DICARI! Yang mau Belajar Data Science Disc. 96%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp120K!

0 Hari 2 Jam 53 Menit 59 Detik

Yuk, Kenali Tutorial Penulisan Struktur Bahasa Python

Belajar Data Science di Rumah 31-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/edd465d4387e9b5f97ed16349b43f50e_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sudah terkenal dan cukup sering digunakan oleh para data scientist, data analyst maupun data engineer. Bahasa python merupakan salah satu pilihan tepat bagi para pemula karena termasuk bahasa yang sederhana, mudah dipelajari dan mudah dipahami. Untuk belajar python, saatin sudah begitu banyak tutorial python yang disediakan oleh berbagai media pembelajaran mulai dari tingkat dasar hingga tingkat mahir.


Setiap bahasa pemrograman memiliki ciri khas dan aturan penulisan yang berbeda-beda.  Begitu pula dengan bahasa pemrograman python, terdapat beberapa aturan yang harus ditetapi seperti aturan penulisan statement, penulisan pengkondisian if else, penamaan variabel, penulisan simbol, atau sampai penulisan operator, dll. Jika terdapat penulisan yang tidak sesuai dengan aturan, maka program tidak akan berjalan atau error. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa struktur python serta cara penulisannya dalam python. Yuk, kita simak bersama-sama!


1. Statement

Statement adalah instruksi atau kalimat perintah yang diberikan dalam beberapa baris untuk dieksekusi oleh mesin. Pada bahasa python, penulisan tidak diakhiri dengan tanda titik-koma. Akan tetapi, jika kita ingin menuliskan beberapa statement dalam satu baris maka kita harus memisahkannya dengan titik-koma. Namun menulis lebih dari satu statement dalam satu baris tidak dianjurkan dikarenakan akan menyulitkan dalam membaca kode. Aturan penulisan statement lainnya adalah ketika menuliskan string pada python yaitu harus menggunakan tanda petik baik tanda petik tunggal maupun ganda. Berikut ini adalah contoh penulisan statement pada python

python


Baca juga: Yuk Coba Coding Variabel dan Tipe Data dalam Python


2. Variabel dan Literals

Variabel merupakan tempat penyimpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Variabel bersifat mutable, artinya nilai yang ada di dalam variabel dapat diubah, Nilai yang ada di dalam variabel pun dapat berupa bilangan maupun kata. Adapun literals merupakan simbol yang dapat digunakan untuk mengisi suatu variabel. Pada contoh dibawah ini, variabelnya bernama bilangan,  bilangan2, dan kalimat1. Adapun literalnya adalah angka 5, 10 dan kata œBelajar Bahasa Python.

python


3. Operator

Operator adalah simbol yang dapat digunakan untuk mengubah nilai dari satu variabel dengan melibatkan satu atau lebih variabel dan literal. Secara garis besar terdapat beberapa jenis operator dalam python, yaitu operator aritmatika, operator komparasi atau perbandingan, operator penugasan, operator logika, operator keanggotaan (membership), operator identitas, dan operator bitwise. 


Sebagai contoh, pada operator aritmatika terdapat beberapa simbol yang dapat digunakan seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), dll. Berikuti ini adalah contoh penggunaan operator aritmatika

python


4. Comments

Comments merupakan sekumpulan teks yang dituliskan dalam sebuah program an tidak akan mempengaruhi hasil dari program tersebut. Walaupun tidak mempengaruhi hasil program, comments merupakan salah satu bagian penting dalam pengkodean, hal ini dikarenakan comments dapat diselipkan di antara sekumpulan statement yang telah dituliskan. Comments ini tentunya juga dapat memudahkan programmer untuk berkomunikasi dengan programmer lainnya. Secara umum terdapat dua jenis comment, yaitu single line comment (comments dalam satu baris) dan multi line comment (comment dalam beberapa baris).

python

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Mulai Belajar Dasar Python di DQLab!

Bahasa python merupakan salah satu bahasa dasar yang digunakan oleh para data scientist. Siapapun bisa mulai belajar data science menggunakan python bahkan belajar dari dasar-dasarnya.


DQLab menyediakan materi berupa modul yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar. DQLab pun dapat dipelajari secara live code sehingga peserta tidak perlu menginstal software secara terpisah. Menarik bukan? Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login