GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 35 Menit 28 Detik 

Kenali Teknik Analisis Data yang Sering Digunakan Ahli Data

Belajar Data Science di Rumah 13-Desember-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/75f02204989231800a2a4d6a1f3e34e8_x_Thumbnail800.png

Teknik analisis data dalam dunia data, terdapat banyak proses dan metode yang seringkali digunakan untuk mempermudah pekerjaan para profesi data. Profesi data yang dimaksud adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Ketiga profesi ini sering menggunakan beragam proses dan metode dalam pengolahan data.


Salah satunya proses dan metode dalam pengolahan data adalah teknik menganalisis data. Sebenarnya teknik analisis data sudah sering ditemukan dalam dunia pendidikan ketika melakukan penelitian. Namun, tidak sedikit juga yang belum memahami betul apa itu teknik analisis data. Maka dari itu, ayo kenali bersama lebih dalam mengenai teknik analisis data bersama DQLab!


1. Pengertian Analisis Data

Analisis data merupakan suatu metode dalam memproses atau mengolah data menjadi sebuah informasi. Ketika melakukan penelitian, kalian perlu menganalisis data agar data menjadi lebih mudah dipahami dan dimengerti banyak orang. Analisis data juga diperlukan agar kalian bisa mendapatkan suatu solusi.


Solusi yang dimaksud adalah solusi atas permasalah topik penelitian yang sedang dikerjakan atau yang kalian pilih. Secara pengertian, analisis data merupakan suatu proses atau usaha untuk mengolah data menjadi informasi baru. Proses tersebut perlu dilakukan agar karakteristik data menjadi lebih mudah dimengerti dan dapat dijadikan sebagai solusi atas permasalahan yang ditemukan.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Tujuan Analisis Data

Setiap proses tentu memiliki tujuan, sama halnya dengan analisis data, teknik satu ini memiliki tujuan yang akan dicapai dalam penggunaannya pada suatu penelitian. Analisis data menjadi satu tahapan yang penting dalam penelitian karena masih berkaitan erat dan bergantung dengan desain penelitian dan masalah yang telah ditentukan sebelumnya.


Tujuan dari teknik analisis data adalah untuk menentukan atau mendapatkan kesimpulan secara keseluruhan yang berasal dari data-data penelitian yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Tujuan lainnya dari teknik analisis data adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai data-data dalam penelitian sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain.


3. Jenis Analisis Data

Analisis data memiliki dua jenis teknik yang sering digunakan, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut memiliki jenis-jenis lain didalamnya yang dapat membantu atau memudahkan pekerjaan analisis data. Dalam teknik analisis data kuantitatif terdapat dua jenis langkah yang dilakukan, yaitu deskriptif dan inferensial. 


Kedua teknik tersebut dilakukan untuk membuat gambaran atas kumpulan data yang didapat dan menggeneralisasi hasil penelitian sampel atas sebuah populasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif memiliki tiga jenis, yaitu tekstual, wacana, dan naratif. Jenis-jenis tersebut digunakan untuk menyeleksi data atau teks dalam jumlah besar, menganalisis interaksi manusia, dan mengetahui budaya dari sebuah organisasi. 


4. Contoh Analisis Data

Dari beberapa informasi mengenai analisis data, terdapat contoh yang dapat diberikan kepada kalian sebagai gambaran. Misalkan, kalian bekerja dalam sebuah perusahaan yang menawarkan produk makanan. Penelitian yang dapat kalian angkat tentunya mengenai tingkat konsumsi pelanggan. 


Dengan penelitian tersebut, kalian dapat menjadikannya sebagai alat evaluasi perusahaan untuk melihat apakah mereka turut beli dan puas terhadap produk makanan perusahaan tempat kalian bekerja. Kalian dapat mengambil riset dengan metode kuantitatif deskriptif karena riset mengenai suatu bisnis selalu menyangkut frekuensi konsumsi, tingkat kepuasan, dan variabel lain yang mengandung data numerik.


Baca juga : Teknik Pengolahan Data Kualitatif dengan Wawancara Telepon 


5. Kuasai Teknik Analisis Data Bersama DQLab

Teknik analisis data menjadi suatu hal yang penting dalam dunia pengolahan data dan pendidikan, pemahaman akan teknik analisis data bisa kalian jadikan sebagai salah satu ilmu yang kalian miliki. Jika kalian tertarik mempelajarinya, kalian bisa mulai dengan sign up di DQLab.id. Begitu kalian sudah sign up, kalian dapat langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis, lho! Yuk, mulai belajar teknik analisis data bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :