DICARI! Yang Mau Belajar Data Science Disc. 96%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp120K!

0 Hari 0 Jam 59 Menit 13 Detik

Mengenal Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/75c543a0088556dab1f332efe2de5209_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah salah satu teknik analisis data yang sering digunakan sebagai metode penelitian. Meninjau tentang teknik analisis data deskriptif penting kamu lakukan agar kamu dapat memahami benar-benar mengenai teknik pengolahan data yang satu ini. Data perlu dianalisis untuk memberikan wawasan hebat dan tren berpengaruh yang memungkinkan batch konten berikutnya dibuat sesuai dengan keinginan atau kesukaan populasi umum.


Jenis teknik analisis data deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Jenis analisis data deskriptif kualitatif kerap digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial. Sekaligus merupakan gabungan dari teknik analisis data deskriptif dan kualitatif.


Dengan menerapkan teknik analisis data yang tepat maka akan semakin banyak informasi dapat diurutkan dan akan membantu kita untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang itu. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik dan lebih banyak keuntungan untuk berbagai bidang terutama bidang bisnis. Untuk selengkapnya, mari kita simak bersama-sama tentang teknik analisis data deskriptif kualitatif berikut ini!


1. Analisis Data Deskriptif Kualitatif 

teknik analisis data

Jenis analisis deskriptif kualitatif menampilkan hasil data apa adanya tanpa proses manipulasi atau perlakuan lain. Bagi Anda yang sedang mencari teknik analisis data, jenis analisis data deskriptif kualitatif bisa menjadi pertimbangan. Jenis analisis data deskriptif kualitatif menggambarkan kondisi apa adanya, tanpa memberi perlakuan atau manipulasi pada variabel yang diteliti. Analisis data deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian dengan proses memperoleh data bersifat apa adanya. Penelitian ini lebih menekankan makna pada hasilnya


Baca juga: Gimana Sih, Cara Implementasi Teknik Analisis Data yang Simple?


2. Apa Itu Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif?

teknik analisis data

Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah gabungan dari teknik analisis data deskriptif dan kualitatif. Dalam analisis data kualitatif, data diperoleh dari berbagai macam sumber. Teknik pengumpulan data juga bermacam-macam dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Analisis data kualitatif adalah bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis.


Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu dengan teknik analisis deskriptif barulah kamu membangun tabel kuartil dan mean, metode dispersi seperti varians atau standar deviasi dan tabulasi silang atau crosstab yang dapat melakukan banyak hipotesis yang berbeda. Hipotesis ini sering menyoroti perbedaan di antara subkelompok.


3. Komponen Analisis Data

teknik analisis data

Aktivitas analisis data terbentuk berdasarkan interaksi ketiga komponen analisis data secara sistematis antara lain sebagai berikut:

  • Reduksi data (data reduction):

    Merupakan cara yang dilakukan peneliti dalam melakukan analisis untuk mempertegas, memperpendek, membuat fokus, membuang hal-hal yang tidak penting dan mengatur data sedemikian rupa sehingga dapat menarik kesimpulan atau memperoleh pokok temuan.

  • Penyajian data (data display):

    Merupakan gambaran jelas tentang keseluruhan data yang pada akhirnya akan dapat membentuk sebuah kesimpulan yang mudah dimengerti dan dipahami

  • Penarikan kesimpulan (conclusion drawing):

    Merupakan pengecekan keakuratan dan validitas suatu penelitian yang telah kamu jalani. Dengan didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten, sehingga menghasilkan kesimpulan yang lebih kredibel.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


4. Kelebihan Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Tingginya tingkat objektivitas dan netralitas para peneliti adalah salah satu keunggulan utama analisis deskriptif. Alasan mengapa peneliti harus ekstra waspada adalah karena analisis deskriptif menunjukkan karakteristik yang berbeda dari data yang diekstraksi dan jika data tidak cocok dengan tren maka akan menyebabkan dumping utama data.


Analisis deskriptif dianggap lebih luas daripada metode kuantitatif lainnya, lebih baik terutama untuk mengumpulkan informasi yang menggambarkan suatu relasi, selain itu juga kelebihan dari pengolahan data deskriptif dianggap lebih berguna untuk mengidentifikasi variabel dan hipotesis yang baru yang dapat dianalisis lebih lanjut melalui studi eksperimental dan inferensial sehingga memberi peneliti fleksibilitas untuk menggunakan data kuantitatif dan kualitatif untuk menemukan sifat-sifat populasi.


teknik analisis datateknik analisis data


Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login