BEDUG MERIAH Diskon 95%
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp150K!

0 Hari 4 Jam 26 Menit 31 Detik

Python for Data Science : 3 Rekomendasi Buku Python for Data Science

Belajar Data Science di Rumah 30-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/88fc6a31dfc9b267476b9bb84380dfb5_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan komponen utama dari ilmu Data Science. Selain statistika/matematika dan ilmu bisnis, programming juga merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai untuk menjadi praktisi data. Meskipun Python bukanlah satu-satunya bahasa pemrograman yang digunakan dalam ilmu Data Science, namun Python merupakan bahasa pemrograman yang paling basic dan paling sering digunakan baik itu oleh beginner maupun di tingkat advanced. 

Dalam proses mempelajari sesuatu yang baru, tentunya kita membutuhkan ilmu mengenai hal tersebut. Saat ini ilmu mengenai bahasa pemrograman ataupun Data Science telah banyak beredar di internet secara luas. Namun meskipun begitu, kita terkadang tetap membutuhkan buku-buku bacaan yang lebih dapat dipercaya sumbernya. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa buku tentang Python untuk Data Science yang direkomendasikan baik bagi pemula maupun bagi orang-orang yang telah mahir. 

Simak artikel berikut, yuk!

1. Python Data Science Handbook

Buku Python Data Science Handbook karya Jake VanderPlas merupakan buku yang sangat cocok bagi pemula karena dikemas dalam bahasa yang tidak begitu teoritis. Fokus utama buku ini adalah membahas mengenai cara menggunakan the big three library, yaitu Numpy yang dapat digunakan memanipulasi array, Pandas untuk Data Wrangling, Matplotlib yang digunakan untuk visualisasi data, serta Scikit-Learn yang digunakan untuk membangun Machine Learning. Menariknya, buku ini tersedia dalam versi gratis yang hanya bisa diakses secara online.

Baca juga : Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python

2. Python for Data Science for Dummies

Buku selanjutnya adalah Python for Data Science for Dummies yang merupakan karangan dari John Paul Mueller dan Luca Massaron. Buku ini berisi cara memanfaatkan pemrograman Python untuk memperoleh, mengatur, memproses, serta menganalisis sejumlah besar informasi dengan menggunakan konsep statistik dasar seperti probabilitas, distribusi acak, pengujian hipotesis, dan model regresi untuk mengidentifikasi tren dan pola dari data. Di dalam buku ini juga dijelaskan mengenai object, function, dan library yang ada lengkap dengan perannya.

3. Mastering Python for Data Science

Buku selanjutnya adalah buku karya Samir Madhavan yang berjudul Mastering Python for Data Science. Buku ini merupakan buku yang dapat direkomendasikan bagi orang-orang yang telah berada di tingkat mahir. Pasalnya, didalam buku ini membahas mengenai Python dan library-nya yang dapat digunakan untuk membuat visualisasi data dan mencari pola tingkat lanjut untuk empat dasar Data Science dengan Python, yaitu Collecting Data, Analisis Data, Visualisasi Data, dan Machine Learning. Buku ini sangat cocok bagi para developer yang ingin memahami tentang Data Science lebih lanjut.

Baca juga : 3 Metode Numpy Array Python Sebagai Dasar Proses Manipulasi Data

4. Implementasikan Data Science dengan Mengakses Module GRATIS Python!

Tidak memiliki background IT? Kamu tetap bisa lho belajar Data Science! Dengan module yang terstruktur yang dirancang khusus untuk kamu yang tidak memiliki background IT, kamu juga bisa belajar Python untuk implementasikan Data Science. Yuk, sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati pengalaman belajar yang menyenangkan!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login