BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE SELAMA 6 BULAN START FROM Rp179,400!
atau kamu bisa coba buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Jangan Salah! Ini dia Perbedaan Data Scientist, Data Analyst & Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 10-Februari-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/7a2996249951bef438c4d9c045ad61f2_x_Thumbnail800.png

Baru-baru ini profesi Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer menjadi profesi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Ketiga profesi ini sangat erat hubungannya dengan data.  Di era digital transformasi seperti sekarang, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan profesi yang berhubungan dengan teknologi dan data ini. Karena data telah menjadi suatu kebutuhan penting bagi perusahaan dalam membuat suatu keputusan. Oleh karena itu ketiga profesi ini banyak dilirik oleh perusahaan dari berbagai bidang industri.

Meskipun sama-sama berhubungan dengan data, Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Ketiga profesi ini memiliki peranan dan tanggung jawabnya masing-masing. Penting untuk mengetahui perbedaan ketiga profesi ini agar ketika kamu ingin melamar pekerjaan dapat memahami perbedaannya. Penasaran bagaimana job description dari ketiga profesi ini? Simak artikel dibawah ini, ya!

 

1. Deskripsi Pekerjaan

Data Scientist

Seseorang yang menganalisis dan menafsirkan kumpulan data yang kompleks. Mulai dari pengumpulan, mengolah, dan menganalisis data dalam jumlah besar. Data Scientist adalah orang yang bertugas mengolah data dari Data Engineer dan melihat apakah ada peluang bisnis baru dari data yang dikumpulkan.

Data Analyst

Data Analyst merupakan seseorang yang bertanggung jawab mengolah data, mengambil kesimpulan, dan melakukan visualisasinya. Profesi Data Analyst mengharuskan untuk berhadapan langsung dengan banyak data. Tugas seorang Data Analyst adalah mencari insight untuk memajukan bisnis dari berbagai aspek, lalu kemudian diberikan pada data engineer.

Data Engineer

Seorang yang bertugas untuk mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data, serta  memelihara/memonitor infrastruktur data di perusahaan. Profesi ini akan mengelola jalur data untuk perusahaan yang menangani data dalam jumlah besar. Data Engineer juga harus memastikan bahwa data bisa dikumpulkan dan diambil secara efisien dari sumber ketika dibutuhkan, dibersihkan dan diproses.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist 

 

2. Peran dan Tanggung Jawab

Data Scientist

-       Membersihkan, memproses, dan mengolah data besar.

-       Terlibat dalam perencanaan strategik untuk analisis data.

-       Menganalisis dan mengoptimalkan penggunaan Machine Learning

 

Data Analyst

-       Tugasnya membersihkan, menganalisis, dan membuat visualisasi data.

-       Lebih ke representasi data melalui laporan dan visualisasi data.

-       Bekerja dengan tim manajemen untuk dapat memahami kebutuhan bisnis.

 

Data Engineer

-  Tugasnya mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data, serta  memelihara/memonitor infrastruktur data di perusahaan.

-       Memastikan keakuratan data dan fleksibilitas data.

-       Menyortir, mengurai, mengevaluasi, dan membersihkan data mentah menjadi clean data.

 

3. Skill yang Dibutuhkan

Data Scientist

Menggunakan program seperti Spreadsheet dan SQL. Memiliki kemampuan analisis dan statistik, pengambilan keputusan, komunikasi dan soft-skills lainnya. Memiliki pengetahuan Machine Learning dan Deep Learning, Data Mining, optimasi data, dan programming tingkat lanjut (C/C++, Perl, Python, SQL, dan Java).

Data Analyst

Menggunakan program seperti Excel, Google Analytics,Tableau, dan SQL. Harus menguasai istilah bisnis, SQL, Excel, membuat laporan dan tools pembuat infografik/grafik yang menarik.

Data Engineer

Menggunakan program seperti Hadoop, NoSQL, dan Phyton. Harus menguasai SQL, Databases (RDBMS,NoSQL, Data Warehouse, Data Lake, dan lain lain), ETL Tools (Pentaho, Ab Initio, dan lain lain), Pipeline (Airflow, Kafka, Luigi, Azkaban, dan lain lain), basic programming dan shell script.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar 

4. Perdalam Role Data Analyst dengan Akses Mini Quiz

Sudah kenal dengan perbedaan 3 role profesi data science? Yuk, perdalam lagi kompetensinya dengan akses mini quiz yang tersedia di DQLab. Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati quiz GRATIS "Basic Analytics" untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. 

Bagaimana cara mengikuti quiznya? simak caranya dibawah ini :


1. Klik button dibawah untuk signup di DQLab.id

2. Masuk ke Academy.dqlab.id 

3. Pilih menu "Quiz"

4. Ikuti Quiz Basic Analytics yang tersedia

5. Selamat mencoba sahabat data DQLab!


    Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

    Editor : Annissa Widya Davita


    Postingan Terkait

    Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!