PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 1 Jam 41 Menit 29 Detik

Yuk Kenali Nama Lain Data Scientist dan Tugasnya

Belajar Data Science di Rumah 12-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f47d0060820b9d6f9712efff105c289e_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah profesi yang tugasnya tidak jauh dari data. Profesi ini lebih berfokus pada pengumpulan dan analisis dataset terstruktur dan tidak terstruktur. Peran data scientist merupakan kombinasi dari computer science, statistics, dan matematika. Mereka menganalisis, memproses, dan membangun model data kemudian diinterpretasikan hasilnya sebagai bahan pengambilan keputusan bagi perusahaan atau organisasi.

Data scientist adalah expert di bidang analisis yang menggunakan skills-nya dalam teknologi dan social science untuk menemukan trend dan mengelola data. Mereka menggunakan pengetahuan industri, pemahaman kontekstual, dan asumsi yang ada untuk memberikan solusi terhadap masalah atau kendala yang dihadapi oleh perusahaan. 


Data scientist yang sudah berpengalaman bekerja untuk mengembangkan best practices dari perusahaan mulai dari membersihkan hingga menyimpan data. Mereka sering bekerja dengan tim lain di perusahaan seperti marketing, customer success, dan operation. Data scientist sangat penting untuk mengolah data sehingga tidak heran jika banyak perusahaan yang membutuhkan profesi ini. Namun terkadang data scientist tidak disebut sebagai data scientist karena role pekerjaan yang fokus hanya pada satu aspek saja. 


Apa saja nama lain data scientist tersebut dan apa perannya? Yuk kita simak bersama penjelasan berikut ini!


1. Data Scientist

Sebelum masuk ke role lain, kita mulai dengan role paling umum terlebih dahulu, yaitu data scientist. Data scientist menangani semua aspek proyek mulai dari memetakan apa yang penting bagi bisnis, hingga pengumpulan dan analisis data, dan terakhir visualisasi dan presentasi data. Seorang data scientist dikenal dengan jack of all trades. Mereka dapat menawarkan insight mengenai solusi terbaik dari proyek dan menemukan pola dan trend yang lebih besar dalam data. Selain itu, perusahaan sering meminta data scientist untuk meneliti dan mengembangkan algoritma baru. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Machine Learning Scientist

Machine learning scientist sering dikenal dengan istilah scientist karena memerlukan penelitian untuk mengembangkan algoritma dan insight baru. Dalam hal ini, seorang machine learning scientist meneliti pendekatan baru untuk manipulasi data untuk merancang algoritma baru. Mereka sering menjadi bagian dari tim R&D dan fokus pekerjaan profesi ini mengarah pada penelitian yang akan diterbitkan. Machine learning scientist lebih banyak bekerja di dunia akademik daripada industri.

data scientist


3. Machine Learning Engineer

Machine learning engineer sangat diminati saat ini. Pekerjaan machine learning engineer tidak jauh-jauh dari algoritma machine learning seperti clustering dan klasifikasi. Untuk menjadi seorang machine learning engineer seseorang harus memiliki pemahaman statistik dan pemrograman yang kuat serta basic knowledge mengenai rekayasa software. Selain merancang dan membangun sistem machine learning, profesi ini juga harus menjalankan pengujian seperti A/B testing sambil memantau kinerja dan fungsionalitas sistem yang berbeda.


4. Business Intelligence Developer

Business intelligence developer atau dikenal juga dengan BI developer bertanggung jawab untuk merancang strategi yang memungkinkan bisnis menemukan informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan dengan cepat dan efisien. Untuk menunjang dan mempermudah pekerjaannya, seorang BI developer harus bisa menggunakan alat BI baru atau merancang tools khusus yang menyediakan analisis dan insight bisnis. Pekerjaan BI developer sebagian besar berorientasi pada bisnis sehingga mereka harus memiliki basic knowledge mengenai dasar-dasar strategi bisnis serta seluk beluk model perusahaan mereka.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Setelah mengetahui profesi-profesi di atas, apakah kamu mulai tertarik untuk berkarir di dunia data? Masih bingung harus mulai belajar dari mana? Yuk belajar dengan modul bersama DQLab! Modul DQLab disusun oleh expert di bidang data yang sudah bertahun-tahun menggeluti dunia data sehingga materi di dalamnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita tidak perlu membuka banyak software saat belajar.


Ingin coba menggunakan live code editor dari DQLab? Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE module "Introduce to Data Science" dan dapatkan experience menarik menggunakan environment dari DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login