Mengenal Profesi Data Scientist

Seiring dengan berjalannya waktu, dunia mengalami perkembangan dalam berbagai hal. Melesatnya ilmu pengetahuan menuntut manusia untuk terus berpacu agar tidak tertinggal. Profesi baru yang dahulu tidak ada kini kian bermunculan, salah satunya adalah data scientist.

Data scientist merupakan profesi yang berhubungan dengan pengolahan data dan analisa data. Seorang data scientist bertugas untuk mengumpulkan data, mengolahnya, serta melakukan analisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk suatu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Pengelolaan data merupakan aset yang sangat berharga karena bisa menghasilkan output perbaikan kinerja bisnis.

Penggabungan dari Beberapa Ilmu

Meski menggandeng nama science, profesi data scientist tidak hanya mengandalkan ilmu sains saja. Ilmu yang wajib dikuasai oleh data scientist antara lain matematika (terutama statistik), programming, scripting dan pemahaman bisnis. Proses pencarian data dan penggabungan data akan berat jika tidak mengandalkan statistik. Sementara untuk memasukkan kumpulan data tersebut ke dalam komputer, keahlian programming dibutuhkan. Selain itu data scientist juga harus mahir berkomunikasi agar penyampaian hasil analisa suatu data yang besar dapat diutarakan dengan jelas.

Ilmu soft skill juga memegang peran krusial dalam profesi ini. Seorang data scientist harus memiliki rasa penasaran yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, serta bekerja sama dalam sebuah tim. Soft skill ini akan berguna untuk menyokong hard skill.

Data Scientist dan Data Analyst, Serupa Namun Tak Sama

Kedua profesi ini tentu berfokus pada utak-atik data. Tetapi seorang data analyst menyelesaikan pekerjaannya setelah selesai menganalisa suatu data, sementara data scientist diharuskan untuk melakukan pengujian atas hasil analisanya. Setelah diujikan, data scientist akan memberi saran kepada perusahaan mengenai langkah tepat apa yang harus diambil.

Prospek Karir Menjanjikan di Abad 21

Sebuah artikel dari Harvard Business Review yang terbit pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa prospek karir data scientist mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat. Lalu menurut riset McKinsey & Company pada tahun 2018 diperkirakan ada permintaan profesi data scientist dari 140-190 ribu perusahaan yang harus dipenuhi. Jumlah ini terbilang fantastis karena belum banyak akademisi yang melirik data scientist sebagai profesi yang diincar.

Belajar Data Science tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan dapat diikuti Anda yang bukan berasal dari background IT sekalipun. Dengan proses belajar online dan interaktif di DQLab, Anda akan belajar ilmu statistika, belajar R, belajar Python, serta belajar machine learning untuk dapat langsung diterapkan pada studi kasus nyata Industri.

Penulis: Andi Annisa Ivana Putri (Ultimagz UMN)

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!