GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Kenali Pentingnya Integrasi Data dalam Dunia Data

Kenali Pentingnya Integrasi Data dalam Dunia Data

Belajar Data Science di Rumah 20-Januari-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/04597995ee34b7c8ea0ca3224ecff0e7_100_persen.jpg

Jika kita mendengar kata integrasi mungkin sudah tidak asing lagi yaaa. Tapi kalau ada kata ‘integrasi data’ apakah masih ada yang bingung? Apa yaa pengertian dari integrasi data dan apakah integrasi data itu perlu dan berpengaruh dalam pengolahan data? Yukk baca lebih lanjut!


Integrasi data adalah sebuah proses menggabungkan atau mengkombinasikan dua atau lebih data dari sumber yang berbeda-beda. Data yang kita dapatkan dari berbagai sumber tentunya memiliki karakteristik maupun format yang bermacam-macam. Data yang kita dapatkan seperti itu tentunya tidak bisa kita olah begitu saja. Oleh sebab itu kita perlu mengintegrasi data tersebut. Integrasi data merupakan salah satu tahapan yang fungsinya untuk memperbaiki kualitas data sebelum data tersebut diolah.


Lalu seberapa penting integrasi data dan mengapa perlu dilakukan integrasi data?


1. Data Preprocessing

Demi menghasilkan kualitas data yang baik sebelum diolah, maka perlu dilakukan data preprocessing. Data preprocessing bertujuan untuk menghasilkan data yang baik agar mempermudah proses pengolahan data. Tahapan-tahapan data preprocessing adalah data cleansing, integrasi data, transformasi data, reduksi data, diskretisasi data. Pada kali ini kita akan membahas secara singkat salah satu tahapan data preprocessing yaitu integrasi data.


Baca juga : Pahami Proses Integrasi Data untuk Hasilkan Proses Pengolahan Data yang Valid


2. Pentingnya Integrasi Data

Sebuah perusahaan tentunya memiliki kumpulan data-data dari bidang yang berbeda-beda. Tidak menutup kemungkinan dalam suatu perusahaan memiliki masalah data ‘tercecer’. Jika masalah ini terjadi tentunya akan menyulitkan ketika akan membuat laporan sehingga mengakibatkan hasil yang kurang maksimal bahkan dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu data-data tersebut perlu digabungkan dan dikumpulkan dalam suatu database agar memudahkan pengolahan data nantinya. Jika pengolahan data sudah benar maka akan menghasilkan informasi yang jelas dan tidak bias sehingga pengguna dapat mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis.


3. Cara Melakukan Integrasi Data

Setelah kita mengetahui pentingnya integrasi data maka kita perlu juga mengetahui cara-cara integrasi data. Terdapat beberapa cara antara lain:

  1. Integrasi Aplikasi, penggabungan yang terjadi dengan mengkoordinasikan informasi antara aplikasi bisnis.

  2. Integrasi Interaksi Pengguna, pembuatan antar pengguna yang memberikan penggabungan antar sistem yang berbeda.

  3. Integrasi Proses Bisnis, sebuah penggabungan yang terjadi jika terdapat koordinasi pada setiap aktivitas pada sistem.


Baca juga : Belajar Data Science: Simak 3 Manfaat Penerapan Big Data di Berbagai Industri


4. Yuk Mulai Belajar Data Science Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!