaplikasiannya di dunia industri nyata.


Yuk, simak kisah Dinda selengkapnya bagaimana ia memulai karir sebagai praktisi data di Polandia!


1. Bagaimana Cara Memulai Karir sebagai Praktisi Data di Polandia?

Hal utama yang perlu kita tahu dan persiapkan adalah, fokuskan niat untuk terjun di dunia data. Dengan adanya arah yang jelas, kamu akan lebih mudah memilih role apa yang ingin kamu tekuni dalam memulai karir di bidang data.


“Yang pastinya persiapkan CV dengan sebaik mungkin. Dan uniknya di Polandia ini kita bisa cantumin kita tuh available timenya berapa jam per minggu gitu. Karena di sini, aku di sini tuh kerjanya 27 jam per minggu.” Tutur Dinda.


Menurutnya selain mempersiapkan CV dengan baik, kamu juga perlu mempersiapkan kompetensi apa saja yang dibutuhkan untuk berkarir sebagai praktisi data di Polandia. “Pengalaman waktu itu ya, waktu itu sih karena perusahaannya mensyaratkan kita harus bisa advance di excel, jadi waktu datang ke perusahaannya dikasih tes pake excel secara langsung.” Tambahnya


Baca juga : Sukses Beralih Profesi dari QC Supervisor menjadi Data Analytics, Intip Kisah Inspiratif Arya Andhika, Member DQLab


2. Kuasai Excel untuk Hadapi Industri Data

Sebagai Business Analytics, Dinda lebih banyak bersinggungan dengan bidang keuangan. Ia mengaku bahwa tugasnya sehari-hari sebagai Business Analytics melakukan input data menggunakan Pivot Tabel. 


“Perusahaan ini semuanya menggunakan excel, jadi satu excel ke excel yang lain tuh menyambung emang, terus juga untuk buat laporan juga itu juga kirim excel juga jadi full of excel deh pokoknya.” Tuturnya.


Menurut Dinda, menguasai Excel merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki seseorang yang ingin berkarir di bidang data. Menguasai bahasa pemrograman yang lain menjadi nilai plus untuk lebih memaksimalkan pengolahan data sesuai dengan kebutuhan industri, seperti bahasa pemrograman SQL, R, dan Python untuk mengolah data yang lebih besar dan lebih complex. 


Baca Juga: Belajar "Big Data" Bermodal Excel? Bisa!


Untuk berkarir sebagai ahli data, dengan role Business Analytics, “Menurutku kompetensi dasar yang dibutuhkan adalah excel. Memahami basic excel, seperti tau formula-formula nya, tau pivot tabelnya itu juga diperlukan.” Ungkap Dinda


3. Tips Berkarir di Industri Versi Adinda Rizky

Pahami apa yang ingin kita raih, dengan demikian kita akan tahu langkah apa yang harus diambil untuk memulai karir di bidang data. Salah satunya adalah temukan teman yang memiliki passion yang sama dengan kamu, dari relasi tersebut dapat menghasilkan sebuah komunikasi yang baik sehingga bisa saling support untuk menunjang karir kamu di bidang data. Dinda mengakui setiap memiliki kesempatan selalu hadir di meetup DQLab untuk belajar data science dari ahli data Industri, dan saling terhubung dengan komunitas yang memiliki passion yang sama untuk saling berkembang dan berkarir. 


“Cari teman yang memiliki passion yang sama, jadi misalnya kalau kalian lagi kumpul bukan kumpul sih, maksudnya lagi ada event di DQLab, kalau buat temen-temen cewe ataupun cowo disitu kalian harus berteman lah satu sama lain, jadi kalian bisa saling support satu sama lain juga” Ujar Dinda.


“Jadi kalian punya temen yang kayak ngerasa belajar bareng gitu, jadi ada semangatnya sih, jadi lingkungannya jadi enak tuh saling mendukung juga, terus juga mungkin yang pasti harus banyak juga belajar case casenya seperti mengikuti kompetensi data, contohnya DQLab Data Champion.” Tambahnya.


Baca juga : Tertarik Belajar Data Science? Yuk, Dapatkan Kode Promo 85% Belajar Data Science DQLab


4. Tingkatkan Kompetensimu untuk Hadapi Industri Data

Kamu juga ingin berkarir menjadi praktisi data di luar negeri seperti Dinda? Bisa! Yuk, terapkan ilmunya sekarang dengan belajar di rumah bersama DQLab! Mulai dengan mempelajari excel dasar hingga bahasa pemrograman yang lainnya untuk tingkatkan kompetensimu guna siap menghadapi industri!




Kamu juga bisa follow Spotify DQLab Podcast untuk mendengar cerita inspiratif Dinda! 
Selalu semangat belajar bersama DQLab :)


Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!