FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 20 Menit 8 Detik 

Manfaat Visualisasi Data untuk Perkembangan Bisnis di Era Industri 4.0

Belajar Data Science di Rumah 26-Agustus-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/51e89d93b9cb45a3792a1ded9fa99b0a_x_Thumbnail800.jpg

Pembahasan mengenai data science masih menjadi topik hangat di bidang teknologi. Ditambah lagi dengan perkembangan industri 4.0 yaitu era dimana kemajuan teknologi diterapkan dalam proses bisnis. Hampir semua kegiatan sehari-hari sekarang menggunakan teknologi seperti transportasi, berbelanja, belajar mengajar, dan lain sebagainya. Misalnya untuk berbelanja kita bisa memanfaatkan e-commerce dari gadget dan tinggal menunggu barang yang kita beli sampai di rumah. Nah, dari contoh aktivitas tersebut akan menumbuhkan data yang semakin banyak setiap tahunnya.  


Istilah data adalah masa depan atau data is the new oil mungkin sudah tidak asing didengar atau ditemukan di beberapa tulisan yang membahas tentang data. Data yang terus bertumpuk tidak akan berarti apa-apa jika tidak dikelola. Oleh karena itu dibutuhkan ahli data seperti data scientist dan data analyst untuk mengolah data yang sangat banyak dan beragam. Data mengandung informasi yang berguna bagi kemajuan bisnis. Salah satu proses pengolahan data yang tidak boleh terlewat adalah memvisualisasikan data. Data scientist atau data analyst bertugas mengolah hingga membuat visualisasi data agar lebih mudah dipahami oleh pembaca atau tim terkait di perusahaan yang membutuhkan informasi tersebut. Ada berbagai tools yang bisa digunakan untuk visualisasi data misalnya Python dan R. Lalu, dalam bisnis apa saja sih manfaat visualisasi data? Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Laporan yang Lebih Interaktif

Proses membuat visualisasi data harus diawali dengan pemahaman akan data yang digunakan. Berbeda jenis datanya, berbeda pula bentuk visualisasi yang digunakan. Visualisasi data umumnya dibuat dalam bentuk grafik. Dengan menggunakan tools visualisasi data, kita dapat memilih berbagai jenis grafik untuk menyajikan data seperti pie chart, bar chart, line chart, histogram, dan lain sebagainya. Beberapa tools bahkan menyediakan fungsi yang membuat visualisasi data lebih interaktif seperti menggunakan gambar-gambar yang relevan dengan data. Tidak semua mengerti atau bisa membaca data dalam bentuk tabel sehingga perlu divisualisasikan. Data yang dibuat dalam bentuk yang interaktif dapat menarik pembaca atau audience untuk mengamati data dan memahami informasi yang terdapat di dalamnya. Tentunya ini juga dibarengi dengan penyampaian yang baik saat mempresentasikannya.


Baca juga : Belajar Python Pemula : Pahami Beberapa Poin Berikut Sebelum Melakukan Visualisasi Data Menggunakan Matplotlib


2. Meningkatkan Nilai Produk atau Jasa

Visualisasi data dapat meningkatkan nilai produk atau jasa. Data yang digunakan bisa dari penilaian konsumen, jumlah penjualan, banyaknya pengunjung, dan lain sebagainya. Misalnya pada suatu perusahaan yang memproduksi produk bisa memperoleh informasi bagaimana perkembangan penjualan produknya, apakah kemasannya menarik konsumen, kualitas bahan baku terhadap produk, dan sebagainya. Dengan informasi-informasi tersebut perusahaan dapat terus meningkatkan nilai produknya agar semakin populer dan laris di pasaran dan mencapai target bisnis. Begitu pula dengan perusahaan di bidang jasa. Misalnya perusahaan transportasi. Dengan visualisasi data perusahaan dapat melihat apakah konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan atau perlu perbaikan lagi, apakah pelayanan customer service sudah cukup responsif dan membantu pelanggan, dan lain sebagainya. Persaingan bisnis yang ketat saat ini menuntut perusahaan untuk terus berinovasi sehingga mampu untuk terus berkembang di industri. 


3. Mendukung Pengambilan Keputusan Lebih Cepat dan Tepat

Hasil pengolahan data hingga memvisualisasikan data dapat mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih cepat dan tepat. Data yang digunakan dalam mengolah data adalah data yang sudah terkumpul di perusahaan dalam rentang waktu tertentu. Visualisasi data yang dilakukan secara real time akan memudahkan pengambilan keputusan. Dalam bisnis tentu sebuah keputusan bisnis tidak bisa dilakukan sembarangan melainkan harus berdasarkan data-data nyata dan masih relevan pada waktu itu. Pengambilan keputusan ini merupakan langkah yang cukup krusial pada suatu perusahaan karena akan mempengaruhi kemajuan bisnis. Dengan keputusan yang tepat, perusahaan akan terus maju dan mampu bersaing dari waktu ke waktu. 


4. Meningkatkan Kemampuan Analisis 

Pentingnya pengolahan data dan visualisasi data di industri mampu meningkatkan kemampuan analisis orang atau tim terkait. Proses pengolahan data tidak dilakukan sekali namun berkala sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses yang terus menerus ini akan membangkitkan kemampuan SDM untuk lebih cermat dan kreatif dalam mengolah dan menghasilkan analisis yang memiliki pengaruh bagi perusahaan. Seperti mengembangkan metode analisis yang lebih baik, visualisasi data yang lebih menarik, dan sebagainya. 


Baca juga : Cara Membuat Visualisasi Data Trends dengan Excel


5. Temukan Informasi Penting dengan Visualisasi Data

Visualisasi data dilakukan oleh ahli data seperti data scientist dan data analyst. Profesi tersebut banyak dibutuhkan saat ini oleh berbagai perusahaan baik yang bergerak di bidang produksi maupun jasa. Pentingnya visualisasi data menarik banyak industri untuk menemukan SDM berkualitas yang mampu melakukan tugas mengolah hingga memvisualisasikan data. Pemula yang tidak berlatar belakang IT pun tertarik dengan data dan beralih profesi. Tentu kemampuan ini tidak diperoleh secara instan. Perlu proses belajar agar mampu memvisualisasikan data dengan baik dan memperoleh informasi yang maksimal. Yuk, gabung di DQLab.id dan mulai belajar visualisasi data!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :