BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Pentingnya Data Science di Era Pandemi Buktikan George Budi Sukse Berkarir sebagai Intern Finance di Amartha

Yovita 17-November-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/eb159a5144486d29b6af3f98e6cf1248_x_Thumbnail800.png

Kesuksesan yang telah diraih seseorang, pasti bukan datang begitu saja. Sama halnya dengan apa yang dilakukan oleh George Budi. Ia yang kini tengah menjalani masa internship sebagai finance di Amartha, mengungkapkan banyak hal yang telah dilakukan untuk meraih semua ini. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kompetensi ilmu data science. 


George mengatakan semua aspek dapat diolah dan diteliti menggunakan data, hal itulah yang menjadi daya tarik data science. "Berawal dari ketertarikan saya dengan dunia penelitian, kini saya mulai jatuh hati dengan ilmu data science, karena apapun saat ini dapat diolah dan diteliti menggunakan data." Tutur George. Kini, alumni STAN sekaligus member DQLab ini akan berbagi informasi seputar kompetensi data di bidang finance. Jangan berhenti di sini, baca artikelnya sampai habis ya!

1. Implementasikan Modul Favorit ke Dalam Pekerjaan Sehari-hari 

Dari sekian banyak modul yang disediakan DQLab, "Data Scientist in Telco Company - Performing Data Cleansing for Machine Learning Model" menjadi modul pembelajaraan favorit bagi George. "Machine Learning adalah alasan terbesar saya tertarik untuk mempelajari Ilmu Data Science." Tambahnya. Selain itu juga project Analisis COVID-19 yang sangat relevan dengan kondisi pandemi saat ini menjadi salah satu materi pembelajaran di DQLab.


Baca juga : Implementasikan 3 Tips Ini untuk Siap Berkarir menjadi Business Intelligence


2. Tips Mendapatkan Kesempatan Berkarir di Era Pandemi

Di era pandemi ini mencari pekerjaan itu ibarat seperti mencari jarum di dalam jerami, bahkan banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan. Oleh sebab itu, George akan kasih tips untuk Sahabat Data yang ingin mendapatkan kesempatan berkarir di era pandemi. Pertama, kamu harus familiar dengan teknologi masa kini, karena dunia selalu berkembang dan teknologi terus semakin maju. Kedua, kembangkan skill dalam proses pengolahan dari data keuangan. Meskipun George adalah lulusan STAN, ia merasa perlu untuk memiliki skill tersebut, terlebih karena semua transaksi kini beralih ke digital. Terakhir, kuasai materi dasar ilmu data science, salah satunya adalah Microsoft Excel.

3. Data Science dalam Role Finance

Sebagai seorang Finance, tugas utama George adalah melakukan rekonsiliasi data. Maksudnya, George menerima data dari sistem keuangan Amartha untuk diolah lebih lanjut dalam laporan keuangan. Baginya, data science mempunyai penting dalam Machine Learning. "Ketepatan waktu membayar dan waktu tidak membayar akan berpengaruh pada rating, maka dari itu data science berperan penting untuk pengaplikasian machine learning dalam melihat data transaksi." Kata George.


George menambahkan, selama masa kuliah ia sudah mempelajari statistik, tetapi hanya bagian luarnya saja. Semenjak bergabung belajar bersama DQLab, George dapat mengimplementasikan ilmu yang lebih mendalam dan mengasah logika untuk mengetahui bagaimana caranya melakukan proses pengolahan data.


Baca juga : Teknik Analisis Data : Hindari Finance Unpredictable Risk di Era Pandemi Covid 19 Pada Keuanganmu


4. Tiru Kesuksesan George Budi dengan Belajar Bersama di DQLab Sekarang, GRATIS!

Bukan hanya George yang bisa meraih kesuksesan di bidang finance, sekarang kamu juga bisa lho! Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!