Ternyata Ini Perbedaan “Work Hour” Seorang Data Scientist di Industri Fintech dan IoT

Mengenal profesi Data Scientist lebih dalam, ternyata industri Fintech dan ioT memiliki perbedaan dari segi jam kerja yang mereka terapkan terhadap para Data Scientistnya, lho!

Pekerjaan dengan tekanan dan tingkat produktivitas yang tinggi menjadi salah satu label dari seorang Data Scientist. Namun jangan salah, Amartha Fintech Lending salah satu Industri yang bergerak di bidang pemodalan ini, memiliki cara yang unik mengenai sistem waktu kerja yang mereka terapkan.

Kerja “Remote

Meski seorang Data Scientist memiliki tanggung jawab dan peran yang besar dalam sebuah perusahaan, mereka dituntut untuk tetap fokus dan mampu memberi perhatian yang detail pada setiap data. Kerja remote pun menjadi salah satu pilihan cara kerja Amartha untuk leluasa bekerja dimana pun sesuai kebutuhan Data Scientistnya.

“Kita sistem kerja nya work from home, jadi kalau mau kerja dirumah ataupun di tempat lain boleh-boleh aja kok,” ujar Farkhan, Praktisi Amartha. 

Jam Kantor yang “Fleksibel”

Memberikan ruang kepada Data Scientist untuk mengembangkan ide mereka dalam mengolah, menganalisa dan memvisualisasikan data dengan menyuguhkan kebebasan kepada Data Scientist dalam mengatur jam kerja mereka. Hal ini di terapkan oleh Amartha dengan tujuan untuk mengurangi tekanan pekerjaan mereka sebagai Data Scientist.

Beda halnya dengan eFishery, industri ioT yang berfokus pada bisnis di bidang pertanian, peternakan dan perikanan ini memiliki jam kerja yang dominan beraktifitas di kantor. Pasalnya, jam kerja memudahkan para tim Data Scientist dalam berkomunikasi dan berkoordinasi.

Dominan Bekerja di Kantor

Lebih banyak menghabiskan waktu bekerja di kantor merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan rasa disiplin dalam bekerja. Dengan adanya rasa disiplin seorang Data Scientist mampu mengelola waktu dengan baik untuk terus mengembangkan potensinya dan menjadi aset berharga dalam sebuah perusahaan.

“Lebih banyak menghabiskan waktu di kantor. Hal ini memudahkan tim Data Scientist dalam berkoordinasi.” Ujar Anshory, Praktisi eFishery.

Hanya Membutuhkan 6 Jam untuk Bekerja di Kantor 

Tidak semenyeramkan itu, ternyata seorang Data Scientist dari salah satu industri ioT hanya bekerja 6 jam dalam sehari, lho! “Untuk jam kerja sendiri sebenarnya tidak terlalu panjang ya, hanya membutuhkan 30 jam dalam seminggu, artinya dalam sehari Data Scientist kami bisa stay selama 6 jam untuk bekerja di kantor.” Tutup Anshory.

Anda Juga Bisa, Yuk Mulai Karir Sebagai Data Scientist dengan DQLab! Ingin memiliki “Work Hour” seperti Data Scientist di industri fitech dan ioT? Tenang saja Anda bisa memulainya bersama DQLab! Dapatkan modul gratis belajar data science dari dqlab.id dengan mengakses laman dqlab.id, dan wujudkan keinginan Anda untuk berkarir di bidang data.

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!