PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 38 Menit 52 Detik 

Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?

Belajar Data Science di Rumah 17-Juni-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/c5a876cc6e4f0522abe0601a3f65ff3a_x_Thumbnail800.jpg

Data sekunder menjadi salah satu data yang kerap digunakan dalam penelitian. Biasanya data ini akan dipilih jika data primer yang dipunyai tidak mampu menjawab permasalahan yang ada. Lalu apa sih data sekunder itu? Data sekunder merupakan data yang didapatkan secara tidak langsung dari narasumber, melainkan diambil dari orang yang telah melakukan penelitian sebelumnya. Sementara data primer merupakan data yang diambil langsung oleh peneliti ke lapangan, baik dengan cara wawancara, survei, observasi, dll.

Meskipun data sekunder terbilang cukup mudah untuk didapatkan, namun yang sangat penting untuk diperhatikan adalah apakah data yang didapatkan merupakan data yang valid? Data yang valid tentu saja akan sangat dibutuhkan untuk melakukan pengolahan data sehingga kesimpulan yang dihasilkan dapat benar-benar menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Agar datanya bisa dipastikan sebagai data yang valid, kita perlu mengetahui dari mana saja sih data sekunder ini bisa didapatkan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sumber data yang bisa digunakan. Penasaran? Yuk, simak artikelnya!

1. Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik atau yang sering disingkat dengan BPS merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang menyediakan sangat banyak jenis data yang bisa digunakan. Meskipun BPS ini non kementerian, namun ternyata mereka akan bertanggung jawab langsung ke Presiden. Data yang sudah dipublikasikan oleh BPS bisa diakses kapan saja oleh masyarakat umum secara online dengan mengunjungi website nya, yaitu https://www.bps.go.id/. Data yang disediakan oleh BPS sangat beragam dan hampir mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat, seperti seperti sosial dan kependudukan, ekonomi dan perdagangan, pertanian dan tambang, dan sebagainya.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data

2. Media Massa

Salah satu sumber data sekunder yang bisa digunakan adalah media massa. Namun yang perlu diingat disini, ketika peneliti memilih media massa sebagai sumber datanya maka peneliti harus cermat dan teliti dalam memilih berita mana yang aktual dan terpercaya dan berita mana yang bersifat subjektif. Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat penting bagi peneliti karena ini akan berkaitan dengan valid atau tidaknya data yang dihasilkan. Peneliti bisa mendapatkan data dari surat kabar, majalah, televisi, radio, maupun portal berita online. Perkembangan teknologi digital, membuat media massa akan sangat mudah untuk diakses.

3. Media Sosial

Ternyata selain media massa, media sosial juga bisa dijadikan sebagai sumber data. Proses penyebaran informasi di media sosial terbilang lebih cepat jika dibandingkan dengan media massa. Beberapa orang yang mengalami permasalahan dan keluhan terhadap pelayanan barang maupun jasa terkadang akan mengadukan ke media sosial dan membuatnya viral sehingga kasus tersebut diatasi lebih cepat. Data dari media sosial ini biasanya akan digunakan untuk mengetahui sentimen masyarakat terhadap topik tertentu. Namun yang perlu diingat, pastikan data yang diambil merupakan data yang valid dan terpercaya.

4.Lembaga Pemerintahan dan Swasta

Sumber data sekunder lainnya juga bisa didapatkan dari lembaga pemerintahan dan juga swasta. Untuk mendapatkan data tersebut, beberapa lembaga pemerintahan atau swasta sudah memiliki website yang telah mempublikasikan data sehingga bisa diakses oleh siapa saja secara online. Namun beberapa lembaga lainnya tetap harus dikunjungi secara langsung. Data yang ada disini biasanya berupa arsip seperti berkas-berkas, foto, peta, naskah, video, dll. Sebelum memutuskan mengunjungi langsung lembaga tersebut, pastikan lembaga tersebut berkaitan dengan penelitian yang sedang dilakukan. 

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

5. Ingin Belajar Data yang Tidak Membosankan? Yuk, Di DQLab Aja!

Udah tahu kan apa saja sumber data yang bisa dipilih ketika ingin menggunakan data sekunder? Sekarang saatnya belajar data lebih lengkap. Tapi Bingung nyari tempat belajar yang gak membosankan? Nah, DQLab merupakan lembaga kursus khusus untuk bidang Data Science yang memiliki banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan. Untuk kamu yang ingin belajar data namun takut bosan, DQLab bisa dijadikan pilihan loh. Yuk, tunggu apalagi, buruan daftar di sini dan nikmati semua modul yang ada!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :