FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 38 Menit 26 Detik 

Kunggulan Teknik Analisis Data dalam Skill Data Science

Belajar Data Science di Rumah 15-Agustus-2022
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/afceca3188e335f122e4156c27ba81bb_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan bagian terpenting yang ada dalam proses analisis data. Seiring dengan perkembangan teknologi, jenis teknik analisis data semakin beragam, menyesuaikan data yang ada. Hingga saat ini memang belum ada teknik analisis data yang paling sempurna dan bisa digunakan untuk menganalisis semua jenis data.


Sehingga praktisi data harus berhati-hati dalam memilih metode analisis yang akan digunakan. Karena jika salah, hal terfatal yang mungkin terjadi adalah hasil yang tidak menggambarkan keadaan yang sebenarnya.


Lahirnya istilah big data membuat jenis data semakin banyak, tidak hanya berupa angka dalam bentuk tabular saja, melainkan mulai ada data yang berupa gambar, video, audio, teks, dan lainnya. Semakin banyak data membuat perusahaan mulai menyadari betapa pentingnya data dan akan sangat sayang jika tidak diolah dengan teknik analisis data yang benar.


Tapi sebenarnya apa sih teknik analisis data itu? Mengapa hal tersebut seakan menjadi hal yang sangat dibutuhkan? Yuk, simak pembahasannya!


1. Analisis Data

teknik analisis data

Teknik analisis data merupakan salah satu proses dalam analisis data. Pada tahapan ini, praktisi data atau peneliti akan menggunakan metode data yang ada untuk mengubah data mentah menjadi sumber informasi. Proses analisis data dimulai dari pengumpulan data.


Data yang dikumpulkan harus sesuai dengan permasalahan yang ingin diselesaikan. Setelah data didapatkan, tahapan selanjutnya adalah membersihkan data agar siap untuk diolah. Hasil pengolahan ini nantinya perlu dilakukan interpretasi karena praktisi data perlu menyampaikan hasil temuannya, baik dalam bentuk presentasi, laporan, dan lainnya.


Baca juga: Tutorial 4 Teknik Analisis Data Dasar untuk Pemula Data

 

2. Membuat Data Lebih Mudah Dipahami

teknik analisis data

Salah satu manfaat penggunaan teknik analisis data adalah membuat data menjadi lebih mudah dipahami karena sudah lebih ringkas dan terlihat pola nya. Tentu saja data yang telah diolah dengan teknik analisis data yang sesuai akan berbeda dengan data mentah yang belum diproses sama sekali.


Biasanya yang bisa paham akan data mentah hanya lah orang yang bergelut di bidang yang sedang diteliti saja, misalkan data penjualan. Maka kemungkinan besar yang memahami data tersebut hanya sales. Itu pun mereka tidak bisa memberikan kesimpulan atas data yang ada.


3. Mengubah Data Mentah Menjadi Informasi

teknik analisis data

Data mentah tidak akan bisa menunjukkan informasi yang dibutuhkan, sementara kita menggunakan data tersebut untuk menjawab permasalahan yang ada. Dengan memanfaatkan teknik analisis data, kita bisa mengubah data mentah menjadi informasi yang bermanfaat.


Hasil dari analisis data ini akan sangat berguna bagi para pemangku kebijakan (stakeholder) dalam membuat keputusan sehingga bisa meningkatkan performa perusahaannya, atau paling tidak mempertahankannya.


4. Membuat Data Menjawab Hipotesis yang Ada

teknik analisis data

Ketika bertemu masalah, biasanya kita tidak bisa langsung menjawab apa penyebab permasalahan tersebut. Terkadang kita akan membuat hipotesis tertentu yang mungkin berhubungan dengan permasalahan tersebut. Lalu hipotesis ini nantinya akan diuji untuk melihat apakah memang benar atau salah.


Penggunaan teknik analisis data akan membantu kita untuk menguji hipotesis yang ada. Dari sini lah, kita akhirnya bisa membuat kesimpulan atas data. 


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar proses pengolahan data jika kamu sudah lulus dari background pendidikan non IT adalah dengan mengambil kursus. Salah satu lembaga kursus yang harus kamu coba adalah DQLab. Tenang saja, DQLab akan membantumu untuk belajar analisis data dari tahap dasar. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun ini.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri





Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :