BEDUG MERIAH Diskon 95%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp150K!

0 Hari 2 Jam 21 Menit 21 Detik

Tutorial Mudah SQL pada Left Join

Belajar Data Science di Rumah 24-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7be358eaf1fd93e044748088f42047ed_x_Thumbnail800.jpeg

Left join, juga disebut dengan left outer join adalah fungsi pada SQL yang digunakan untuk mengembalikan semua record dari tabel kiri (pertama) dan record yang cocok dari tabel kanan (kedua). Jika tidak ada kecocokan pada data tertentu tertentu, maka output yang akan dihasilkan adalah NULL di kolom yang sesuai dengan tabel kanan.


Join adalah fungsi SQL yang memerlukan banyak latihan karena ada berbagai jenis seperti left join, right join, dan lain sebagainya. Semua fungsi join pada SQL bisa digabungkan dengan fungsi atau klausa lainnya.


Pada artikel kali ini kita akan membahas cara menulis left join, cara menggabungkan left join dengan klausa lain, dan mempraktekkannya. Jadi simak artikel ini sampai akhir ya!


1. Penulisan Umum Left Join

Secara umum, left join untuk menggabungkan dua tabel dengan key yang sama bisa ditulis dengan sintaks di bawah ini.

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Studi Kasus

Berikut adalah contoh dua tabel yang berisi data customer dan order. Dari kedua tabel di bawah ini, ada key unique yang sama yang bisa digunakan untuk menggabungkan kedua tabel tersebut. Key unique yang dimaksud adalah kolom customer_id.

sql


3. Menggabungkan Tabel dengan Left Join

Di kedua tabel ada key unique yang bisa kita gunakan sebagai ‘kunci’ untuk me-match-kan dan menggabungkan kedua tabel tersebut. Kita bisa menuliskan sintaksnya seperti gambar di bawah ini.

sql


4. Left Join dan Klausa Where

Klausa where pada SQL digunakan untuk memfilter data dengan kriteria tertentu. Misalnya, dari dua tabel di poin nomor 2, kita ingin mencari customer dengan total order minimal 500. Kita bisa menggunakan where dan menulis sintaksnya seperti berikut.

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Ingin belajar fungsi join lainnya dari SQL? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Kita bisa belajar berbagai fungsi join dan praktek langsung dengan data yang mencerminkan data real di dunia industri. Prakteknya sangat mudah karena menggunakan live code editor DQLab. 


Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science’ untuk pengenalan menggunakan live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login