GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Belajar Excel, Yuk Kenali 3 Jenis Penggunaan Rumus IF Pada Excel

Belajar Excel, Yuk Kenali 3 Jenis Penggunaan Rumus IF Pada Excel

Belajar Data Science di Rumah 14-Oktober-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/d18927af3746bc8dd51093bda9107961_100_persen.jpg

Ada banyak rumus Excel dengan fungsi berbeda. Sebagai seorang Data Analyst, disarankan untuk mengetahui apa saja fungsi-fungsi Excel yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan praktis. Salah satu fungsi adalah rumus IF, rumus ini adalah fungsi yang tersedia di Excel untuk membuat sebuah kategori yang sifatnya logical. Pekerjaan-pekerjaan atau sheet yang membutuhkan uji logika selalu menggunakan rumus IF Excel ini.

Rumus IF Excel ini hampir sama konsepnya dengan Matematika, yaitu tentang logika. Dengan contoh premi “Jika keadaannya A, maka saya akan melakukan B”. Pada artikel ini, kita akan membahas jenis-jenis rumus IF Excel dan penjelasan dari masing-masing jenis ini. Penjelasan dibuat sesederhana mungkin agar kamu lebih mudah memahami dan mengaplikasikannya di Excel. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini!

 

1.    Rumus IF Tunggal

Tunggal artinya adalah satu. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan rumus IF tunggal untuk menentukan 1 dari 2 persyaratan. Berikut ini contoh rumus IF pada nilai yang lulus/tidak lulus sebagai contoh dari penggunaan rumus IF tunggal pada Excel.

Pada contoh gambar di atas, rumus excel yang digunakan pada sel B2 adalah:

=IF(A2>70;”LULUS”;”TIDAK LULUS”)

Rumus Excel di atas menguji logika pada sel A2 apakah nilainya lebih dari 70 atau tidak. Jika nilai A2 lebih dari 70 (kondisi terpenuhi / TRUE), maka rumus if akan menghasilkan teks LULUS. Sedangkan jika nilai A2 tidak lebih dari 70 (kondisi tidak terpenuhi / TRUE), maka rumus IF akan menghasilkan teks GAGAL.

Baca juga: Data Analysis Excel : Yuk Intip Tiga Fungsi Utama Excel untuk Mempermudah Pengelolaan Bisnismu Secara Akurat 

 

2.   Rumus IF Berganda

Fungsi atau rumus IF Excel juga dapat digabungkan ke dalam fungsi IF lainnya. Situasi ini biasanya disebut juga rumus IF ganda, bercabang, atau istilah lainnya Nested IF Function. Rumus IF hanya dapat diterapkan ke dalam dua parameter. Jika parameternya adalah “kondisi terpenuhi” atau “kondisi tidak terpenuhi”, rumus IF ganda dapat digunakan. Jika ada dua syarat, atau syaratnya terpenuhi keduanya, kamu tetap bisa menggunakan rumus IF ini.

 

3.   Rumus IF Bertingkat

Prinsip rumus IF bertingkat ini mirip dengan rumus IF berganda. Namun di rumus IF ini, kamu bisa menyematkan rumus-rumus lainnya di masing-masing tingkat. Maka rumus ini jelas lebih rumit. Berikut contoh penggunaan rumus IF ini,

=IF(logical_test1,[value_if_true],logical_test2,[value2_if_true],...,
[logical_testN],[valueN_if_true],[valueN_if_false])

Misalkan diketahui pengelompokan nilai mahasiswa yaitu 1= Kurang, 2= Cukup, 3= Baik, dan 4= Sempurna. Akan dilakukan pengelompokan nilai suatu mata kuliah dari 5 mahasiswa pada tabel dibawah ini dengan rumus seperti,

=IF(nilai=1,"Kurang",IF(nilai=2,"Cukup",IF(nilai=3,"Baik",IF(nilai=4,"Sempurna"))))

Baca juga: Data Analisis : Otomatisasi 3 Pekerjaan Repetitif Pada Excel Ini Menggunakan Python  

4. Yuk mulai belajar Analisis Data bersama DQLab!

Tahukah kamu? Menganalisis data statistik dapat kamu pelajari bersama DQLab loh! Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. 

Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial.

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  •  Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!