GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 19 Jam 44 Menit 2 Detik 

Ini Dia Deretan 12 SEO Tools Gratis untuk Tingkatkan Traffic Website

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/662eb2d12b379d341f5bb0071a79575c_x_Thumbnail800.jpg

Di era transformasi digital seperti saat ini kita harus pintar memanfaatkan jaringan internet, salah satunya dengan melakukan riset kata kunci, salah satunya dengan Keyword Planner. Keyword Planner merupakan perangkat gratis rancangan Google yang diciptakan untuk menunjang traffic website. Dengan menggunakan salah satu SEO keyword tool gratis yang satu ini dapat membantu kamu dalam menemukan kata kunci yang tepat untuk meningkatkan traffic websitemu di mesin pencari.

 

Menurut pakar SEO asal Inggris, Neil Patel, riset kata kunci menjadi penting karena melalui langkah ini kamu bisa mengetahui kata atau frasa seperti apa yang sering dicari oleh pengguna internet (calon audiensmu). Terlebih, Internet Live Stats mencatat jumlah pengguna internet saat ini telah mencapai empat miliar pengguna dan terus bertambah.

 

Kali ini DQLab berkolaborasi dengan Dewa Web dan akan kasih tahu kamu 12 keyword tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan traffic websitemu, termasuk Keyword Planner. Simak sampai habis ya!


1. Google Keyword Planner 


SEO tool gratis pertama datang dari Google Keyword Planner. Tool ini merupakan salah satu keyword research tool paling populer. Sebab selain gratis, tool Google Keyword Planner juga mampu menyajikan hasil keywords yang memuaskan. Tak hanya itu, tool ini juga termasuk yang mudah digunakan. Cocok bagi kamu yang baru pertama kali menggunakannya, kamu akan lebih mudah memahami cara kerjanya. Hasil pencarian Keyword Planner akan memunculkan jumlah pencarian kata kunci per bulan hingga tingkat kesulitan kompetisi kata kunci.

 

2. Google Trend 


Masih datang dari Google, keyword tool gratis ini juga merupakan yang paling mudah digunakan dan cukup berguna. Dengan menggunakan Google Trend kamu juga bisa membandingkan beberapa kata kunci sekaligus. Selain itu, kamu juga bisa mencari kata kunci terkait dari setiap kata kunci yang kamu masukkan di kolom pencarian.

 

3. SEMRush


Keyword tool gratis selanjutanya adalah SEMRush yang merupakan tool SEO yang dikembangkan oleh perusahaan asal Massachusetts, Amerika Serikat. Ketika mengetikkan kata kunci di Keyword Overview, kamu akan menemukan beragam informasi terkait kata kunci tersebut, seperti volume pencarian, keyword difficulty (KD), cost-per-click (CPC), bahkan variasi kata kunci hingga pertanyaan terkait. Di akun gratis, kamu bisa mencari hingga 10 keywords dalam sehari. Tapi, kamu selalu bisa mengupgrade menjadi akun premium mulai dari USD 99.95 per bulan.

 

4. Moz 


Selain bisa digunakan untuk meningkatkan traffic website, tools yang satu ini juga bisa kamu gunakan untuk menganalisis website, terutama pada Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA). Kamu hanya membuat akun baru untuk mulai melakukan riset kata kunci.

 

Baca juga : Mau Belajar Data Science Bebas Biaya? Nikmati Modulnya di DQLab, GRATIS!

 

5. Ahrefs Keyword Generator 


Ahrefs merupakan kompetitor apple-to-apple dengan SEMrush dan Moz yang juga menawarkan hasil analisis website dan kata kunci secara mendalam. Melalui fitur Keyword Generator, Ahrefs menawarkan 100 kata kunci terkait pencarianmu yang bisa digunakan sebagai inspirasi untuk long-tail keyword beserta search volume dan pertanyaan terkait kata kunci yang kamu masukkan.

 

6. Ubbersuggest


Di awal artikel kita sudah menyebutkan nama Neil Patel sebagai pakar SEO. Tidak hanya pandai dalam teori, Neil Patel nyatanya juga mengembangkan keyword tool yang diberi nama Ubersuggerst. Ubersuggest berfungsi untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari melalui SEO. Bedanya, Ubersuggest berperan sebagai tool gratis untuk mencari keywords. Mirip seperti SEMrush, Ubersuggest juga dapat menampilkan hasil analisis keyword di area yang kamu tentukan sendiri.

 

7. Keyword Tool


Keyword tool yang satu ini cukup unik, karena memiliki nama "Keyword Tool". Tool ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari ide long-tail keyword di artikel websitemu. Menariknya adalah Keyword Tools memiliki keunikan, yakni juga bisa melakukan riset untuk kata kunci di media sosialmu. Hal ini bisa berguna untuk membantumu mencari hashtag yang relevan untuk Instagram dan Twitter. Wah, keren banget ya!

 

8. Wordtracker


Wordtracker merupakan keyword tool gratis yang dikembangkan oleh dua bersaudara, Andy dan Mike Mindel di akhir tahun 1990-an. Untuk bisa mendapatkan sejumlah informasi terkait kata kunci yang kamu inginkan, caranya cukup mudah. Kamu tinggal memasukkan short tail keywordnya dan Wordtracker akan menyediakan beberapa long-tail keyword serta popularitas kata kunci tersebut setahun terakhir.

 

9. LSI Graph


Di tool ini kamu bisa menemukan keywords yang relevan dengan keyword yang kamu cari, meski terkadang beberapa kata mungkin tak sama persis dengan apa yang kamu ketikkan di kolom pencarian. Kamu juga bisa menemukan beberapa top performing content, yaitu beberapa website teratas yang mengandung kata kunci dari hasil pencarian. Sayangnya tool ini hanya bisa mencari 8 kata pencarian dalam sehari, sehingga kamu perlu mengupgradenya menjadi akun premium.

 

10. Soovle


Terlihat agak unik dan sederhana, keyword tool yang satu ini tidak terdapat volume search, KD, dan CPC. Akan tetapi Soovle dapat menemukan informasi terkait keyword yang kamu cari dari berbagai mesin pencari sekaligus. Jadi, tak seperti tools lain, di Soovle kamu sudah tak perlu mengklik halaman mesin pencari satu per satu untuk menemukan informasi kata kunci terkait.

 

Baca juga : 3 Bulan Belajar Data Science Otodidak, Imam Aris Munandar Berhasil Alih Profesi Sebagai Data Engineer.

 

11. Answer The Public


Keunggulan yang dimiliki Answer the Public diantaranya adalah menampilkan ide konten dan kata kunci untuk artikel di websitemu. Ditambah lagi, kamu bisa mengatur lokasi pencarian kata kuncimu. Nantinya, kamu akan menemukan berbagai pertanyaan mendasar terkait kata kunci yang kamu cari, mulai dari What, Who, When, Where, Why, How (5W1H) hingga pertanyaan dari kalimat preposisi dan perbandingan. 

 

12. Google Search


Fitur mesin pencari utama Google, Google Search, ternyata merupakan salah satu trik yang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkannya sebagai keyword tool gratis, yaitu dengan memasukkan kata kunci yang kamu inginkan dan biarkan Google bekerja. Setelah hasil pencarianmu muncul, scroll sedikit hingga kamu menemukan section "People also ask" dan "Related search". Di section "People also ask", kamu bisa menemukan beragam pertanyaan terkait kata kuncimu setelah kamu mengklik salah satu pertanyaan, jadi pencarianmu tak berhenti sampai mencari di search bar saja. Pencarianmu juga bisa dilanjutkan dengan mengklik keywords di "Related search". Menarik bukan?

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!