PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 5 Jam 2 Menit 12 Detik 

Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif

Belajar Data Science di Rumah 06-September-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/6060a210883a2afe17411814a26aeb04_x_Thumbnail800.jpg

Contoh teknik analisis data sangat penting kita pahami terutama dalam penelitian baik itu kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif menekankan pada pengukuran yang objektif dan analisis statistik, matematika atau numerik data yang dikumpulkan melalui kuesioner, survei atau dengan memanipulasi data statistik yang sudah ada yang telah menggunakan teknik komputasi. Penelitian kuantitatif berfokus pada pengumpulan data numerik dan menggeneralisasikannya di seluruh kelompok atau menjelaskan fenomena tertentu.


Dalam penelitian, setelah data kuantitatif tersebut telah dikumpulkan dan dibersihkan, selanjutnya kamu perlu melakukan analisis data untuk mendapatkan sebuah insight atau wawasan. Langkah ini penting karena data harus dianalisis dengan benar sebelum peneliti dapat memahami temuan mana yang signifikan dan melaporkan temuan atau membuat penilaian pada hipotesis mereka. Jika data tidak dianalisis dengan hati-hati, temuan mungkin salah diartikan, yang dapat menyebabkan keputusan yang dibuat berdasarkan statistik tidak akurat mewakili seluruh dataset tersebut. Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas contoh teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif yang penting untuk diketahui. Jangan lewatkan artikel ini ya!


1. Karakteristik Penelitian Kuantitatif

Tujuan kamu dalam melakukan studi penelitian kuantitatif adalah untuk mengetahui hubungan antara satu hal yaitu variabel independen dan hal lainnya yaitu variabel dependen atau hasil dalam suatu populasi. Desain penelitian kuantitatif adalah deskriptif. Sebuah studi deskriptif hanya menetapkan asosiasi antara variabel, sedangkan sebuah studi eksperimental menetapkan kausalitas. Penelitian kuantitatif memiliki ciri yaitu berdasarkan jumlah, logika dan sikap objektif. Penelitian kuantitatif berfokus pada data numerik dan tidak berubah serta menggunakan sistem penalaran terperinci, konvergen daripada penalaran berdasarkan dengan cara spontan dan mengalir bebas.


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Desain Penelitian Dasar untuk Penelitian Kuantitatif

Sebelum merancang studi penelitian kuantitatif, kamu harus memutuskan apakah itu akan deskriptif atau eksperimental karena ini akan menentukan bagaimana kamu mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan hasilnya. Sebuah studi deskriptif diatur oleh aturan antara lain, subjek umum diukur hanya sekali, tujuannya hanya untuk menetapkan asosiasi antar variabel, dan penelitian ini dapat mencakup populasi sampel ratusan atau ribuan subjek untuk memastikan bahwa perkiraan yang valid dari hubungan umum antara variabel telah diperoleh. Desain eksperimental mencakup subjek yang diukur sebelum dan sesudah perawatan tertentu, populasi sampel mungkin sangat kecil dan dipilih dengan sengaja dan dimaksudkan untuk menetapkan kausalitas antar variabel.


3. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Teknik dari studi kuantitatif harus menggambarkan bagaimana masing-masing tujuan studi kamu akan tercapai. Pastikan untuk memberikan detail yang cukup untuk memungkinkan pembaca dapat membuat penilaian informasi tentang teknik yang digunakan untuk memperoleh hasil yang terkait dengan masalah penelitian. Tahap teknik harus disajikan dalam bentuk lampau. 

  • Studi populasi dan pengambilan sampel 

  • Pengumpulan data

  • Analisis data


4. Kelebihan Menggunakan Metode Kuantitatif

Kelebihan dari data kuantitatif adalah dapat melakukan penelitian mendalam, karena data kuantitatif dapat dianalisis secara statistik, sangat mungkin penelitian akan dirinci. Bias minimum, ada contoh dalam penelitian dimana bias pribadi terlibat yang mengarah pada hasil yang salah, karena sifat numerik dari data kuantitatif bias pribadi dikurangi menjadi sebagian besar. Hasil yang akurat, karena hasil yang diperoleh objektif di alam, mereka sangat akurat. Penelitian dengan teknik kuantitatif mencoba mengenali dan mengisolasi variabel spesifik yang terkandung dalam kerangka kerja penelitian, mencari korelasi, hubungan dan kausalitas dan berupaya untuk mengendalikan digunakan dimana data dikumpulkan untuk menghindari resiko variabel selain yang sedang dipelajari. Kelebihan dari penggunaan teknik analisis data kuantitatif adalah memungkinkan untuk studi yang lebih luas, memungkinkan obyektivitas dan akurasi hasil yang lebih besar, menerapkan standar yang sudah baik yang artinya penelitian dapat direplikasi dan dianalisis untuk dibandingkan dengan studi serupa. Selain itu kamu dapat merangkum sumber informasi yang luas dan membuat perbandingan di seluruh kategori dan waktu.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Pelajari Tentang Fundamental Statistik Bersama DQLab, Yuk!

Belajar metode statistik merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai karir sebagai seorang data scientist. Jika, kebetulan kamu pemula yang ingin belajar seputar dasar statistik dengan pemrograman python atau R tetapi bingung harus mulai belajar dari mana. Sudah coba belajar otodidak, malah overdosis informasi?Jangan khawatir yuk, buruan bergabung bersama DQLab. Kamu tidak akan bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Dengan materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! 



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :