GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 55 Menit 51 Detik 

Lakukan 3 Langkah ini Sebelum Kursus Data Science Online

Belajar Data Science di Rumah 01-Februari-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/cb827687349f00422e08718f39d331f9_x_Thumbnail800.jpg

Tidak diragukan lagi bahwa data scientist masih menjadi profesi incaran di tahun 2021. Hal ini dikuatkan oleh ramalan World Economic Forum, dimana profesi ini bahkan menduduki posisi pertama dari 10 profesi paling dicari hingga tahun 2022 nanti. Bertolak belakang dengan itu ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang tersebut masih terbilang cukup langka. Maka tak heran, jika rata-rata perusahaan berani menawarkan salary tinggi bagi mereka yang memiliki skill yang baik sebagai seorang data scientist. Selain itu karena data scientist merupakan profesi multidisiplin banyak orang yang beralih profesi atau banting setir untuk bisa berkarir sebagai data scientist dan mulai belajar data science dengan mengikuti kursus data science online maupun offline. Lantas apa yang menjadi penyebab langkanya ketersediaan talenta yang berkompeten di bidang data scientist ? 


Karena jobdesk data scientist cukup kompleks, seorang data scientist dituntut harus memahami business problem, lalu berdasarkan business problem tersebut kita juga harus paham data yang kita gunakan itu seperti apa, dan harus bisa mendeskripsikan data tersebut. Nah, berdasarkan problem tersebut apakah bisa di framing ke dalam machine learning sehingga akan menghasilkan sebuah keputusan atau prediksi.  Meskipun kompleks, tapi dengan mempelajari data science akan meningkatkan kemampuan literasi data yang baik untuk karir kamu. Karyawan yang memiliki keterampilan data scientist dapat membantu perusahaan dan dibutuhkan hampir di semua industri. Jadi bagaimana langkah-langkah yang perlu kamu lakukan sebelum ikut kursus data data science online ? Meski kamu tidak berangkat dari background IT ? Kamu akan menemukan jawabannya pada artikel ini, untuk itu simak terus artikel ini sampai selesai.


1. Tanamkan Konsep Learning by Doing

Sebagai data scientist 90% pekerjaan kamu adalah melakukan data cleaning, selain itu juga kamu akan mencari algoritma machine learning yang paling optimal yang akan digunakan. Maka salah satu langkah terbaik belajar data scientist adalah dengan learning by doing atau praktek langsung. Ketika kamu mencoba mempraktekannya langsung kamu akan menemukan kendala berupa error atau bug, dengan begitu secara tidak langsung kamu akan belajar lagi dan mencari tahu mengapa bisa terjadi error dan bug. Dengan menanamkan konsep learning by doing kamu bisa menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri dengan cara berfikir yang kreatif. Untuk menjadi sumber daya manusia yang mumpuni selain kemampuan teknikal tentunya diperlukan juga kemampuan non teknikal seperti problem skill. Dengan learning by doing kamu juga dapat mengasah sisi softskill kamu seperti problem solving.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Belajar Mengkomunikasikan Insight yang Ditemukan

Secara konstan data scientist harus dapat mempresentasikan hasil analisis mereka kepada orang lain, atau membuat kesimpulan dari analisis mereka. Ini merupakan langkah dari belajar data scientist yang tidak kalah penting, tapi sebelum kamu mengkomunikasikan insight yang kamu temukan tersebut kamu tentunya perlu memahami dengan baik topik permasalahan, lalu memahami bagaimana cara mengkomunikasikan hasil analisis tersebut, dan menjelaskan dengan jelas hasil analisisnya. Adapun cara yang bisa kamu gunakan untuk mengkomunikasikan insight atau hasil analisis data kamu adalah dengan melakukan visualisasi data. Dengan visualisasi data yang menarik dan komunikatif memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi pola suatu data. Selain itu secara psikologis manusia jauh lebih mudah untuk memahami gambar atau grafik dari pada tulisan atau angka. Sehingga dalam penyajian visualisasi data akan lebih mudah melihat tren yang muncul. Kamu bisa menggunakan tools seperti Tableau, dan Power BI. Atau kamu bisa menggunakan library dan package yang tersedia di python dan R.


3. Tingkatkan Level Belajar Secara Konsisten

Data science merupakan gunung curam yang harus didaki, kamu harus memiliki target dalam mempelajari algoritma atau konsep tertentu secara konsisten. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendaki puncak gunung tersebut. Agar konsisten yang harus kamu lakukan pertama-tama adalah harus membuat komitmen yang spesifik dan konkret, lalu komitmen kamu harus terukur dan bisa diuraikan  ke sub aktivitas yang lebih kecil, kemudian kamu harus membuat target yang wajar untuk dicapai dalam jangka pendek misalnya seperti dalam seminggu kamu harus menguasai tentang materi variabel dan tipe data dalam python, setelah kamu menentukan target jangka pendek kau dapat melakukan evaluasi sesuai waktu yang kamu perlukan. Kamu bisa mulai tingkatkan level belajarmu dengan dataset yang lebih besar. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                              

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis: Rian Tineges

    Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :