GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 14 Menit 22 Detik 

Mengenal Macam-Macam Analisis Dalam Mengolah Data Sekunder

Belajar Data Science di Rumah 01-Februari-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/6ba8b700a3dca63c49106d81f42dc0b3_x_Thumbnail800.jpg

Mengenal macam-macam analisis data adalah salah satu tahap yang penting dikuasai sebagai praktisi data seperti data analyst. Data di era digitalisasi ini menjadi hal yang bermanfaat. Data diklasifikasikan menjadi beberapa bagian, bisa berdasarkan cara memperolehnya, berdasarkan sifatnya, berdasarkan jenis datanya, dan berdasarkan waktu pengumpulannya. Dengan memahami bentuk datanya, kita bisa menentukan model yang sesuai dengan masalah yang ingin diselesaikan. 


Data sekunder merupakan salah satu data yang masuk dalam klasifikasi data berdasarkan cara memperolehnya. Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung atau dapat dikatakan data yang diperoleh dari pihak ketiga seperti dengan melakukan studi pustaka atau analisis media. Contoh dari data sekunder dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti data kependudukan dari Badan Pusat Statistik, data impor-ekspor dari Bea Cukai, gambaran fisik suatu wilayah dari peta, dan sebagainya. Kelebihan dari data sekunder antara lain murah dan hemat waktu saat pengumpulan datanya, serta bisa menjadi pelengkap dan pembanding dengan data primer. Data sekunder ini kemudian dapat dilakukan analisis menggunakan metode-metode sesuai jenis datanya agar memperoleh informasi yang berguna. Bagaimana langkah--langkah dalam analisis data dan metode yang dapat digunakan? Yuk kita bahas dibawah ini. 


1. Langkah-Langkah Analisis Data

Secara umum, dalam melakukan analisis data langkah awal yang dilakukan adalah mengumpulkan data. Data yang sudah terkumpul kemudian dibersihkan sehingga hanya data yang lengkap saja yang digunakan. Lakukan klasifikasi dan identifikasi pertanyaan berdasarkan data yang akan dianalisis. Selanjutnya data diuji validitas datanya. Data kemudian disajikan dalam bentuk tabel, grafik atau diagram agar bisa dipahami hasil dari analisis yang dilakukan. Hasil analisis inilah yang akan menjadi pedoman dalam mengambil keputusan untuk tindakan kedepannya.  

Baca juga : Macam-macam Metode yang Ada Pada Pengolahan Data Statistik


2. Metode Analisis Kuantitatif

Analisis kuantitatif adalah metode analisis yang bersifat kuantitatif menggunakan perhitungan matematika atau statistik. Hasil analisis disajikan dalam bentuk angka-angka yang dijelaskan dengan menguraikan angka-angka tersebut. Terdapat dua macam teknik statistik dalam melakukan analisis kuantitatif yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Teknik analisis deskriptif adalah teknik analisis dengan menggambarkan data yang digunakan tanpa maksud menggeneralisasi atau membuat kesimpulan. Biasanya dibuat dalam bentuk grafik, tabel, mean, modus, dan sebagainya. Sedangkan teknik analisis inferensial adalah teknik analisis yang menggunakan rumus tertentu dimana hasil perhitungan tersebut menjadi dasar dalam menggeneralisasi dan mengambil keputusan. 

3. Metode Analisis Kualitatif

Analisis kuantitatif adalah metode analisis dengan mengklasifikasikan atau mengelompokkan data untuk menemukan hubungan atau pola-pola tersembunyi pada data. Data dalam analisis kualitatif dapat diperoleh dari wawancara, kuesioner, atau observasi. Proses analisis kualitatif tidak menggunakan perhitungan matematika karena data pada analisis kualitatif berbentuk teks atau narasi. Dalam melakukan metode analisis kualitatif diperlukan ketelitian karena dilakukan dengan membaca dan mengamati data yang ada kemudian menguraikan dan menafsirkan data tersebut. Metode analisis kualitatif ini bertujuan untuk menemukan makna dari suatu aktivitas, pertanyaan, dan lainnya, menjelaskan kondisi yang melingkupi suatu peristiwa, menggambarkan proses terjadinya suatu peristiwa beserta alasan-alasan yang mendasarinya. 

Baca juga : Metode Pengolahan Data dengan Machine Learning untuk Perbaikan Forecasting Bisnismu


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                              

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis: Dita Kurniasari

    Editor: Annissa Widya

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :