BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Ilmu Data Science di Rumah, dan Persiapkan Dirimu Berkarir Menjadi Data Engineer bersama CT Corp Digital

Belajar Data Science di Rumah 07-April-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/d1b713ce7175bd759f13ad8d16f28fa8_x_Thumbnail800.jpg

Memulai karir sebagai seorang Data Engineer tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga dipersiapkan, salah satunya adalah skill ilmu data science yang kita miliki. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya seorang Data Engineer tidak dapat berdiri sendiri, dan harus saling melengkapi antara Data Analyst dan Data Scientist.

Tugas utama seorang Data Engineer adalah mengolah data dalam skala yang besar. Data yang telah diolah akan digunakan untuk mendapatkan insight yang terbaik. DQLab kini berkolaborasi dengan Syarif Hidayatullah, Data Consultant Deloitte Indonesia, untuk membocorkan skill data science apa saja yang perlu dimiliki untuk berkarir sebagai Data Engineer.

1. Menguasai ETL Tools

Jika kamu ingin bergelut dengan profesi Data Engineer, kamu perlu menguasai dasar dari Extract, Transform, dan Load (ETL). Kamu perlu mengetahui bagaimana mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berbeda, kemudian data tersebut dibentuk dan dimasukkan untuk kebutuhan warehouser.

"Seorang data engineer diharapkan dapat menguasai Databases relational dan non relational dan ETL Tools" Ujar Syarif.

Baca juga : Cegah COVID-19 dengan Belajar di Rumah dan Bangun Skillset Data Mu bersama DQLab!

2.  Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Seorang Data Engineer wajib memiliki skill komunikasi yang baik. Data Engineer harus mengerti goal dari Data Analyst dan Data Scientist data seperti apa yang mereka harapkan dan juga sebaliknya. Profesi Data Engineer juga harus dapat mengkomunikasikan perihal teknis kepada Data Analyst dan Data Scientist sehingga kedua belah pihak memiliki pandangan yang utuh tentang project yang dikerjakan bersama.

"Oleh karena itu Data Engineer harus bekerja berdampingan dengan Data Analyst juga Data Scientist. Pada suatu ketika, bukan tidak mungkin bila Data Engineer juga melakukan analisis hingga feature engineering untuk mensupport Data Scientist dalam model improvement." Ungkapnya.

3. Mahir Bahasa Pemrograman

Berkutat dengan data tentunya menjadi salah satu hal utama yang dihadapi Data Engineer. Proses pengolahan data pun menjadi salah satu faktor penentu hasil akhir yang nantinya menjadi insight  menarik untuk sebuah solusi. Menguasai bahasa pemrograman merupakan hal yang wajib bagi setiap praktisi data, salah satunya seperti menguasai bahasa pemrograman Python.

"Salah satunya adalah Python. Mengapa? library nya banyak dan lengkap. Banyak banget orang yang dengan sukarela membuat library untuk berbagai kebutuhan kita. Jadi kita gak ribet untuk bikin codingan dari awal (scratch)." Tutup Syarif.

Baca juga : Ini Dia 4 Tips untuk Kamu yang Ingin Memulai Karier Data Engineer

4. Praktek Langsung untuk Raih Peluang Karir

Dengan menguasai skill yang sudah dipaparkan diatas, kamu bisa lho praktekkan ilmu data science secara langsung bersama DQLab! DQLab siap menemani kamu untuk belajar di rumah aja dengan menghadirkan DQLab Project "Data Engineer Challenge with Python"! Selain itu kamu berkesempatan untuk raih peluang direkrut dari rumah bersama perusahaan ternama Indonesia, CT Corp Digital.

Tunggu apa lagi? Yuk, persiapkan diri untuk pelajari ilmu data science dan raih peluang karir menjadi Data Engineer bersama CT Corp Digital dengan sign up di DQLab.id sekarang!

Cara mengakses Data Engineer Challenge with Python: 

Lihat juga : Belajar Data Engineer Bersama DQLab #Meetup14


5.Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Semangat belajar sahabat Data DQLab!


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!