BEDUG MERIAH Diskon 95%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp150K!

0 Hari 4 Jam 52 Menit 16 Detik

4 Hal Berikut adalah Peran Penting Data Scientist Untuk Bisnismu

Belajar Data Science di Rumah 19-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c00e908a3a6ef7d3842d3a8eed37904f_x_Thumbnail800.jpg

œData is The New Oil. Kalimat tersebut kini sering diperbincangkan, karena berkaitan dengan kegiatan transformasi digital yang dilakukan perusahaan dalam mengembangkan kemampuan bisnis untuk bersaing dalam era digital ini. Sebagaimana kita tahu bahwa ilmu Data Science sangat berperan dalam teknologi bisnis. Tetapi sebuah data tanpa ada yang bisa mengolahnya maka akan sia-sia saja. Tidak ada yang bisa diambil manfaat dari data tersebut. Sehingga dibutuhkanlah algoritma Data Science untuk menghasilkan hal-hal yang dapat membantu dalam dunia bisnis. Maka daripada itu diperlukan seseorang yang bisa mengolah dan menganalisis Big Data yaitu yang sering kita sebut Data Scientist.

Data Scientist diperlukan untuk menganalisa data dalam jumlah banyak yang terdapat dalam sistem Big Data. Seorang Data Scientist pada dasarnya harus memiliki kemampuan di tiga bidang. Pertama adalah kemampuan tentang Business Logic di bidang yang digeluti oleh perusahaan yang sedang ditanganinya, seperti halnya Data Analyst. Kedua adalah kemampuan statistika dan matematika yang cukup untuk mengetahui pola-pola data beserta algoritmanya. Ketiga adalah kemampuan menggunakan tools dari sistem Big Data dan Data Science yang membantunya dalam mengolah dan menganalisis data seperti misalnya aplikasi Machine Learning dan Apache Spark.

Tujuan utama dari bisnis sendiri adalah pertumbuhan profit. Untuk untuk mencapai goal tersebut diperlukan berbagai pendekatan baik yang dilakukan dalam lini internal bisnis maupun eksternal. Lalu bagaimana peran Data Scientist yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut? Sebagai contoh untuk meminimalkan risiko finansial. Sedangkan tujuan utama Data Science adalah untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih baik. Hal ini sehubungan dengan tujuan dari bisnis yang telah dijelaskan sebelumnya yang akan membawa perusahaan ke puncak pasar sesuai bidang perusahaan tersebut.

Khusus pada artikel kali ini, DQLab akan membahas apa saja keunggulan dan manfaat dari Data Science itu sendiri dalam kelancaran suatu bisnis. Penasaran? Yuk baca artikel berikut ini!

 

 

 

1. Hasil Analisis Lebih Efisien

Data Scientist

Manfaat Data Science dalam dunia bisnis yaitu untuk memberikan efisiensi dalam sistem dan proses produksi. Dengan menggunakan beberapa tipe analisis, stakeholder keputusan bisnis dapat melihat trend data yang ada, sehingga dapat menciptakan sebuah proses yang lebih efisien dan terstruktur.

Data Science menghasilkan hasil analisis yang lebih efisien, sehingga kebijakan bisnis yang dihasilkan dapat memberikan dampak efisiensi terhadap kinerja perusahaan seperti efisiensi waktu, biaya maupun sumber daya. Hal ini akan meningkatkan penjualan, dengan menggunakan strategi terbaik untuk up-sell dan cross-sell, meningkatkan loyalitas konsumen, hingga mengoptimalkan konversi dari setiap kanal promosi.

 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

 

2. Hasil Analisis Lebih Akurat

Data Scientist

Dalam dunia bisnis, kita akan menemukan jumlah data yang tak terhingga yang dihasilkan setiap harinya. Jika kita dapat memanfaatkan data dengan baik dan benar, maka perusahaan dapat menciptakan produk/layanan yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pelanggan. Akan tetapi, mengolah data juga bukanlah pekerjaan yang sederhana. Dibutuhkan kemampuan analisis dan solusi yang tepat untuk membantu perusahaan mengatasi tantangan selama proses pengolahan data. Pekerjaan Data Science dapat menentukan seberapa akurat hasil analisa yang akan dihasilkan nantinya. Hasil analisis yang akurat akan lebih berdampak pada kebijakan mengenai pemasaran serta promosi produk suatu perusahaan. Dengan akuratnya kebijakan yang dihasilkan maka akan berdampak pada keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan.

 

3. Tercapainya Kepuasan Pelanggan

Data Scientist

Kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan atau penilaian emosional dari pelanggan terhadap penggunaan produk dan layanan dimana harapan dan kebutuhan pelanggan terpenuhi. Menurut Kotler dan Keller (2006), kunci utama untuk mempertahankan konsumen adalah kepuasan konsumen. Hal ini disebabkan karena penjual perusahaan di setiap periodenya berasal dari konsumen baru dan konsumen yang sudah ada sebelumnya. Oleh karena itu, untuk dapat mempertahankan konsumen, maka perusahaan harus melakukan penelitian menggunakan Data Science mengenai kepuasan pelanggan.

Hal ini dikarenakan Data Science dapat mempelajari pola perilaku pelanggan melalui Big Data yang dianalisis. Keunggulan atau manfaat lainnya dari Data Science adalah untuk membantu tim Sales dan Marketing memahami pelanggan mereka secara rinci. Pengetahuan tersebut akan menjadi modal berharga agar dapat menciptakan pengalaman sebaik mungkin bagi pelanggan mereka.

 

4. Mengembangkan dan Menghasilkan Produk Relevan

Data Scientist

Selain itu, keunggulan Data Science dalam bisnis juga dapat menghasilkan produk yang relevan. Perusahaan dapat menemukan kapan dan di mana produk mereka dapat terjual dengan baik. Ini akan menjadi insight bagi perusahaan agar dapat mengetahui kapan akan menjual produk dengan waktu dan pasar yang tepat. Data Science juga dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan produk baru agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.

Contohnya dengan memahami tren pasar lebih awal menggunakan Data Science, perusahaan akan lebih cepat mengambil keputusan. Dengan adanya informasi tren pasar, perusahaan dapat mengembangkan produk yang sedang banyak digunakan dan disukai oleh konsumen. Seperti contoh, disaat pandemi seperti saat ini, tren penggunaan hand sanitizer sedang meningkat drastis. Dengan bantuan Big Data, produsen alat kesehatan, obat, skincare, dan lain sebagainya bisa menganalisis jenis hand sanitizer apa yang sering digunakan oleh konsumen. Selain itu, perusahaan juga bisa menganalisis kekurangan dari produk pesaing sehingga perusahaan dapat mengembangkan hand sanitizer yang sesuai dengan keinginan pasar dan lebih berkualitas dari hand sanitizer lain.

 

 Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk Belajar Data Science Bersama DQLab

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya pernah muncul beberapa pertanyaan ketika terjadi masalah seperti, mengapa masalah tersebut bisa terjadi? Apa yang akan terjadi selanjutnya? Apa yang harus dilakukan agar terhindar dari masalah bisnis di kemudian hari? Jika semua pertanyaan tersebut sering muncul ketika menjalankan bisnis, maka sudah saatnya kamu memanfaatkan Data Science untuk mendukung bisnis yang lebih inovatif dan efisien di masa depan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, signup di DQLab.id dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module "Introduction to Data Science with Python" dan bangun portofolio datamu untuk mempersiapkan diri berkarir di industri data!


Penulis : Salsabila MR

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login