BEDUG MERIAH Diskon 95%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp150K!

0 Hari 7 Jam 37 Menit 37 Detik

Rekomendasi Roadmap Data Science Melalui Module DQLab

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8a3c006feb8ad9a198fcc71858ae786e_x_Thumbnail800.jpeg

Data merupakan suatu poin penting dalam keseharian yang tidak bisa diabaikan. Pada era big data ini diperlukan ilmu khusus terkait data yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan data. Ilmu tersebut disebut dengan data science. Adapun profesi yang menerapkan data science disebut dengan data scientist. Profesi ini saat ini pun termasuk ke dalam profesi yang sedang naik daun. Oleh karena itu kita juga perlu mengetahui roadmap profesi data scientist agar perjalanan mencapai profesi ini menjadi lebih terarah.


Roadmap data scientist jika diterapkan akan memiliki beberapa keuntungan seperti proses belajar menjadi lebih terarah dan terstruktur, mempersiapkan diri menjadi data scientist, dan masih banyak lainnya. Kalian bisa memulainya dengan belajar di DQLab. Pada artikel kali ini kita akan mengenal beberapa modul dasar yang bisa dipelajari dengan mudah terutama bagi para pemula. Yuk simak bersama-sama!


1. R Fundamental For Data Science

R merupakan salah satu software yang biasa digunakan untuk mengolah data dan grafik. R memiliki berbagai fitur serta library yang dapat digunakan untuk membaca file teks, membaca database, menghasilkan berbagai grafik, menghasil dashboard yang menarik, dan penggunaan machine learning. Di DQLab terdapat berbagai modul yang bisa digunakan untuk belajar bahasa R, salah satunya adalah ‘R Fundamental For Data Science’. Dalam modul ini akan dibahas apa itu pemrograman R, hubungan R dengan data science,  alasan data scientist menggunakan R, mengenal berbagai tipe data fundamental, serta mempelajari cara membuat visualisasi data. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Statistics using R for Data Science

Statistik merupakan ilmu peluang, yaitu untuk mendapatkan populasi dari sampel yang dimiliki. Dalam statistik terdapat sampel dan populasi. Statistik ini perlu dipelajari untuk digunakan dalam proses pengolahan data. Pada modul ini akan dipelajari pengertian statistik, jenis-jenis data, estimasi karakteristik data, dan analisis data sederhana seperti analisis deskriptif, pengenalan uji hipotesis, analisis hubungan 2 variabel.


3. Introduction to Data Science with Python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer di kalangan praktisi data. Python adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming yang termasuk ke dalam kategori high-level programming language. Pada modul ini kita akan mengenali dasar-dasar pemrograman python seperti list library, struktur bahasa python, variabel python, comment python, tipe data python, dan beberapa dasar python lainnya.


4. Python for Data Professional Beginner

Bahasa python termasuk salah satu bahasa yang dipilih oleh para praktisi data dikarenakan bahasa ini termasuk bahasa yang sederhana dan mudah dipelajari terutama oleh para pemula. Setelah mengenali dasar-dasar pemrograman python selanjutnya di modul ini akan diberi materi terkait python untuk pemula seperti menuliskan program pertama, mendefinisikan variabel, memahami tipe data, mempelajari operator, serta mempelajari proses pengkondisian dan proses perulangan. 



Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Mempelajari data science dari dasar merupakan salah satu langkah awal untuk menjadi data scientist yang profesional. Jangan khawatir, kalian bisa mempelajarinya di DQLab. Di DQLab menyediakan berbagai bahasa pemrograman yang dapat dipelajari.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login