BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Memahami Pengertian Data Science Dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 30-April-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/fbe38dc4e2ccb9a7b61b62e95b344833_x_Thumbnail800.jpg

Pengertian Data Science merupakan pembahasan yang sedang naik daun saat ini. Teknologi yang semakin canggih menjadikan banyak pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual, sekarang bisa secara otomatis seperti dalam mengolah data. Data science menjadi populer karena fungsinya yang dapat membantu proses pengolahan data lebih cepat. Berbagai jenis data dapat diolah dengan menerapkan data science. Tentu ini menjadi nilai tambah tersendiri sehingga banyak yang mulai menerapkan data science. 


Jika kamu tertarik dengan data science dan ingin menjadi praktisi data, maka memahami pengertian data science bisa jadi langkah awal untuk terjun ke dunia data. Karena kepopuleran nya, data science banyak dibahas oleh blog, forum, seminar, dan sebagainya. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di internet. Nah, kali ini DQLab akan membahas mengenai pengertian data science dan juga manfaatnya dalam bisnis. Yuk, simak pembahasannya dibawah ini!


1. Definisi Data Science 

Data Science adalah ilmu yang berdiri berdasarkan tiga pilar ilmu yaitu matematika, statistika, dan komputer (pemrograman). Ketiga ilmu tersebut berkolaborasi dengan tujuan membuat proses pengolahan data lebih efisien dan akurat. Proses pengolahan data dalam data science meliputi pengumpulan data, manipulasi data, mengolah data, hingga menganalisis data untuk memperoleh informasi yang berguna yang dapat dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan untuk kedepannya. Keunggulan dari data science antara lain yaitu data yang diolah dengan data science dapat berupa berbagai jenis data mulai dari yang terstruktur dan tidak terstruktur. Data yang diolah juga merupakan data yang berjumlah besar yang disebut Big Data. Seperti yang kita tahu bahwa aktivitas kita hampir seluruhnya menggunakan teknologi, sehingga data yang terkumpul juga semakin banyak jumlahnya dan makin banyak jenisnya. Disinilah ilmu data science berperan dalam proses pengolahan data agar lebih powerful. 

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Tools Data Science

Tools yang dapat digunakan dalam data science sebenarnya ada banyak. Biasanya penggunaan tools data science oleh praktisi data yang profesional tergantung pada ketetapan perusahaan. Namun ada baiknya seorang praktisi data menguasai beberapa tools yang mendukung dalam melakukan pengolahan data. Beberapa tools yang sering digunakan yaitu Python, R, SQL, NoSQL, Hadoop, SAS, Tableau, dan Excel. Tools-tools tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing saat digunakan untuk mengolah data. Library yang dimiliki juga berbeda-beda. Misalnya seperti Python memiliki library Numpy untuk mengolah data numerik dan library Matplotlib untuk menyajikan data dalam bentuk yang lebih menarik seperti grafik dan plot. Mungkin beberapa dari kamu juga tidak menyangka bahwa Excel merupakan salah satu tools data science. Dalam Excel ada salah satu fitur yaitu Analysis Toolpak yang berfungsi untuk melakukan proses analisis data. Beberapa tools yang disebutkan diatas ada yang bersifat open source dan ada juga yang berbayar. SAS merupakan tools data science yang berbayar dan biasanya digunakan oleh perusahaan berskala besar. Indonesia menjadi salah satu pengguna SAS khususnya di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI.


3. Pentingnya Data Science Untuk Bisnis

Bagi kamu yang baru terjun di dunia data, mungkin akan muncul pertanyaan apakah data science ini bisa diterapkan dalam bisnis? Jawabannya adalah tentu bisa. Data science dianggap penting dan berpengaruh dalam bisnis. Betapa tidak, hasil dari data yang diolah dengan menerapkan data science dapat mempengaruhi keputusan bisnis yang akan dijalankan selanjutnya. Hal ini bermanfaat dalam berbagai proses bisnis seperti meningkatkan penjualan, strategi promosi yang lebih powerful, menentukan kombinasi menu restoran yang menarik, dan sebagainya. Tidak hanya itu, dengan menerapkan data science, perusahaan juga dapat memprediksi yang akan terjadi kedepannya berdasarkan data yang dimiliki perusahaan. Tentu ini akan menjadi suatu keuntungan bagi perusahaan untuk selangkah lebih maju dibandingkan pesaingnya. Oleh karena itu profesi data science saat ini banyak dicari. Talent-talent data sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi di perusahaan untuk mengolah data dan berkontribusi dalam laju bisnis seperti Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!