GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 38 Menit 51 Detik 

Intip 3 Tips Jitu Membuat Curriculum Vitae yang Akan Dilirik Perusahaan!

Wede 05-November-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/1db8e8390b22a231d219c04b7ae74cde_x_Thumbnail800.jpg

Dalam perekrutan kerja, Curriculum Vitae atau biasa kebanyakan orang sebut dengan CV merupakan salah satu kunci awal kesuksesan seseorang untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang didambakan. Melalui CV tersebut, perekrut atau Human Resources (HR) akan menilai untuk pertama kalinya, apakah kamu pantas bergabung sebagai karyawan perusahaannya atau tidak.     


Bisa dibilang, CV berperan penting dalam langkah awal kita untuk memulai karir. Maka dari itu, siapkan CV kamu sebaik mungkin ya untuk bisa memikat hati HR! DQLab berkolaborasi bersama Amanda Dini Saputri, Talent Acquisition Codex Powered by Telkom Indonesia untuk berbagi tips jitu apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membuat CV yang menarik. Nah, ini dia beberapa tips dari DQLab yang bisa kamu tiru untuk membuat CV yang pasti dilirik oleh perusahaan!


1. Tampilkan Info Profil yang Jelas & Secukupnya

Pada dasarnya CV memang berisikan seputar data dan informasi pribadi milik kita, khususnya yang berkaitan dengan riwayat pendidikan. Usahakan semua info profil tersebut tersusun dengan jelas ya! Karena info profil adalah bagian pertama yang akan dibaca oleh HR. Hal ini juga bertujuan untuk lebih memudahkan HR membaca keseluruhan CV kamu. Konten dari profil yang pas juga akan membuat HR lebih tertarik membaca isi CV selanjutnya.


"Karena biasanya HR akan mulai membaca dari bagian ini. Konten dari profil yang pas juga akan membuat HR lebih tertarik buat membaca isi CV selanjutnya" Tutur Amanda.


Baca juga : Portofolio : Kunci Utama Cepat Direkrut Perusahaan


2. Cukup 5 Poin, Singkat Padat dan Jelas

Jika kamu adalah orang yang banyak memiliki segudang prestasi, tentu itu menjadi nilai lebih di mata HR. Tuang semua data riwayat pendidikan dan prestasimu dalam CV. Tapi yang perlu kamu ingat, ada banyak pelamar di luar sana yang juga sama-sama mengirimkan CV pada perusahaan. Waktu HR pun jadi terbagi untuk membaca sejumlah CV tersebut. 


Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih prestasi maupun pengalamanmu di bidang pendidikan yang akan kamu cantumkan dalam CV. Usahakan maksimal ada 5 poin (prestasi/pengalaman) dengan masing-masing poin terdiri dari 1 kalimat. Hal itu bertujuan untuk membuat CV terlihat lebih padat dan mempersingkat waktu HR saat screening.


"Bagian experience, setiap aktivitas nya dijabarkan dalam maksimal 5 poin. 1 poin cukup 1 kalimat saja agar compact dan mempersingkat waktu HR untuk screening." Tambahnya.


3. Ceritakan Detail Pengalamanmu

Selanjutnya, kamu bisa menceritakan secara detail salah satu pengalaman atau prestasimu yang paling menarik. Ceritakan secara lugas proses-prosesnya, kemudian tools apa saja yang kamu gunakan, dan bagaimana outputnya. Hal inilah yang nantinya akan memberikan gambaran lebih jelas pada saat HR membaca CV mu. Selain itu, HR akan juga sedikit lebih terbayang seperti apa karaktermu dalam bekerja jika bergabung ke dalam perusahaan.


"Bisa menjelaskan poin seperti experience, publication dengan lugas, tools apa yg digunakan, dan output apa yg dihasilkan dari poin-poin aktivitas tersebut." Tutupnya.


Baca juga : Ingin Dapatkan Beasiswa Belajar di Masa Pandemi? Yuk, Registrasikan Dirimu Sekarang dalam Program DQLab Pandora Box!


4. Upgrade CV Mu! Ikuti DQLab Mini Bootcamp, dan Program Kampus Merdeka UMN 2022

Tertarik mengikuti pertukaran pelajar dan mencoba peluang belajar mata kuliah Data Science di UMN? Bisa! Yuk, ikuti DQLab Mini Bootcamp untuk mengenal Data Science agar lebih siap menghadapi kompetensi data bersama program Kampus Merdeka UMN.

 

Masa registrasi untuk mengikuti DQLab Mini Bootcamp yaitu dari 19 - 28 November 2021. Kuota untuk peserta sangat terbatas, daftarkan dirimu segera untuk mengikut DQLab Mini Bootcamp dan siap menghadapi tahun 2022 sebagai mahasiswa yang melek data.


Registrasikan dirimu dengan klik button dibawah!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!