FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 45 Menit 22 Detik 

Shortcut Anti Ribet Ms. Excel dalam Pelatihan Data Analytics

Belajar Data Science di Rumah 15-Agustus-2022
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/00188949cc24ba5ebb9d8a17a5a078b5_x_Thumbnail800.jpg

Spreadsheet Excel telah ada selama lebih dari 30 tahun dan masih sangat digunakan sampai saat ini. Konsep aslinya tidak jauh berbeda dengan yang kita gunakan saat ini, hanya terlihat lebih baik dan memiliki banyak kemampuan baru.


Tapi bukankah spreadsheet Excel sudah ketinggalan zaman? Hal ini karena prinsip kerjanya yang manual dan ada program perangkat lunak yang lebih baik.


Spreadsheet masih relevan dan merupakan alat yang hebat untuk mempelajari data. Memang benar ini bukan satu-satunya atau solusi yang paling pas untuk semua proyek data, tetapi tetap sebagai alat analitik yang andal dan terjangkau. Ini adalah struktur dasar untuk data cerdas karena memperdalam pemahaman Sahabat DQ tentang proses analitik.


Banyak industri dan bisnis terus menekankan pentingnya keterampilan Excel karena tetap sebagai cara cerdas untuk mengekstrak wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Pola pendapatan, operasi, tren pemasaran, dan lainnya dapat dianalisis melalui spreadsheet Excel, tetapi keuntungan sebenarnya adalah prosesnya.


Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi paling populer untuk analisis data. Dilengkapi dengan tabel pivot bawaan, tidak diragukan lagi mereka adalah alat analitik yang paling dicari. Ini adalah perangkat lunak manajemen data lengkap yang memungkinkan Sahabat DQ mengimpor, menjelajahi, membersihkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data Sahabat DQ dengan mudah. Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai metode analisis data di Excel.


Nah, untuk mempermudah peran praktisi data, Ms. Excel menyediakan banyak sekali shortcut yang bisa dipakai dalam proses pengolahan data sampai penggalian insight!


1. Perubahan Format Angka Menjadi Persen

Windows : CTRL+SHIFT+5

MacOS:CTRL+SHIFT+5


Jika Sahabat DQ menerapkan format Persentase pada angka yang sudah ada dalam workbook, Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persentase.


Misalnya, jika satu sel berisi angka 10, Excel akan mengalikan angka itu dengan 100, yang berarti Sahabat DQ akan melihat 1000.00% setelah menerapkan format Persentase. Mungkin bukan ini yang Sahabat DQ harapkan. 


Untuk menampilkan persentase secara akurat, sebelum Sahabat DQ memformat angka sebagai persentase, pastikan angka itu telah dihitung sebagai persentase, dan ditampilkan dalam format desimal.


Persentase dihitung menggunakan persamaan jumlah / total = persentase. Misalnya, jika sebuah sel berisi rumus =10/100, hasil penghitungannya adalah 0.1. Jika Sahabat DQ kemudian memformat 0.1 sebagai persentase, angka itu akan ditampilkan dengan benar sebagai 10%. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Input Tanggal Secara Instan

Windows : CTRL+;

MacOS: CMD+;

Nilai statis dalam lembar kerja adalah nilai yang tidak berubah sekali pun lembar kerja dihitung ulang atau dibuka. Saat Sahabat DQ menekan kombinasi tombol seperti Ctrl+; untuk menyisipkan tanggal saat ini dalam sel, Excel "mengambil snapshot" tanggal saat ini, kemudian menyisipkan tanggal tersebut ke dalam sel. Karena nilai sel tersebut tidak berubah, nilai dianggap statis.


3. Input Waktu Secara Instan

Windows : CTRL+SHIFT+;

MacOS: CMD+SHIFT+;

Nilai statis dalam lembar kerja adalah nilai yang tidak berubah sekalipun lembar kerja dihitung ulang atau dibuka. Saat Sahabat DQ menekan kombinasi tombol seperti CTRL+SHIFT+; untuk menyisipkan tanggal saat ini dalam sel, Excel "mengambil snapshot" waktu saat ini, kemudian menyisipkan tanggal tersebut ke dalam sel. Karena nilai sel tersebut tidak berubah, nilai dianggap statis.


4. Mengubah Format Menjadi Desimal

Windows : CTRL+SHIFT+1

MacOS:CTRL+SHIFT+1


Jika tidak ingin tempat desimal yang tidak diperlukan dalam sel menyebabkan munculnya simbol ######, atau tidak memerlukan akurasi hingga ke tingkat mikro di sekitar, ubah format sel untuk mendapatkan jumlah tempat desimal yang Sahabat DQ inginkan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Bagaimana? Setelah mengenali beberapa macam tahapan data cleaning ternyata belajar Excel cukup mengasyikkan bukan? Nah, kalian bisa mulai coba belajar materi Excel lainnya di DQLab

 

DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data scientist baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.

 

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :