GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 31 Menit 49 Detik 

Mengenali Beberapa Metode Pengolahan Data Secara Umum

Belajar Data Science di Rumah 03-Februari-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/1dde61f2300ae476fd5a36ffd2498d44_x_Thumbnail800.png

Data merupakan sekumpulan informasi berupa fakta-fakta yang terjadi di lingkungan kita. Data-data tersebut bentuknya bermacam-macam. Ada yang berupa angka, gambar, teks, video, foto dan lain-lain. Kita bisa mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda. Data yang telah kita peroleh tentunya harus kita olah atau kita analisis agar menghasilkan suatu kesimpulan sebagai informasi baru bagi perusahaan.


Data yang kita dapatkan biasanya berupa data mentah. Terkadang data mentah tidak dapat langsung digunakan dikarenakan terdapat beberapa kendala seperti ada data yang hilang, data yang rusak, data duplikat, data noise, dan lain-lain. Maka dari itu sebelum tahap pengolahan data kita perlu membersihkan data-data tersebut agar hasil analisis data kita juga maksimal. Berbicara mengenai pengolahan data, pada kali ini kita akan membahas mengenai metode pengolahan data. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk simak artikel ini lebih lanjut!


1. Metode Observasi

Metode observasi merupakan sebuah metode atau teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara peneliti melakukan pengamatan langsung di lapangan. Keuntungan dari metode observasi ini adalah peneliti dapat melihat serta mencatat secara langsung tingkah laku atau hasil pengamatan. Teknik ini sangat berguna bagi penelitian yang meliputi pengamatan langsung interaksi pembelajaran, tingkah laku serta interaksi sosial. Informasi-informasi yang dapat kita dapatkan dari metode observasi ini biasanya adalah ruang atau tempat, kegiatan, objek, kejadian atau peristiwa dalam lingkup sosial, waktu, dan lain-lain.


Baca juga : Belajar Data Analyst dengan Akses DQLab Module Python for Data Professional Beginner Part 1 Sekarang!


2. Focus Group Discussion

Focus Group Discussion atau yang biasa disingkat dengan FGD merupakan sebuah metode pengumpulan data yang biasanya digunakan dalam penelitian kualitatif (penelitian yang tidak dapat diangkakan) dengan tujuan untuk mengemukakan makna suatu peristiwa dalam suatu kelompok. FGD merupakan sebuah grup atau kumpulan orang untuk berdiskusi. Diskusi dalam FGD akan menuntut orang-orang dalam tim agar interaktif, hidup dan dinamis.


3. Metode Wawancara

Metode wawancara merupakan sebuah metode yang dilakukan dengan cara tanya jawab antara peneliti dengan satu orang atau lebih narasumber. Proses ini dilakukan dengan cara berbicara langsung secara tatap muka sehingga dapat mendengarkan secara langsung informasi-informasi atau keterangan-keterangan. Hasil dari wawancara antara pewawancara dengan responden dapat dicatat maupun direkam. Metode wawancara ini dapat diterapkan pada orang-orang yang buta huruf atau belum terlalu mengenal kata-kata dan dapat pula diterapkan kepada anak-anak. Selain itu, metode wawancara ini tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka saja, akan tetapi bisa dilakukan melalui telepon.


Baca juga : Belajar Data Science dan Lanjutkan Perjalananmu Menjadi Aksara! Yuk, Akses "Data Analyst Python Career Track" Sekarang!


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi.

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :