BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Data Science: Bahasa Pemrograman R Cocok untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 13-Agustus-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/ebb153fed880eb225620f69ade36016d_x_Thumbnail800.jpg

Kunci utama berkarir sebagai seorang praktisi data ialah mampu mengolah data dengan baik. Seorang Data Scientist dituntut untuk bisa menghasilkan insight yang menarik bagi perusahaan berdasarkan hasil data yang telah diolah. Untuk itu, seorang Data Scientist memerlukan pemahaman yang baik terhadap penggunaan bahasa pemrograman.

Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari untuk memulai karir sebagai praktisi data, salah satunya ialah R. Bagi kamu yang baru mulai belajar bahasa pemrograman, R bisa menjadi pilihan untuk kamu pelajari dalam proses pengolahan data.

Yuk, kita simak lebih dalam apa itu R dan ikuti sesi mentoringnya "R Programming Language Sharing Session: Real World Career Experience with R + Introduction to RMarkdown (Hands-on Session)" bersama Septina Eka Kartika Dewi - Senior Data Analyst at Tokopedia, Head of Public Relation of DSI dan Ulfah Mardiah, PHD - Wildlife Conservation Society-IP Science Unit Coordinator & Data Analyst Co-Organizer R-Ladies Bogor & R-Ladies Jakarta.

1. Apa itu Bahasa Pemrograman R?

R merupakan salah satu bahasa pemrograman yang kaya akan fiturnya dalam proses membaca, melakukan kalkulasi, analisa serta visualisasi data. R juga masuk ke dalam bahasa pemrograman yang lengkap, sehingga kamu bisa membuat proses otomatisasi di dalamnya. Dengan menerapkan R untuk mengolah dan menganalisa data, kamu bisa lebih mudah untuk mengolah data yang ada. 

Hingga saat ini, R terus berkembang secara pesat seiring dengan populernya ‘big data’. Dengan perkembangannya tersebut, kebutuhan perusahaan akan Data Scientist juga semakin meningkat. Oleh karena itu, penting bagi pemula yang ingin berkarir di bidang data untuk memahami dan menguasai bahasa pemrograman R.

Baca juga: Bahasa Pemrograman R : Langkah Awal Memulai Belajar Data Science

2. Mudah dan Aplikatif untuk Dipelajari

Alasan mengapa R sangat recommended untuk pemula adalah mudah diakses dan praktis untuk dipelajari. Selain gratis, R juga unggul dalam pengolahan data dan efektif dalam fasilitas penyimpanannya. Sintaks pada R juga mudah dipelajari karena banyaknya fungsi statistik yang diterapkan. 

Selain itu, bahasa pemrograman R juga lengkap dengan tools statistik yang langsung terintegrasi dengan analisa data. Dengan sifatnya yang terbuka bagi siapapun, dimana tiap orang dapat menambahkan fitur tambahan pada software, tentu memberikan kemudahan bagi kamu untuk mempelajarinya.  

Baca juga: Belajar R untuk pahami Data Covid-19 dengan Perdalam Kompetensi Visualisasi Data

3. R Populer di Kalangan Praktisi Data

Dikenal secara open source, kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman R secara gratis. Keunggulan ini membuat R berhasil memiliki komunitas pengguna yang luas, sehingga jika kamu memiliki kendala selama proses pembelajaran, kamu bisa mengatasinya dengan mencari jawaban yang tersedia di website stackoverflow.

Bersama platform edukasi online DQLab, kamu bisa menambah pengalaman dalam impelementasi nyata R di berbagai kasus dengan menggunakan pendekatan learning by doing berupa hands on step by step dimulai dari fundamental bahasa pemrograman R. 

Tunggu apa lagi? Tingkatkan kompetensi R mu dengan mengikuti sesi mentoring "R Programming Language Sharing Session: Real World Career Experience with R + Introduction to RMarkdown (Hands-on Session)" bersama Septina Eka Kartika Dewi - Senior Data Analyst at Tokopedia, Head of Public Relation of DSI dan Ulfah Mardiah, PHD - Wildlife Conservation Society-IP Science Unit Coordinator & Data Analyst Co-Organizer R-Ladies Bogor & R-Ladies Jakarta. Kamu bisa registrasikan dirimu disini.

Baca juga: Belajar Bahasa Pemrograman R di Rumah bersama Praktisi Data dengan Mengikuti Data Mentoring DQLab!

4. Yuk, Mulai Belajar Data Science bersama DQLab Sekarang dan Akses Module ‘Introduction to Data Science’ secara GRATIS!

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS "Introduction to Data Science" untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!