Lebih Baik Terlambat Belajar Daripada Merasa Terjajah Karena Tak Punya Skill

“Dulu aku cuek saat pilih jurusan kuliah karena nggak tahu mau jadi apa. Sekarang setelah lulus dan bekerja, baru menyesal karena merasa nggak punya skill”, ungkap Siti.

Lulus kuliah dan sudah bekerja, ternyata bukan menjadi tolak ukur kesuksesan bagi seorang sarjana. Terkadang, kita baru sadar dan merasa tidak cocok di posisi tertentu karena selama ini kita tidak tahu apa yang menjadi skill kita.

Setelah lulus dari jurusan Ekonomi Manajemen, Siti Mahmudah baru sadar kalau passionnya selama ini adalah mengolah data. Merasa stuck dengan pekerjaan saat ini sebagai seorang Project Management Officer (PMO) di divisi operasional, Siti kini beralih menjadi seorang Data Engineer di sebuah perusahaan data. Kok bisa?

Belajar data science secara otodidak

“Menurutku, kalau mau bekerja di bidang data yang terpenting mengerti proses bisnisnya dulu. Coding bisa dipelajari kemudian”, ujar Siti yang mulai tertarik mengolah data saat mengerjakan skripsinya mengenai saham.

Sambil bekerja, iapun rajin mengikuti workshop tentang data, mempelajari SQL, dan mulai memahami tentang R. “Untungnya ketemu dengan DQLab.id yang juga menggunakan R dan berbahasa Indonesia, jadi lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, ada fitur live coding juga jadi bisa langsung latihan dan tahu salahnya dimana”, ungkapnya.

Dari PMO menjadi Data Engineer

Selain mendalami pengolahan data, Siti juga giat mengikuti kompetisi data challenge. Berkat kegihannya, saat ia memutuskan untuk menantang dirinya sendiri di bidang SQL, Siti justru mendapatkan kesempatan untuk menggarap projek dari kementerian ESDM. Kini, Siti resmi bergabung dengan PHI Integrations sebagai Data Engineer.

“Walaupun di pekerjaan sebelumnya lebih santai, pulang on-time, tapi tetep aja kurang senagat karna bosan dan itu-itu saja yang dipelajari. Lain halnya kalau mengolah data, kita bisa belajar terus dan itu seru. Sekarang, rasanya seperti sudah merdeka dari rutinitas kerja yang membosankan”, tutup Siti. Mengikuti jejak Siti bukanlah hal yang tidak mungkin.

BELAJAR DATA SCIENCE DENGAN PROMO KEMERDEKAAN 12-19 AGUSTUS 19!

Kamu juga bisa menggapai cita-citamu menjadi seorang Data Analyst, Data Engineer, atau Data Scientist lewat DQLab.id data challenge. Apalagi, dalam rangka menyambut HUT-RI 74, DQLab.id memberikan promo potongan 45%! Caranya gampang banget!

  1. Kunjungi platform DQLab di sini  dan login dengan akun Anda
  2. Pada menu kanan Atas, klik tombol ‘CLAIM SPECIAL REWARD’ atau klik tombol ‘Buy PREMIUM’
  3. Pilih akses premium selama 6 atau 12 bulan
  4. Redeem kode voucher DQLAB45 pada kolom Use Voucher
  5. Voucher hanya berlaku untuk pilihan akses 6 bulan dan 12 bulan
  6. Voucher berlaku dan hanya dapat diredeem s/d 26 Agustus 2019 pukul 23.59 WIB

Selamat Belajar dan Terus Gapai Cita-Citamu!


Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!