GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 23 Menit 48 Detik 

Kursus Data Science Gratis: Belajar Data Science Gratis Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/b672e390c6cd137af5fd073c5015d8a0_x_Thumbnail800.jpg

Kursus Data Science menjadi sesuatu hal yang menarik bagi siapa saja yang sedang menekuni karir di bidang data. Khususnya di masa pandemi ini, walaupun di rumah saja kamu tetap bisa produktif dengan mengikuti kursus Data Science secara online. DQLab menjadi salah satu tempat kursus Data Science yang layak untuk dimasukkan ke dalam list mu, loh. Program belajar yang ditawarkan oleh DQLab terbilang cukup lengkap bagi kamu yang ingin berkarir sebagai Data Scientist, Data Analyst, dan juga Data Engineer.


Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi praktisi data. Bersama DQLab, kamu bisa mulai belajar Data Science dengan menyenangkan. Jika tertarik dengan bidang data, jangan takut untuk memulai mengikuti kursus Data Science. Jika masih ragu dan belum tahu apa itu Data Science, kamu bisa memulai dengan program gratis yang tersedia. Disini kita akan membahas tentang kursus Data Science gratis bersama DQLab. Yuk simak dibawah ini.


1. Profesi Data Engineer, Data Science, dan Data Analyst

data science

Dalam dunia Data Science umumnya terdapat sejumlah jenis profesi dengan peran dan tanggung jawab berbeda, di antaranya adalah Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer, dan masih banyak lagi. Semuanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, akan tetapi saling berkaitan satu sama lain. Dengan memahami perbedaan peran tiap profesi ini, kamu akan lebih fokus pada bidang yang akan kamu pilih.


Untuk itu kamu harus memiliki pemahaman ilmu statistik yang kuat agar bisa memahami teknik pengolahan data, pemodelan dan pelaporan, serta dasar pemahaman yang kuat tentang bisnis. Berbagai metode telah disediakan agar kamu dapat memiliki kemampuan-kemampuan yang disebutkan diatas, sebagai contoh kamu bisa mempelajari tentang data melalui Podcast, YouTube, ataupun kamu bisa mengikuti kursus belajar online.


Sebagai contoh, sederhananya Data Analyst adalah orang yang bertanggung jawab hanya pada proses analisis data yang tersedia. Lain halnya dengan Data Scientist yang menganalisis data menafsirkan kumpulan data yang kompleks. Selain itu juga ada banyak tahapan yang dilakukan oleh Data Scientist mulai dari pengumpulan, mengolah, dan menganalisis data. Sedangkan Data Engineer bertugas untuk mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data serta memonitor infrastruktur data di perusahaan. Akan tetapi ketiga profesi ini memiliki keterkaitan yaitu bertujuan untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat memberikan insight pada perusahaan.


Baca juga: Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Tentang DQLab

Data Science

DQLab adalah sebuah online platform untuk belajar segala hal yang berhubungan dengan bidang data. DQLab merupakan program belajar Data Science online untuk membantu kamu dalam mempersiapkan diri mulai berkarir sebagai Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer di Industri. Dengan belajar Data Science di DQLab, kamu akan mendapatkan kompetensi fundamental yang dibutuhkan dengan mengakses module belajar yang ada pada skill track dan career track. Kamu juga akan mengerjakan proyek data Industri untuk membangun portofolio agar mudah berkarir. Juga, kamu bisa mengikuti data challenge DQLab untuk mendapatkan feedback dari praktisi data.


Jika kamu ingin belajar di DQLab, pertama-tama kamu harus buat akun di website DQLab. Lalu pilih course ataupun career/skill track yang ingin ditempuh. Jika kamu ingin belajar Data Analyst, kamu bisa pilih career/skill track Data Analyst. Sebagai gambaran singkat, di DQLab, course itu ibarat mata kuliah. Tiap course memiliki beberapa modul. Lalu career/skill track adalah kumpulan courses yang saling berhubungan untuk mencapai career/skill track yang diinginkan.


3. Belajar Gratis dan Sertifikat Gratis

Dalam rangka mewujudkan impianmu untuk berkarir di bidang data, DQLab memberikan kesempatan bagi sahabat data untuk mengikuti kursus Data Science secara gratis. Melalui kesempatan yang menarik ini, kamu dapat belajar skill set Data Science dengan nyaman dan aplikatif. Kamu dapat membangun kompetensi yang dibutuhkan untuk berkarir sebagai seorang praktisi data. Materi kursus yang diajarkan disesuaikan dengan kebutuhan industri dan praktisi data seperti tersedianya tiga bahasa pemrograman seperti R, Python, SQL dan yang terbaru adalah Excel.


Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat DQLab setelah berhasil menyelesaikan modul belajar DQLab. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari project yang kamu bangun baik di dalam Academy DQLab ataupun dengan mengikuti Data Challenge DQLab.


4. Modul yang Lengkap 

DQLab memiliki modul yang cukup lengkap, mulai dari yang menggunakan bahasa R, Python, hingga SQL untuk modul premium. Ketiga bahasa pemrograman ini menjadi bahasa yang paling umum digunakan oleh para praktisi data. Sementara untuk modul platinum, DQLab juga menyediakan modul Excel dan juga Analytic yang mengarah ke Marketing.


Meskipun biaya yang dibutuhkan untuk bisa mengakses modul premium terbilang sangat murah karena hanya butuh 32.500 per bulan, namun kurikulum yang digunakan dan materi yang diberikan tetap bisa bersaing dengan tempat kursus yang membutuhkan biaya jutaan rupiah. Dalam modul premium, ada 3 tahapan pembelajaran, yaitu kelas persiapan, kelas fundamental, dan kelas penerapan industri.


Namun, tenang saja. Kamu juga bisa mencoba modul gratis ‘Introduction to Data Science’ dari DQLab dan nikmati keunggulan yang telah kita bahas sebelumnya. Caranya gampang, kamu tinggal buat akun di DQLab dan nikmati Free Module Introduction to Data Science with R dan Python serta quiz gratis ‘Basic Excel’ hanya di modul Platinum.


data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Yuk, Belajar Data Science Bersama DQLab!

Saat ini, kebutuhan akan Data Scientist sangatlah banyak. Beberapa perusahaan yang telah beralih ke teknologi digital sudah pasti membutuhkan Data Scientist untuk mengoptimalkan data yang mereka miliki agar bisa menghasilkan keputusan yang tepat. Sayangnya kebutuhan ini tidak sesuai dengan jumlah talent yang memenuhi kualifikasi seorang Data Scientist. Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh banyak orang, baik yang berasal dari background IT maupun non IT.


Jika kamu juga salah satu yang tertarik dengan peluang ini, kamu bisa memulainya dengan belajar Data Science di DQLab. Yuk, gapai cita citamu untuk menjadi praktisi data bersama DQLab!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!