PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 4 Jam 40 Menit 39 Detik

Yuk, Miliki 4 Soft Skill Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 05-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d22b31c8d5ab14768acfdbc92228f10b_x_Thumbnail800.jpg

Sebelum ngobrol lebih jauh, sebenarnya apa sih data analyst? Sederhananya seorang data analyst seorang yang menggunakan keterampilan teknis untuk menganalisis data dan melaporkan wawasan. Bagi mayoritas perusahaan yang saat ini menyadari nilai strategi bisnis yang digerakan oleh data, pasti mereka sangat aware dengan sumber daya manusia yang memiliki minat dan bakat untuk memberikan wawasan tentang informasi yang dikumpulkan secara konstan. Terlepas dari seperangkat skill teknik yang harus dikuasai untuk berkarir sebagai data analyst. 


Seorang data analyst terbaik juga harus memiliki soft skill penting yang wajib dimiliki dan akan sangat bermanfaat ketika sudah terjun ke dunia profesional. Untuk itu, artikel ini akan merangkum 4 soft skill yang wajib dimiliki oleh seorang data analyst. Baca terus untuk mengetahui apakah kamu sudah memiliki beberapa kualitas yang diperlukan untuk karir ini,yuk!


1. Komunikasi

Profesi data analyst untuk menggali data mentah tidak bisa membantu siapapun jika kamu tidak memiliki keterampilan untuk berkomunikasi untuk memberitahu anggota tim mereka tentang temuan mereka dengan cara yang mudah dimengerti. Data analyst harus memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik di berbagai media, termasuk software visualisasi. Data analyst akan diminta untuk melaporkan kesimpulan mereka kepada tim dalam bentuk kelompok, sehingga data analyst harus mampu berbicara di depan umum dan presentasi adalah keterampilan yang berharga juga. Berkat keterampilan komunikasi yang baik, data analyst dapat membantu pemimpin perusahaan untuk membuat keputusan berdasarkan informasi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Problem Solving

Data Analyst


Proses data mining untuk mengatur data tidak terjadi hanya dengan menekan tombol, karena teknologi tidak selalu berjalan dengan sempurna. Ketika bug terjadi di dalam algoritma, database atau kode yang kamu miliki. Sebagai seorang data analyst kamu tentu harus dapat menemukan dan memecahkan masalah tersebut sehingga dapat berjalan terus secara efisien menangkap data yang kamu butuhkan. Oleh karena itu, Data analyst juga menempatkan keterampilan problem solving untuk bekerja dan kamu juga harus membuat target bagaimana untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan proses analisis data.


3. Research

Data Analyst


Kamu mungkin berpikir data analyst memiliki semua informasi yang mereka butuhkan di ujung jari mereka. Yang benar adalah bahwa analis data harus siap untuk melakukan proses mining jika ingin memanfaatkan data yang mereka kumpulkan. Jika kamu mencoba menceritakan sebuah cerita atau menafsirkan data mentah, kamu harus merasa nyaman meneliti dan mengajukan pertanyaan untuk memasukan informasi itu ke dalam konteks yang tepat. Data analyst menggunakan penelitian untuk tetap berada di puncak tren industri sehingga mereka dapat menafsirkan wawasan yang paling bermakna dari data mereka. Penelitian juga berguna ketika mereka mempresentasikan temuan mereka kepada rekan-rekan mereka dan mempertahankan posisi mereka tentang langkah apa yang seharusnya dilakukan.


4. Attention to Detail

Dalam banyak hal, profesi data analyst mirip seperti mencari jarum ditumpukan jerami. Data analyst harus dapat melihat petunjuk kecil yang mengarah ke pesan yang lebih besar yang bersembunyi dalam sekelompok data. Attention to detail juga berguna ketika data analyst membangun proses yang secara efisien menangkap dan mengurutkan data. Kesalahan kecil dalam satu baris kode dapat membuat seluruh alur kerja serba salah. Data analyst harus selalu mencari kesalahan kecil yang dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dalam sistem.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Yuk, Mulai Belajar Data Analyst dari Nol Hingga Advance!

Kamu pemula yang tidak memiliki background STEM? Jangan khawatir, karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login