BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE SELAMA 6 BULAN START FROM Rp179,400!
atau kamu bisa coba buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Data Science Online di Rumah dan Kuasai Skill Dasar ini untuk Berkarir Sebagai Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 10-April-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/863d390a65db1889e8ffc55c90ba3978_x_Thumbnail800.JPG

Bergelut dengan profesi praktisi data tentu tidak akan lepas dengan data. Dengan adanya pandemi COVID-19 yang menyerang Indonesia dan Dunia, belajar Data Science online di rumah menjadi salah satu pilihan tepat guna tetap produktif meski #dirumahaja.

Di era revolusi industri 4.0 ini, profesi Data Analyst semakin populer dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Jumlah data yang terus  bertambah setiap hari, menuntut seorang Data Analyst untuk semakin cakap dalam mengelola data yang tersedia. Untuk itu diperlukan kemampuan yang sesuai dalam mengolah data agar data yang diolah menghasilkan informasi yang maksimal.

Seseorang yang ingin berkarir menjadi Data Analyst tentunya harus memiliki beberapa skill dan cukup menguasainya. Hal ini diperlukan guna menunjang potensinya agar bisa mengolah data dengan baik dan benar sehingga menghasilkan output yang insightful.

Bersama Wahyu Herlambang, Senior Data Analyst Traveloka, DQLab akan membeberkan skill dasar apa saja yang perlu dimiliki seorang calon Data Analyst. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak bersama artikel ini!

 

1. Menguasai Penggunaan Bahasa Pemrograman SQL

SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam mengolah data. Kemampuan mengolah SQL merupakan hardskill yang menjadi fundamental dan wajib dalam berkarier di bidang data. Dengan memahami SQL, akan menjadi bekal awal untuk kamu memulai karir sebagai seorang Data Analyst. Untuk menganalisis data secara tepat seorang Data Analyst harus mampus mengoperasikan SQL guna mengambil dan memanipulasikan data.

SQL memiliki beragam fungsi yang memungkinkan penggunanya untuk membaca, memanipulasi, dan mengubah data. Untuk berkarir menjadi Data Analyst, wajib untuk kamu memahami serta memiliki pengalaman dalam SQL. "Belajar untuk mengakses data dalam database, berfungsi untuk membaca dan memanipulasi data (create, insert, update, delete)." Ujar Wahyu, Data Analyst Traveloka.

Bahasa SQL merupakan bahasa pemrograman untuk menangani urusan pengelolaan dan manajemen data. Banyak tools yang digunakan untuk membantu dalam proses pengembangan aplikasi, seperti MySQL, SQL Server, PostGre, dan lain sebagainya. Pada umumnya, anda akan banyak bekerja pada sisi server.

 

Baca juga : Ini Dia 3 Tips Belajar Data Science di Rumah untuk Asah Skill Set Kamu Menjadi Data Analyst

 

2. Paham Bahasa Pemrograman Python atau R

Seorang Data Analyst wajib untuk mempelajari bahasa pemrograman. Mengapa demikian? Karena bahasa pemrograman Python atau R mudah dipahami. Python atau R ini memiliki library yang siap digunakan dan sangat membantu Data Analyst dalam hal menganalisis data maupun membuat pemodelan.

"Python atau R ini selanjutnya berperan sebagai tempat untuk pengolahan data (meskipun sebenarnya kita juga bisa mengambil dan melakukan ETL data di sini), tapi di sini kita bahas fungsi Python/R sebagai tempat pengolahan data." Tutur Wahyu.

"Contohnya: scipy untuk operasi aljabar dan matriks, pandas untuk manipulasi data seperti SQL, Scikit-learn untuk Machine Learning, misal untuk Logistic Regression, dan masih banyak lagi." Tambahnya. 

 

3. Menguasai Matematika dan Statistika

Sebagai seorang Data Analyst yang berhubungan dengan data yang berjumlah besar, selain menguasai bahasa pemrograman Python dan R, tentunya kamu juga perlu menguasai matematika dan statistik untuk menunjang skill kamu dalam mengolah data. Pada bahasa pemrograman Python, terdapat library yang berfungsi sebagai operasi aljabar dan matriks serta regresi. Tanpa adanya pemahaman matematika dan statistik, kamu tidak dapat menginterpretasikan hasil analisis dengan tepat. Selain menguasai ilmu matematika dan statistika, kamu juga perlu memiliki kemampuan dalam menginterpretasikan angka ke dalam grafik, tabel dan elemen grafis lainnya.

"Maka menjadi seorang Data Analyst dibutuhkan kemampuan matematika dan statistika agar Data Analyst bisa memahami  bagaimana data tersebut diproses dari awal sampai dengan hasil akhir." Tutupnya.

 

Baca juga : Belajar Coding Online di Rumah? Siapa Takut! Yuk, Siapkan Soft Skill Ini untuk Berkarir Jadi Data Analyst


5.Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Semangat belajar sahabat Data DQLab!


Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!