BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Big Data, Yuk Kenali 4 Hal tentang Big Data yang Perlu Kamu Ketahui!

Belajar Data Science di Rumah 14-September-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/aac872796e367ba81945ea4ba37dac77_x_Thumbnail800.jpg

Memasuki era industri 4.0 saat ini, banyak data yang diperoleh dunia bisnis dengan jumlah dan volume yang besar. Data berskala besar yang tersusun dengan kecepatan tinggi ini biasa dikenal dalam dunia perindustrian sebagai Big Data. Kemampuan pada Big Data ini kemudian diterapkan perusahaan dalam menentukan tingkat keberhasilan pada analisis datanya. 

Kamu ingin belajar data lebih dalam? Tenang dengan bergabung bersama DQLab, kamu bisa mempelajari Big Data lebih jauh, mulai dari pengertian hingga peranannya di era Industri 4.0. Yuk, kita simak selengkapnya bersama!

1. Pahami Lebih Dalam Apa itu Big Data?

Seperti penjelasan singkat sebelumnya, Big Data merupakan sekumpulan variasi data dengan berbagai format yang terkumpul dalam jumlah besar dan waktu yang singkat. Big Data sendiri merupakan istilah terhadap sekumpulan data yang tidak dapat dianalisis dengan metode analisa data tradisional, hal ini dikarenakan metode tersebut tidak mampu menyimpan, mengolah, dan memproses data dalam waktu singkat. 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Big Data adalah sekumpulan data dalam volume yang besar (Volume), dengan struktur variabel data yang beragam (Variety), dan terkumpul dalam waktu singkat (Velocity). 

Baca juga: Big Data: Yuk Pahami, "4V" to "5V" pada Konsep Big Data di Era Revolusi Industri 4.0!

2. Pahami Bagaimana Alur Kerja Big Data

Pada penerapan Big Data, perusahaan harus melihat dan mempertimbangkan alurnya. Alur tersebut di antaranya lokasi, sumber, sistem, pemilik, dan penggunanya. Terdapat lima langkah utama yang dapat diterapkan untuk mengambil alih data besar ini, diantaranya penetapan strategi, mengidentifikasi sumber, mengakses, mengelola dan menyimpan data, menganalisis data, hingga membuat keputusan berdasarkan data yang ada. 

Dengan pengelolaan data yang baik, maka data yang diperoleh dapat mengarah ke analitik dan keputusan yang terpercaya. Langkah selanjutnya ialah SAS Data Preparation, di mana pada tahap ini kamu bisa menyederhanakan tugas tanpa pengkodean dan keahlian khusus.

3. Peranan Big Data di Era Industri 4.0

Lalu, bagaimana penerapan Big Data pada era industri 4.0 sekarang ini? Big Data mampu mengoptimalisasi cost dengan melakukan data processing dan analisis mendalam melalui ekosistem seperti Hadoop. Hal ini, dapat memberikan efisiensi terhadap cost bisnis. Selain itu, Big Data mampu meningkatkan efektifitas dari bisnis. Dalam artian, Big Data memiliki kemampuan untuk mencari jalan tercepat dalam menghasilkan sesuatu secara efektif dan efisien. 

Selain dapat mengoptimalisasi cost dan mampu meningkatkan efektifitas bisnis, Big Data juga dapat memberikan manfaat lain dengan menghadirkan informasi yang berguna bagi pengembangan produk. Hal ini, bertujuan untuk menyesuaikan minat pasar terhadap produk yang dihasilkan. 

Baca juga: Perkembangan Teknologi Masa Kini untuk Menghadapi Big Data pada Industri 4.0

4. Yuk, Mulai Belajar Big Data dan Terapkan Ilmunya Sekarang bersama DQLab!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS "Introduction to Data Science" untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis : Frindy Johana

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!