BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Python Pemula : Pahami Beberapa Poin Berikut Sebelum Melakukan Visualisasi Data Menggunakan Matplotlib!

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/bc8ce5049eb9e27e2d5e4db854271710_x_Thumbnail800.jpg

Di antara skill yang sangat penting untuk dimiliki oleh semua praktisi data, baik Data Scientist, maupun Data Analyst adalah skill untuk memvisualisasikan data. Dalam python, terdapat banyak library yang dapat digunakan untuk melakukan tugas ini. Salah satu library yang sangat sering digunakan dan menjadi awal yang bagus untuk mempelajari visualisasi data di python adalah Matplotlib. 

Matplotlib adalah pustaka visualisasi data multiplatform yang dibangun di atas array NumPy. Matplotlib disusun oleh John Hunter pada tahun 2002. Matplotlib dirancang agar dapat digunakan seperti MATLAB, dengan kemampuan untuk digunakan dalam Python dengan gratis dan open-source. Dengan demikian, jika kamu kebetulan mengenal matlab, matplotlib akan terasa alami dan cenderung lebih mudah bagi mu. Matplotlib juga dapat digunakan untuk memvisualisasikan data secara 2D maupun 3D di dalam Python dan menghasilkan gambar berkualitas dalam berbagai format.

Pada artikel ini, DQLab akan berbagi mengenai beberapa poin penting yang perlu kita pahami dalam memulai penggunaan library matplotlib untuk melakukan visualisasi data. Apa saja poin penting tersebut? Simak penjelasan berikut ya!

1. Instalasi dan Import Matplotlib

Apabila kamu menggunakan python melalui anaconda atau jupyter notebook, maka matplotlib sudah menjadi built-in library yang tidak perlu di install lagi. Namun, apabila kamu menggunakan python script maka kamu perlu menginstall matplotlib terlebih dahulu, adapun untuk instalasinya sangat mudah kamu hanya perlu mengetikan "pip install matplotlib" di command Prompt dan selesai. Perhatikan contoh berikut : 


Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, kamu dapat menginstall matplotlib menggunakan kedua opsi tersebut. Apabila kamu sudah menginstal matplotlib, kamu harus mengimpor matplotlib dengan cara seperti berikut :


Pada contoh di atas terdapat dua matplotlib yang diimport. Matplotlib yang paling sering digunakan ada;ah matplotlib,pyplot. Adapun "%matplotlib inline" ditujukan untuk memunculkan visualisasi pada setiap code nantinya, Ini berlaku apabila kamu menggunakan jupyter notebook. Namun, apabila kamu menggunakan python script maka kamu harus menyertakan "plt.show()" di akhir setiap code untuk visualisasi


Baca Juga : Belajar Bahasa Pemrograman, Pahami Kegunaan Struktur Data Array pada Python


2. Penggunaan styles Pada Setiap Visualisasi

Matplotlib memiliki berbagai template style yang dapat digunakan. Template ini membedakan warna pada visualisasi yang akan kita buat, untuk template lengkapnya dapat kamu baca pada dokumentasi matplotlib. Kamu dapat mengetik kata kunci pencarian "matplotlib style gallery". Untuk menetapkan style yang akan digunakan dalam suatu visualisasi di Python, makan dapat digunakan kode sebagai berikut : 


Dalam contoh ini, style yang akan digunakan adalah style "dark_background". Penggunaan kode ini akan terus berlaku pada seluruh visualisasi data berikutnya hingga kode yang sama diberlakukan pada style yang berbeda. Jadi, apabila kamu ingin mengganti stylenya, kamu harus menuliskan kode di atas dan memasukkan nama style yang kamu inginkan.

3. Membuat Line Plot Sederhana 

Mari kita coba lakukan visualisasi suatu grafik sederhana menggunakan matplotlib di Python. Perhatikan contoh berikut :


Pada contoh di atas, digunakan library Numpy untuk membuat data imaginer. Data tersebut dinamakan "x" kemudian data selanjutnya adalah "y" dimana "y" adalah pangkat 2 dari X. Kemudian, cara melakukan visualisasi paling mendasar di matplotlib adalah dengan menuiskan kode seperti di atas. "Plt.plot" untuk memvisualisasikan datanya. Sisa kode nya adalah untuk memberikan keterangan pada visualisasi tersebut seperti label dari sumbu x dan y, dan memberikan judul. Kode di atas akan menghasilkan visualisasi sebagai berikut :


Baca Juga : [BARU] Belajar Data Science dengan Akses Module "Data Visualization with Python Matplotlib for Beginner - Part 1"


4. Yuk Pelajari Lebih Dalam Bersama DQLab!

Masih banyak yang dapat kita lakukan dalam Matplotlib, pelajari lebih mendalam mengenai visualisasi data dalam Python bersama DQLab sekarang! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

 

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS "Introduction to Data Science" untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Jihar Gifari

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!