Merintis Karir di Bidang Data lewat Data Challenge

Untuk membangun kapasitas talenta data Indonesia, DQLab.id bekerjasama dengan Tempo Scan Pacific mengadakan kegiatan data challenge. Data challenge kali ini bekerjasama dengan Tempo Scan Pacific, sebuah holding company yang memproduksi barang-barang konsumen seperti farmasi, minuman, dan produk perawatan tubuh, memberikan kesempatan kepada member DQLab untuk mengolah data penjualan mereka. Sebagai bagian dari proses rekrutmen di Tempo Scan Pasific, peserta data challenge berkesempatan untuk mempresentasikan analisa mereka untuk kemudian dilanjutkan ke tahap recruitment interview.

Sebagai salah satu member yang berhasil mengerjakan case studi data challenge, Frengki Anggara mengungkapkan kesan-kesan yang ia rasakan selama mengerjakan tantangan yang diberikan oleh Tempo Scan Pacific. Ia juga mengaku mendapatkan pengalaman baru yang membuka wawasannya selama menekuni kursus data science.

Bermula dari keinginan untuk menguji keahlian dalam mengimplementasikan hasil belajar data science di DQLab.id, Frengki yang saat ini bekerja sebagai Web Developer memutuskan untuk mengikuti data challenge. Meski ia mengaku masih amatir dalam bidang pengolahan data, hal tersebut tidak menghentikan keinginannya untuk berkembang. Melalui kompetisi itu ia ingin menambah pengalaman demi mewujudkan cita-cita untuk menjadi seorang Data Scientist atau seorang Machine Learning Engineer.

Selama mengikuti data challenge, Frengki mengatakan bahwa dirinya merasa tertantang untuk berfikir kreatif. Salah satu tantangan yang ia hadapi adalah ketika mengolah data penjualan produk bayi dari Tempo Scan Pacific. “Sebenarnya tidak ada output tertentu yang diharapkan oleh pihak Tempo Scan, tapi saya memprediksi dari data penjualan yang mereka berikan, mereka mengharapkan peserta dapat melakukan analisa data melalui pembuatan modeling machine learning yang nantinya bisa digunakan untuk memprediksi sales produk tersebut”, ujar Frengki.

Dalam mempersiapkan presentasinya, Frengki melihat bahwa analisa yang ia lakukan masih memiliki kekurangan. Tapi, para pakar data yang hadirjustru sangat mengapresiasi presentasinya dan memberikan masukan yang berharga. “Saya merasa masih pemula banget, tapi sikap dari pihak Tempo dan DQLab sangat menghargai pemula seperti saya ini. Jujur saya merasa sangat dihargai”. Pengalaman Frengki dalam mengikuti data challenge di DQLab.id telah mengantarkannya untuk dapat membuat portofolio di bidang data sekaligus membuka kesempatan untuk berkarir sebagai Data Scientist. Selain itu, melalui data challenge ini peserta juga bisa berinteraksi dan mendapatkan feedback secara langsung dari para pakar data. Mulai perjalanan Anda sebagai Data Scientist bersama DQLab.id sekarang!

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!