RAMADHAN LIMITED OFFER! Belajar Data Science 6 Bulan Premium Hanya Rp. 129.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQIEDBerakhir 0 Days 21 Jam : 19 Menit : 5 Detik

Macam-macam Metode yang Ada Pada Pengolahan Data Statistik

Digital Transformation: Macam-macam Metode yang Ada Pada Pengolahan Data Statistik

Admin 01-November-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/8194402e158b5fa9884ff72e7b4e01a0_100_persen.png

Saat ini, pengolahan data statistik merupakan komponen penting yang bisa menghasilkan informasi terhadap data yang dimiliki. Pada era digital transformation seperti ini, pengolahan data dengan tahapan yang rinci dan terarah akan sangat menguntungkan karena akan menghasilkan informasi yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Agar data statistik ini dapat menjadi sebuah informasi yang berharga, maka kita harus melakukan pengolahan data statistik dengan metode yang benar.

Disinilah pentingnya mempelajari Data Science, karena ilmu Data Science tidak mengenal background pendidikan dan pada era digital transformation saat ini dibutuhkan di semua lini bisnis. Statistik merupakan ilmu yang sangat dibutuhkan di era digital transformation ini, karena ilmu ini mempelajari cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis, serta penyajian data sehingga menjadi suatu informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan. Apa saja sih metode yang ada di pengolahan data statistic? Yuk, simak ulasan berikut!


1. Hypothesis Testing

Metode pengujian hipotesis secara statistic, pada hakekatnya merupakan suatu pengambilan keputusan mengenai populasi berdasarkan informasi yang tersedia. Metode ini merupakan suatu pernyataan mengenai sebaran peluang suatu parameter populasi yang inheren dalam sebaran tersebut. Unsur-unsur dalam pengujian ini meliputi hipotesis nol (H0), hipotesis alternative (H1), statistic uji, dan kesimpulan.

Baca juga: Memasuki Era Transformasi Digital dengan Mengenal Teknik Pengolahan Data

 

2. Regression

Regresi adalah salah satu metode pengolahan data statistik yang berguna untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara variabel dengan variabel lainnya. Di dalam analisis regresi, hubungan antara variabel bersifat linier, dimana perubahan pada variabel X akan diikuti oleh perubahan pada variabel Y secara tetap. Sedangkan dalam hubungan yang non linier, perubahan X tidak diikuti oleh variabel Y secara proporsional.

 

3. Penentuan Sample Size

Metode ini dilakukan untuk menentukan jumlah dan anggota sampel pada sebuah penelitian/analisis data. Setiap sampel akan mewakili populasi yang telah ditentukan berdasarkan kesamaan karakter. Metode penentuan sample size yang digunakan juga harus disesuaikan dengan tujuan penelitian. Metode sampling secara garis besar dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu probability dan non probability sampling. Probability sampling merupakan metode sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi. Sedangkan Non probability sampling merupakan metode yang tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi.

Baca juga: Memasuki Era Transformasi Digital, Kenali 3 Metode Pengolahan Data Memiliki Peran Penting

 

4. Tertarik mempelajari Aplikasi Pengolahan Data yang lain? Yuk, Mulai Belajar Data Science Gratis sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!