Hanya seharga Rp145.000 | Siap berkarir jadi ahli data dalam 6 bulan
Kode Promo: #MULAIBELAJARDATA  Claim Now

Tiga Keahlian Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Data Scientist

Belajar Data Science 13-Juni-2018

Disebut sebagai profesi kekinian, dengan jenjang karir yang cerah, siapa sih yang tidak mau menjadi data scientist?

Bagi Anda yang belum mengenal profesi ini, data scientist adalah salah satu profesi yang berada dalam bidang interdisipliner fokus pada teknologi informasi. Simpelnya, seorang data scientist mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan suatu organisasi atau badan usaha. Sebelum era big data, profesi-profesi serupa seperti data analis dan business intelligent sudah dikenal oleh para pelaku bisnis.

Tapi, kedua pofesi di atas hanya fokus pada penarikan hasil analisa. Bedanya, data scientist memiliki “role” untuk melakukan eksperimen berdasarkan hasil temuan agar dapat memberikan saran dan masukan yang paling tepat untuk dieksekusi perusahaan.

Tidak heran, dalam salah satu artikel Harvard Business Review, sejak tahun 2012, profesi data scientist adalah salah satu profesi yang paling diminati. Tidak sedikit jumlah IT Professionals dan fresh graduates berlomba untuk masuk ke arena ini. Namun sayangnya, kebutuhan untuk profesi data scientist tidak di imbangi dengan supply tenaga kerja yang memadai sehingga tidak heran banyak perusahaan besar, multinasional, maupun startup berlomba untuk melakukan hiring dengan tawaran yang tinggi. Apa saja keahlian yang dibutuhkan:

Keahlian yang dibutuhkan

Menurut Advisor Data Science KoinWorks, Rifan Kurnia, dalam bekerja setidaknya data scientist membutuhkan tiga keahlian yang saling terkait satu dengan yang lain, yaitu ilmu matematika & Statistikilmu bahasa pemrograman, dan ilmu bisnis (ekonomi, finansial, marketing, operasional, dan manajemen). Apalagi dengan teknologi yang mudah untuk digunakan, tidak menghambat Anda yang tidak memiliki pengetahuan bahasa pemrograman untuk memulai karir ini.

Bagaimana Anda bisa unggul di arena ini

  1. Anda mendalami beragam kasus data yang ditemukan di industri
  2. Anda mengetahui beragam jenis algoritma, dan cara pengolahan data yang tepat untuk menghasilkan outcome yang diharapkan dengan pemilihan software yang tepat (Python & R). Misalnya dengan melakukan Market Basket Analysis, Anda bisa melakukan product packaging atau meningkatkan efektifitas promosi untuk memecahkan masalah inventory & meningkatkan revenue
  3. Penting juga bagi Anda untuk memiliki portfolio yang di dukung dengan sertifikat untuk menunjukan apa yang sudah pernah kamu kerjakan.

Cara memulai

Semua keahlian yang dibutuhkan menjadi seorang Data Scientist bisa Anda dapatkan dengan bergabung di program DQLab, dimana Anda akan belajar dengan menggunakan project, dan dataset yang mencerminkan kebutuhan industri. Program DQLab dapat diakses online, dimana Anda dapat belajar kapanpun, dimanapun, secara flexible dengan lebih dari 200 komunitas praktisi Industri & Data yang siap membantu Anda. Anda juga dapat menghadiri training dimana kami menghadirkan industry expert untuk tukar pikiran dan networking.

Daftar sekarang, untuk mulai karir Anda sebagai Data Scientist hari ini.

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!