GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 20 Jam 17 Menit 55 Detik 

Metode Pengolahan Data: Ketahui Proses Pengolahan Data Dengan Metode Analisis Deskriptif

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/d1d0fe44b8a9c658750a6a387fd6497c_x_Thumbnail800.png

Metode pengolahan data merupakan hal yang wajib dipahami sebagai praktisi data. Terdapat berbagai jenis data yang berasal dari berbagai sumber. Oleh karena itu beda jenis data, beda metode pengolahan data yang digunakan. Dengan memahami jenis data dan metode apa yang tepat untuk mengolahnya, maka proses selanjutnya seperti analisis akan berjalan dengan baik dan informasi yang didapatkan jadi bermanfaat bagi penggunanya.


Salah satu jenis data adalah data kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data yang dinyatakan dalam bentuk numerik. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan dalam pengolahan data kuantitatif salah satunya adalah metode analisis deskriptif. Metode ini termasuk yang sering digunakan ketika berhadapan dengan data numerik. Artikel kali ini DQLab akan membahas mengenai proses pengolahan data dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini.


1. Apa itu Analisis Deskriptif?

Metode analisis deskriptif merupakan metode yang digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Analisis deskriptif menggambarkan atau mendeskripsikan data dengan apa adanya. Data biasanya disajikan dalam bentuk grafik atau tabel dan bisa juga dalam bentuk angka seperti hasil perhitungan rata-rata atau standar deviasi. Contoh metode analisis deskriptif antara lain melihat jumlah minat mahasiswa terhadap mata kuliah pilihan, melihat persebaran suatu penyakit pada daerah tertentu misalnya seperti yang sedang dialami dunia saat ini yaitu covid-19. 

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Langkah-Langkah Metode Analisis Deskriptif

Secara umum langkah-langkah dalam menerapkan metode analisis deskriptif yang pertama yaitu melakukan perumusan masalah. Perumusan masalah merupakan kegiatan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang akan menjadi landasan penelitian dimana jawabannya dicari di lapangan. Metode apapun yang digunakan dalam mengolah data pasti diawali dengan perumusan masalah. Hal ini akan membuat penelitian lebih terfokus pada masalah yang ingin diselesaikan. Selanjutnya yaitu menentukan jenis informasi atau data, pastikan data relevan dengan permasalahan yang ingin diselesaikan. Kemudian tentukan prosedur pengumpulan data yang efektif dan prosedur pengolahan data yang sesuai dengan data yang digunakan. Langkah terakhir yaitu melakukan pengambilan keputusan berdasarkan data yang sudah diolah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah dirumuskan. 


3. Metode Dalam Penelitian Deskriptif

Ada beberapa metode yang bisa digunakan ketika melakukan penelitian deskriptif diantaranya ada metode survei, metode deskriptif kesinambungan, dan penelitian studi kasus. Metode survei dapat digunakan untuk populasi besar maupun kecil dimana penelitiannya dilakukan dengan mengambil sampel populasi suatu data. Metode deskriptif kesinambungan dapat digunakan ketika ingin memperoleh pengetahuan secara menyeluruh terhadap suatu fenomena yang terjadi. Penelitian studi kasus dilakukan dengan berfokus pada suatu kasus yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara rinci terhadap kasus tersebut seperti latar belakang, karakter, dan sebagainya. Selain metode di atas, juga terdapat metode lainnya seperti penelitian tindakan, penelitian perpustakaan, dan penelitian komparatif. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

    Penulis: Dita Kurniasari

    Editor : Annissawd


    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!