ENJOY KARTINI DAY! SPECIAL OFFER  BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN HANYA RP. 129.000  Claim Now

Pakai Kode: DQKARTINIDAYBerakhir 3 Days 10 Jam : 32 Menit : 14 Detik

Belajar Python: Mengenal Library Yang Disediakan Python Untuk Data Science

Belajar Python: Mengenal Library Yang Disediakan Python Untuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 03-Maret-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/9a04fce10d5d0c43a33e0ec675aa7d68_100_persen.png

Belajar Python di era industri 4.0 kini menjadi kegiatan yang banyak dipilih untuk mengupgrade skill baik itu pemula maupun yang sudah terjun di bidang IT. Data Science sudah banyak diterapkan dalam perusahaan skala besar maupun skala kecil dalam memproses data dengan lebih efisien dan akurat. Ada banyak bahasa pemrograman dan tools yang digunakan dalam data science salah satunya yang paling dikenal adalah Python.


Python adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk data science. Python bersifat open source yang berarti bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk mengembangkan program. Struktur bahasa yang digunakan oleh Python mudah dipahami dan dipelajari. Selain itu banyak library dan fungsi yang bisa digunakan dalam mendukung proses data science. Apa saja library yang sering digunakan untuk data science? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Pandas

Pandas merupakan library yang disediakan oleh Python yang digunakan untuk memproses data yang meliputi pembersihan data, manipulasi data, hingga analisis data. Pandas memudahkan pekerjaan memproses data menjadi lebih mudah dan terstruktur. Dengan Pandas kita juga dapat melakukan proses seperti pada SQL seperti agregasi, join, group by, dan lain-lain. Format file yang dapat dibaca oleh Pandas adalah csv, tsv, dan txt. Format penulisan ketika akan menggunakan Pandas pada Python yaitu import pandas as pd. Python akan memproses ini sebagai perintah untuk memanggil library Pandas. Sebutan pd ini umum dipakai saat menggunakan library Pandas. 

Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. Numpy 

Numerical Python atau biasa disebut dengan Numpy merupakan library Python yang digunakan untuk melakukan komputasi data yang bertipe numerik. Numpy bisa memproses operasi vektor, matriks, dan juga operasi matematika atau statistik. Beberapa tipe data yang ada dalam Numpy yaitu boolean, integer, unsigned integer, dan float. Format penulisan dalam Python untuk memanggil library Numpy adalah import numpy as np. Penggunaan sebutan np umum digunakan ketika menggunakan Numpy. Contoh operasi sederhana yang bisa dilakukan dengan Numpy yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Simbol yang digunakan juga sama dengan standar yang digunakan untuk operasi tersebut yaitu (+) untuk penjumlahan, (-) untuk pengurangan, (*) untuk perkalian, dan (/) untuk pembagian. Operasi lain seperti pangkat bisa dituliskan dengan dua bintang (**). Numpy juga menyediakan fungsi universal function (unfunc) untuk menjalankan operasi seperti sin dan cos.

3. Matplotlib

Setelah melakukan pengolahan data, akan lebih baik jika data disajikan dengan menarik agar mudah dipahami dan diperoleh insightnya. Matplotlib merupakan library pada Python yang digunakan untuk melakukan visualisasi data menjadi lebih rapi dan menarik. Sebagai seorang praktisi data mungkin terbiasa melihat data berbentuk tabel yang sangat banyak. Namun bagi orang lain tentunya akan membingungkan. Maka seorang praktisi data perlu memvisualisasikannya. Dengan Matplotlib data dapat divisualisasikan dalam bentuk 2D atau 3D sesuai dengan kebutuhan. Biasanya bentuk visualisasi dengan Matplotlib berupa grafik yang memiliki satu sumbu atau lebih. Ukuran dan warna grafik juga bisa diatur sesuai keinginan agar data tersaji dengan menarik dan memperoleh informasi yang berguna bagi perusahaan. Cara penulisannya di Python yaitu import matplotlib.pyplot as plt. Sebutan plt merupakan singkatan umum yang dipakai untuk menyebut matplotlib. 

Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Dita Kurniasari

    Editor : Annissawd


    Share

    Postingan Terkait

    Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!