Siap Berkarir Jadi Data Scientist
Buat Akun DQLab dan Dapatkan Voucher Potongan Harga senilai Rp. 50,000 Belajar Gratis

Ingin Memulai Karir Menjadi Praktisi Data? Yuk Kenalan dengan Ilmu Data Science

Belajar Data Science 24-Februari-2020

Mengenal ranah Data Science pada era digital seperti ini merupakan salah satu hardskill yang dibutuhkan guna menunjang kinerja suatu industri. Mengapa demikian? Karena kita mampu mengolah data mentah dengan skala besar untuk memberikan suatu hasil keputusan untuk perusahaan. Kamu perlu tahu, di sini lah nilai fungsi Data Science sangat diperlukan.

Seperti yang kita tahu, jumlah data kian hari kian berkembang secara cepat, untuk menjadi seorang praktisi data tentunya harus memiliki strategi yang sesuai untuk mengolah data. Data Science sendiri mampu menghasilkan insight dari sebuah data dalam jumlah yang besar. Data yang dapat diolah antara lain angka, gambar, teks dan lain sebagainya.

Namun, jika ingin mempelajari Data Science kira-kira apa saja ya yang harus dipersiapkan? DQLab sebagai platform belajar online berkolaborasi dengan Kevin Stewart, Data Analyst Traveloka membocorkan pelajaran apa saja yang akan dihadapi saat memperdalam ilmu Data Science.

1. SQL

Structured Query Language atau SQL merupakan bahasa pemrograman yang mampu memperbarui atau menyisipkan data dalam database. SQL juga memungkinkan kamu untuk mengakses maupun mengubah database, serta menjalankan sebuah query pun mengambil data yang dibutuhkan.

“Pertama kita perlu memperdalam SQL dahulu. Dulu aku pribadi sudah pernah dapet materi ini saat kuliah. Namun, saat sekarang sudah terjun di dunia kerja, ternyata  pas di dunia kerja kebutuhannya lebih advance. Maka dari itu bisa memulai pelajari itu dulu.” Ujar Kevin. 

2. Statistik

Data Science merupakan ilmu yang tidak bisa berdiri sendiri, statistik merupakan salah satu fondasi dasar yang dibutuhkan untuk memulai karir sebagai praktisi data. Selain itu statistik juga berguna untuk menentukan suatu algoritma yang akan diimplementasikan. Ilmu statistika juga dibutuhkan dalam pengembangan software machine learning. 

“Selain itu, belajar statistik dan fundamentalnya. Setidaknya paham konsep dan seiring kerja pasti ada bayangan sendiri pemakaiannya seperti apa. Harus inisiatif dan ada willingness buat praktekin juga di kerjaan biar gak gampang lupa.”

3. Bahasa Pemrograman

Mempelajari bahasa pemrograman merupakan salah satu cara untuk melatih penulisan dari kode-kode secara benar dan menggunakan penalaran yang tepat. Proses pengolahan data tersebut akan menghasilkan insight secara tepat untuk membantu memberikan keputusan dari suatu perusahaan. 

Bahasa pemrograman yang tersedia untuk pemula pun cukup beragam, mulai dari Python, R, SQL, dan masih banyak lagi. “Pastinya juga akan belajar programming language dan machine learning concept. Setelah mempelajari ini kamu mulai bisa level up ke senior level position.” Tutupnya.

Jangan khawatir, bersama DQLab.id kamu juga bisa lho mempelajari Data Science! DQLab sebagai platform belajar online membantu kamu belajar Data Science secara praktis dan aplikatif! Dengan belajar bersama DQLab, kamu bisa mengasah skill setmu dengan mempelajari ilmu dasar data science!

4. Terapkan Ilmunya & Dapatkan Kode Promo 75% DQLab!

Wujudkan harapanmu berkarir sebagai praktisi data dengan DQLab. Selesaikan module 'Introduction to Data Science' dan dapatkan diskon instan 75%. Akses lebih dari 660+ data tutorials dengan project dari praktisi data yang di update setiap minggunya. Hasilkan teknik visualisasi data dan machine learning dengan membangun portofolio langsung. Signup dan mulai belajar gratis langsung #dirumahaja dengan mengakses platform academy.dqlab.id

Simak informasi dibawah untuk redeem kode voucher dan dapatkan diskonnya!

  1. Kunjungi platform DQLab academy.dqlab.id

  2. Selesaikan Module GRATIS 'Introduction to Data Science' 

  3. Aplikasikan Kode Voucher Unik untuk semua paket yang ada halaman subscription DQLab

  4. Voucher hanya berlaku dalam 48 jam

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!