GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 20 Jam 7 Menit 48 Detik 

Beasiswa Data Science yang Bisa Diikuti untuk Upgrade Skill Datamu

Belajar Data Science di Rumah 24-September-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/e6c32a18e0bf487059f8a28b25531917_x_Thumbnail800.png

Di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, istilah data science sudah tidak asing terdengar. Data science adalah disiplin ilmu yang digunakan untuk mengolah data dan memperoleh informasi berupa insight yang bermanfaat. Fungsi data science menarik banyak kalangan baik yang memiliki latar belakang STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) maupun yang tidak. Bahkan banyak orang dari luar latar belakang STEM yang berhasil berkarir di bidang data seperti Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. Perusahaan maupun instansi juga aktif mencari para talent data yang handal yang bertugas mengolah atau membanguun machine learning untuk perusahaannya. 


Data science mulai dikenal sekitar tahun 2010 dan semakin populer tiap tahunnya. Teknologi data science juga mulai banyak diterapkan di berbagai industri seperti kesehatan, perbankan, keuangan, keamanan, beauty product, dan masih banyak lainnya. Teknologi yang termasuk dalam data science yang banyak diperbincangkan saat ini yaitu Artificial Intelligence dan Machine Learning. Oleh karena penerapannya di berbagai bidang industri, banyak orang tertarik mempelajari dan mencari beasiswa data science. Nah, artikel kali ini akan membahas beberapa beasiswa data science yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak di bawah ini!


1. Digital Talent Scholarship 

Digital Talent Scholarship adalah program pengembangan kompetensi yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2018. Salah satu jenis programnya yaitu Professional Academy (PROA) yang bisa diikuti oleh masyarakat dalam bentuk pelatihan online. Program PROA yang berhubungan dengan data science adalah pelatihan Data Scientist, Data Engineer, dan Data Analyst dengan DQLab sebagai partner penyelenggara. Pendaftaran PROA Batch 4 dibuka mulai tanggal 3-23 September 2021. Bagi yang memenuhi syarat akan diminta untuk mengerjakan pretes terlebih dahulu. Jika lolos, peserta tinggal mengikuti pelatihan sesuai jadwal yang tertera. Jangan sampai kelewatan, ya!


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Microsoft Azure 

Tentu kita tidak asing dengan nama Microsoft. Yup, softwarenya sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Microsoft menyediakan sertifikasi untuk data scientist yaitu Microsoft Certified: Azure Data Scientist Associate. Sertifikasi ini tidak ada persyaratan khusus, peserta hanya perlu lulus ujian DP-100. Microsoft akan mengukur kemampuan peserta dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Sertifikasi ini cocok untuk kamu yang ingin menjadi data scientist khususnya penggunaan machine learning di Azure Cloud Platform. 

Digital Talent Scholarship oleh Kominfo juga bekerja sama dengan Microsoft pada program PROA yaitu sertifikasi Microsoft Fundamentals Azure. Materi yang dipelajari pada program ini antara lain yaitu pengetahuan mengenai layanan Azure, konsep cloud, privasi dan keamanan Azure, konsep dasar data, dan cara penerapan layanan Microsoft Azure. 


3. Bootcamp Data Science 

Bootcamp data science juga dapat diikuti untuk meningkatkan skill datamu. Kamu bisa mencari bootcamp gratis yang biasanya diselenggarakan oleh lembaga kursus data science yang berkolaborasi dengan kampus atau komunitas. DQLab juga salah satu lembaga yang mengadakan bootcamp data science dan berkolaborasi dengan kampus-kampus atau komunitas. Contohnya pada Beasiswa Bootcamp Data Science DQLab berkolaborasi dengan Universitas Internasional Batam yang mencakup belajar gratis menggunakan kurikulum DQLab, sertifikat langsung, dibimbing oleh mentor profesional, dan tersedia grup diskusi di discord dan live webinar session bersama praktisi data. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Melalui Kartu Prakerja

Kartu prakerja adalah program pemerintah dalam memberikan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan kemampuannya. Pendaftar kartu prakerja terbuka bagi semua WNI berusia 18 tahun keatas, baik para pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan, dan pelaku wirausaha yang tidak sedang menjalani pendidikan formal. Bagi yang lolos kartu prakerja akan mendapatkan saldo yang bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan yang diinginkan. Dilansir dari beberapa sumber berita online, kartu prakerja gelombang 22 akan dibuka sekitar bulan Oktober. Namun untuk lebih jelasnya kamu bisa kunjungi media sosial Instagram prakerja. Siapkan dirimu dan jangan kelewatan, ya!


5. Ingin Jadi Talent Data Handal? Gabung di DQLab, Yuk!

Untuk menjadi talent data yang handal diperlukan ketekunan dalam belajar, sering berlatih dengan berbagai jenis data dan metode pengolahannya, terus mengasah kemampuan analisis dan komunikasi, serta kreatif dalam menyajikan data agar menarik dan mudah dipahami. Tentu ini semua perlu waktu belajar yang konsisten dan juga tekad yang kuat. Memilih lembaga kursus data science juga salah satu faktor untuk mencapai mimpi menjadi talent data yang handal. DQLab dapat menjadi pilihan tempat belajar data science yang terstruktur bersama mentor yang ahli di bidang data. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, gabung di DQLab.id!



Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!