BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Tips Membuat Password yang Aman versi DQLab

Belajar Data Science di Rumah 07-April-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/abf9a3c98a6708a070e471925f2d0954_x_Thumbnail800.jpg

Banyak orang beranggapan internet memberikan kebebasan bagi siapa saja untuk melakukan apapun di dunia maya. Apalagi, dewasa ini media sosial bukanlah sesuatu yang baru bagi masyarakat. Melalui akun media sosial yang kita miliki, kita bisa jauh lebih mengeksplorasi diri. Tentu hal ini merupakan pengaruh positif yang hadir melalui fasilitas jaringan internet.

 

Dunia maya yang begitu bebas sayangnya juga bisa memberikan kesempatan untuk mereka yang ingin melakukan kejahatan. Salah satu kejahatan yang sering terjadi di dunia maya adalah upaya peretasan pada akun kita.

 

Oleh sebab itu, kali ini DQLab akan memberikan tips bagaimana caranya membuat password yang aman dan mudah diingat. Begini caranya!


1. Gunakan Password yang Berbeda

Tips yang pertama adalah usahakan untuk tidak menggunakan password yang sama di berbagai platform. Jika dianalogikan seperti kunci, tentu bukan kunci motor yang akan kita gunakan untuk membuka pintu rumah kan? Hal ini juga berlaku pada akun online yang kita miliki. Sebab, jika ada salah satu akun kita yang berhasil diretas, maka hacker pun akan berpikir jika ada kemungkinan kita menggunakan password yang sama. 

 

Selain membedakan password di setiap platform, pastikan juga password yang kamu buat harus sama kuatnya dengan password lainnya, terlepas untuk website atau account mana yang Anda gunakan. Caranya dengan membuat password unik yang tidak mudah terbaca oleh hacker.

 

Baca juga: Siapkan Diri sebagai Praktisi Data, Pahami Python Bersama DQLab secara GRATIS!


2. Membuat Password yang Kuat

Membuat password yang kuat akan sangat menyulitkan para peretas dan software-software yang berupaya meretas password yang mungkin mereka gunakan. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menggunakan berbagai password kuat di sejumlah account online yang kamu miliki.

Microsoft menyarankan 4 hal berikut ketika kita akan membuat sebuah password baru yang kuat:

  1. Password harus mengandung HURUF BESAR (A, B, C)

  2. Password harus mengandung huruf kecil (a, b, c)

  3. Password harus mengandung angka (0, 1, 2, 3, …, 9)

  4. Password harus mengandung karakter unik yang ada di keyboard (~ ! @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = { } [ ] | : ; " ‘ < > , . ? /)

Sebagai contoh, password kamu mungkin akan berbentuk demikian:

 

y0gy4K@rt4

 

3. Hindari Menggunakan Informasi Pribadi

Sering kali kita membuat password berdasarkan informasi data diri kita untuk lebih mudah diingat. Seperti tanggal lahir kamu, nama kota kelahiran, band favorit, nama binatang kesayangan, nama suami/istri, dan lain sebagainya. Kenyataannya hal ini justru sudah sepatunya dihindari. Sebab, tanpa disadari sebenarnya kita telah banyak memberikan banyak informasi pribadi kita pada sejumlah akun media sosial kita seperti di Facebook, Instagram, Youtube, dan Twitter.

 

Baca juga : Kelola Keuangan dan Investasimu Hanya dengan Excel, Yuk Intip Caranya!


4. Yuk, Ubah Password kamu di academy.dqlab.id

Demi keamanan dan kenyamanan bersama DQLab menghimbau untuk para user mengubah password akun DQLab kamu. Caranya mudah, lho! Yuk, ikuti step - step dibawah ini :


  • Klik lupa password di halaman log in
  • Check email kamu
  • Ubah password dengan aman sesuai dengan tips versi DQLab
  • Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!


Mudah kan? Yuk, implementasikan sekarang Sahabat Data DQLab!

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!