PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 41 Menit 8 Detik

Melihat Fungsi Microsoft Excel, Aplikasi Pengolahan Populer

Belajar Data Science di Rumah 25-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f7408a8f21c6e0a65829715f4f35586d_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan aplikasi yang wajib dipelajari oleh orang-orang yang ingin bekerja di bidang data, marketing, dan lainnya yang bertanggung jawab mengolah data. Microsoft Excel adalah aplikasi yang tergabung dalam paket Microsoft Office. 

 

Hampir semua pekerjaan umumnya memiliki kriteria harus bisa mengoperasikan Microsoft Office seperti Word, Excel, Power Point, dan lainnya sesuai kebutuhan perusahaan. Jadi, sebenarnya tidak hanya orang yang bertugas mengolah data saja yang harus mempelajari Excel, namun bidang pekerjaan lain juga. Hal ini karena biasanya Excel digunakan untuk menginput data sederhana misal data transaksi, rekap jadwal meeting, dan sebagainya. 

 

Microsoft Excel memiliki tampilan yang profesional dan fungsi-fungsi yang mendukung proses pengolahan data yang mudah dipelajari dan dipahami. Tidak hanya fitur yang digunakan untuk mengolah data angka atau numerik, Excel juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang dapat digunakan untuk aktivitas tertentu. 

 

Misalnya seperti fitur Data Analysis dan fitur membuat chart untuk melakukan analisis data di Excel. Nah, artikel ini akan membahas beberapa fungsi Microsoft Excel dan penerapannya dalam dunia kerja. Apa saja ya? Simak pembahasannya dibawah ini, yuk!

 

1. Mengolah Data

Fungsi utama dari Microsoft Excel adalah mengolah data angka atau numerik. Perusahaan biasanya menggunakan Excel untuk mengolah data manajemen seperti mencari rata-rata, median, dan nilai maksimum atau minimum dari suatu kumpulan data. 

 

Dalam proses administrasi, seorang akuntan biasanya menggunakan Excel untuk menginput data seperti data pemasukan dan pengeluaran perusahaan. Dengan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak dalam Excel yaitu 1.048.576 baris dan 16.384 kolom, kita dapat menginput data sebanyak-banyaknya sesuai kebutuhan. 

 

Selain data numerik, kita juga bisa mengolah data teks pada Microsoft Excel. Bahkan Microsoft Excel memiliki fitur untuk mengubah format data dari teks, numerik, bahkan date. Oleh karena itu, banyak perusahaan mengandalkan excel untuk mengolah data yang dibutuhkan.

excel

 

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Membuat Laporan

Fungsi kedua dari Microsoft Excel adalah untuk membuat laporan seperti laporan keuangan. Perusahaan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Excel untuk membuat laporan keuangan dalam skala besar. 

 

Data dan proses perhitungan dalam laporan keuangan sangat kompleks sehingga perlu ketelitian dan juga tools yang mendukung. Bayangkan jika dilakukan secara manual tentu akan memakan banyak waktu dan tenaga. Oleh karena itu, orang yang bekerja di bagian keuangan harus menguasai Excel dengan baik dan memahami fitur-fitur pada Excel yang dapat membantu pembuatan laporan keuangan lebih efektif. 

 

Ada berbagai fitur excel yang bisa digunakan untuk mensupport pembuatan laporan, salah satunya adalah pivot table. Pivot table berisi rangkuman dari data set dengan kriteria tertentu. Dengan pivot table kita tidak perlu lagi melakukan operasi matematika dengan rumus excel satu persatu.

excel

 

3. Penyajian Data dengan Grafik

Salah satu langkah dalam proses pengolahan data adalah penyajian data. Data umumnya disajikan dalam bentuk grafik atau plot. Excel menyediakan fitur untuk membuat grafik untuk menyajikan data yang sudah diolah. 

Ada banyak pilihan bentuk grafik seperti pie chart, bar chart, column chart, line chart, scatter chart, bubble chart, radar chart, dan lainnya yang bisa kamu pilih sesuai dengan data yang kamu miliki. Misalnya untuk melihat data trend bisa menggunakan line chart. 

 

Selain itu ada juga fitur Power View yang juga digunakan untuk menyajikan data namun dalam bentuk yang  lebih menarik dan interaktif. Hal ini akan mendukung pengambilan keputusan dalam proses bisnis. Bahkan dari grafik ini kita bisa membuat dashboard report di Excel dan tentunya dashboard interaktif yang bisa difilter.

excel

 

4. Perhitungan Statistik dan Analisis Data

Selain dapat melakukan operasi dasar matematika, Excel juga dapat melakukan perhitungan statistik. Kita bisa menemukan fungsi-fungsi statistika yang disediakan Excel di menu Formula > More Function > Statistical. Selain itu kita juga bisa menggunakan Excel untuk keperluan analisis data. 

 

Terdapat fitur add-ins di Excel yaitu Analysis Toolpak yang dapat ditambahkan ke dalam Excel. Fitur ini digunakan untuk melakukan analisis data tanpa perlu repot menginstall aplikasi analisis data lainnya. Jika berhasil ditambahkan fitur ini akan terlihat di menu Data dengan nama Data Analysis. Beberapa metode yang terdapat dalam Data Analysis yaitu Descriptive Statistics, Correlation, ANNOVA, Regression, dan sebagainya.

excel

 

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Excel memiliki ratusan fitur yang akan sangat membantu pekerjaan kita, terutama pekerjaan yang berkaitan dengan data. Oleh karena itu, perlu banyak jam terbang untuk memahami dan mahir menggunakan fitur-fitur dari Excel. 

 

Yuk eksplor semua fitur yang berguna dalam industri dengan modul dari DQLab! Modul DQLab menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri sehingga kita bisa "meraba" seperti apa kondisi data yang akan kita kerjakan saat nanti sudah bekerja. Selain itu, modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa langsung menggunakan environmentnya di web DQLab. 

 

Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk merasakan experience menggunakan live code editor dari free modul serta akses ebook gratis yang bisa diakses 24 jam non stop. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login