RAMADHAN LIMITED OFFER! Belajar Data Science 6 Bulan Premium Hanya Rp. 129.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQIEDBerakhir 0 Days 19 Jam : 41 Menit : 24 Detik

Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python

Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/1b6ea582c19105e7db2d4543dfbd3349_100_persen.jpg

Ada ratusan cara belajar bahasa pemrograman secara online, terutama jika Kamu ingin belajar bahasa pemrograman Python. Meski demikian, dalam mempelajari Python juga dapat dilakukan dengan mempelajarinya dari membaca -dan menerapkan- buku.. Ketika belajar dengan membuka buku pemrograman, kita cenderung terputus dari internet dan membuat kode dengan fokus tanpa gangguan. Dengan buku, kita bisa masuk ke aliran pemikiran mendalam yang membantu kita untuk benar-benar memahami materi. Buku juga mengajarkan kita materi secara berurutan dari yang sederhana dan secara bertahap menuju materi yang lebih sulit. 

Dengan demikian, bagi kamu yang sedang mempelajari Python sebagai bahasa pemrograman, tidak ada salahnya untuk melengkapi perjalanan belajarmu dengan mencoba untuk belajar melalui buku. Pada artikel kali ini, DQLab akan berbagi mengenai 3 buku yang direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan Python kamu dari pemula hingga mahir hanya dalam beberapa bulan, tanpa terlalu banyak membuka internet. Wah, apakah benar-benar bisa? Jawabannya bisa! Buktikan sendiri setelah membaca artikel ini ya! Berikut adalah ke-3 buku tersebut, yuk simak penjelasannya!

1. Python Crash Course

Buku ini memberi kamu dasar yang kuat dalam dasar-dasar Python bersama beberapa contoh kode praktis untuk aplikasi dunia nyata yang dapat kamu mulai gunakan segera. Ini bahkan membawamu langkah demi langkah melalui pembuatan aplikasi web sederhana dengan Django yang menyertakan otentikasi. Bab ini memandu kamu dalam menerapkan aplikasi yang telah kamu buat ke Heroku, dan tentunya itu bagus. 

Seringkali dengan tutorial, kita dibiarkan bertanya-tanya bagaimana akan membawa aplikasi yang kita ke produksi, tetapi buku ini juga menjelaskan langkah itu. Buku ini menyenangkan untuk dibaca dan membantumu mengumpulkan bagaimana kamu dapat menggunakan Python dalam berbagai aspek aplikasi nyata.

Baca Juga : Belajar Python Pemula : Pahami Beberapa Poin Berikut Sebelum Melakukan Visualisasi Data Menggunakan Matplotlib!

2. Effective Python

Setelah kita mengetahui dasar-dasar bahasa pemrograman, kita harus mempelajari praktik terbaik untuk mempelajari cara menulis kode yang bersih, dapat dibaca, dan dapat digunakan kembali dalam bahasa itu. Buku "Effective Programming" melakukan pekerjaan luar biasa dalam membantu kita dalam perjalanan itu dari pemula hingga pemrograman tingkat lanjut. Effective Python, ditulis oleh Brett Slatkin, tidak terkecuali. Buku ini adalah salah satu yang dapat kita baca dari halaman ke halaman atau disimpan di meja atau lemari kita sebagai referensi dari waktu ke waktu untuk melihat apakah ada yang sesuai dengan apa yang sedang kita kerjakan.

Misalnya, setelah kita memiliki beberapa skrip pemrograman dengan beberapa fungsi, kita dapat belajar kembali melalui Bab 5, “Function”, yang terdapat dalam buku ini untuk meningkatkan keterampilan menulis fungsi dalam kode pemrograman kita. Pola ini dalam pembelajaran juga sangat bagus dan efektif, karena akan dengan cepat menyelesaikan masalah dan meningkatkan kemampuan kita secara signifikan. Untuk menggunakan buku sebagai bahan belajar yang efektif, kita pertama perlu mencari tahu bagaimana melakukan sesuatu, kemudian setelah kita memiliki dasar-dasarnya, asah apa yang perlu ditingkatkan. Ini adalah cara menguasai bahasa pemrograman yang tepat.

3. Python 3-Object Oriented Programming

Jika kita menulis kode untuk aplikasi web secara full-stack atau memiliki proyek Data Science yang lebih besar, kemungkinan besar kita ingin mulai membuat komponen yang dapat digunakan kembali. Meskipun tidak perlu menulis Python dengan cara Object-Oriented, melakukannya tetaplah merupakan pola untuk merangkum kode yang kita buat dengan baik, atau menciptakan ilusi enkapsulasi, dan membuatnya lebih mudah dibaca oleh Developer lain. Belum lagi, ini membuat aplikasi yang kita buat lebih mudah diuji dan dipelihara.

Python 3 Object-Oriented Programming yang ditulis oleh Dusty Phillips, membahas secara mendalam cara mulai membuat kelas dengan Python dan praktik terbaik yang mengelilinginya. Buku ini juga bagus untuk mempelajari beberapa pola desain umum yang digunakan dalam Python. Beberapa di antaranya diimplementasikan secara berbeda dalam bahasa lain yang diketik dengan kuat, jadi jika kita berasal dari latar belakang C ++, C #, atau Java, kita masih perlu membaca untuk melihat bagaimana pola ini diimplementasikan dengan Python. Mungkin tidak selalu seperti yang kita pikirkan.

Baca Juga : Belajar Python : 3 Fungsi Pandas Python yang Jarang Diketahui

4. Yuk Belajar Bahasa Pemrograman Python Bersama DQLab Sekarang!

Ingin mempelajari Python lebih dalam? Ayo mulai belajar bersama DQLab secara GRATIS! Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Semangat belajar sahabat Data DQLab!

Penulis : Jihar Gifari

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!