PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 43 Menit 8 Detik

Teknik Analisis Data Deskriptif, Hacks Mengetahui Ringkasan Data

Belajar Data Science di Rumah 27-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/194aa2927072e9f1aaff07f925d48426_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan kumpulan informasi yang diperoleh dari pengamatan-pengamatan atau mencari dari berbagai sumber. Data terbagi menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif merupakan data  yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka, sedangkan data kuantitatif merupakan data yang dapat disajikan dalam bentuk angka atau bersifat numerik. Dalam proses analisisnya, diperlukan penggunaan teknik analisis data, salah satunya adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. 


Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah salah satu teknik analisis yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Teknik analisis data merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data penelitian. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dilakukan dengan cara mendeskripsikan fenomena atau kejadian yang digunakan sebagai data dalam penelitian. Ingin tahu lebih lanjut terkait data kualitatif beserta teknik pengumpulan data dan teknik analisis datanya? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Data Kualitatif

Data kualitatif adalah data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka atau bilangan, sehingga bersifat non-numerik. Data kualitatif biasanya data yang disajikan dalam bentuk verbal baik tulisan maupun lisan. Data kualitatif biasanya digunakan untuk penelitian yang berkaitan dengan fenomena atau kejadian dan untuk mengetahui pengaruhnya. Data kualitatif dapat disajikan dalam bentuk narasi, dapat berupa opini, tingkat kepuasan, pendapat, dll.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

Data kualitatif dalam pengumpulannya pun memerlukan beberapa teknik yang dapat digunakan. Beberapa teknik pengumpulan data kualitatif yaitu:

  1. focus group discussion, metode pengumpulan data yang didapatkan melalui diskusi bersama dengan sekelompok narasumber

  2. observasi, metode pengumpulan data yang diperoleh melalui penelitian

  3. studi literatur, metode pengumpulan data yang diperoleh dengan cara mendalami atau mempelajari topik penelitian

  4. wawancara, merupakan kegiatan tanya jawab antara peneliti dengan narasumber

Teknik Analisis Data


3. Teknik Analisis Data Kualitatif

Teknik analisis data merupakan bagian ini sesuai dengan jenis data yang digunakan dalam penelitian. Jika penelitian kuantitatif menggunakan data kuantitatif, maka teknik analisis data yang digunakan pun teknik analisis data kualitatif. Begitu pula berlaku hal yang sama untuk penelitian kuantitatif. Beberapa teknik analisis data kualitatif yang dapat digunakan adalah analisis konten, analisis narasi, analisis wacana, analisis komponensial, analisis tema kultural, analisis deskriptif kualitatif, dll. 

Teknik Analisis Data


4. Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Analisis data deskriptif kualitatif adalah salah satu teknik analisis data yang sering digunakan dalam penelitian kualitatif. Secara pengertian sendiri, analisis data deskriptif merupakan teknik analisis yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum terkait data penelitian. Pada penelitian kualitatif, analisis data deskriptif ini berupa proses mewawancarai, menggambarkan dan meringkas kejadian atau fenomena yang akan diteliti. 

Teknik Analisis Data


Baca juga : Yuk, Intip Langkah Implementasi Teknik Analisis Data 


5. Mulai Belajar Data Science dari Sekarang

Penerapan ilmu data science saat ini sudah sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari belanja online, transaksi mobile banking, bahkan sampai bisa memprediksi atau mengira-ngira perhitungan data covid atau prediksi penyakit berdasarkan data. Dasar-dasar data science dapat dipelajari di DQLab


DQLab menyediakan berbagai macam modul yang dapat kita kerjakan kapanpun dan dimanapun. Selain itu terdapat pula fitur live code sehingga memudahkan pengguna dapat langsung belajar tanpa harus menginstall aplikasi.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login