FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 41 Menit 12 Detik 

Implementasi OKR dan KPI via Rumus Excel, Pemula Wajib Coba

Belajar Data Science di Rumah 15-Agustus-2022
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/ccb7179ee7a42e059318b1839f0d8635_x_Thumbnail800.jpg

"OKR" adalah singkatan dari "Objective Key Results." OKR adalah alat penetapan tujuan dan kepemimpinan yang efektif untuk mengkomunikasikan apa yang ingin Sahabat DQ capai dan tonggak pencapaian apa yang harus Sahabat DQ penuhi untuk mencapainya. OKR digunakan oleh beberapa organisasi terkemuka dunia untuk menetapkan dan menerapkan strategi mereka. 


Dalam artikel ini kita akan mendefinisikan OKR, melihat bagaimana mereka digunakan dan memberikan beberapa contoh OKR. Sementara, Key Performance Indikator (KPI) mengacu pada serangkaian pengukuran terukur yang digunakan untuk mengukur kinerja jangka panjang perusahaan secara keseluruhan.


KPI secara khusus membantu menentukan pencapaian strategis, keuangan, dan operasional perusahaan, terutama dibandingkan dengan bisnis lain di sektor yang sama.


OKR dan KPI adalah metodologi penetapan tujuan kolaboratif yang digunakan oleh tim dan individu untuk menetapkan tujuan yang menantang dan ambisius dengan hasil yang terukur. OKR adalah cara Sahabat DQ melacak kemajuan, membuat keselarasan, dan mendorong keterlibatan di sekitar tujuan yang terukur. 


Baik berbicara tentang operasi kantor, rekayasa perangkat lunak, organisasi nirlaba atau lebih, OKR bekerja sama untuk menetapkan tujuan di banyak tingkat perusahaan. Mereka juga dapat bekerja untuk tujuan pribadi dan bahkan dapat digunakan oleh individu untuk menyelesaikan sesuatu di tempat di mana kepemimpinan senior tidak menggunakannya.


Lalu, bagaimana cara menghitung pengukuran tersebut di dalam excel? Berikut adalah implementasinya yah!


1. Average Order Value atau AOV

KPI yang dikenal sebagai Average Market Basket, AOV memberi tahu Sahabat DQ berapa banyak yang biasanya dihabiskan pelanggan Sahabat DQ untuk satu pesanan. AOV akan memberi Sahabat DQ gambaran yang lebih baik tentang berapa banyak pendapatan yang dihasilkan setiap pelanggan.


AOV =  Total Sales/ Number of orders

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Revenue per Visitor

Ini adalah metrik e-niaga penting yang dapat Sahabat DQ gunakan untuk menentukan pendapatan rata-rata yang Sahabat DQ hasilkan per pengunjung.


Misalnya, jika penghasilan Sahabat DQ untuk kuartal terakhir adalah $50.000, dan Sahabat DQ menerima 200.000 pengunjung di toko e-niaga Sahabat DQ, pendapatan per pengunjung Sahabat DQ akan menjadi $0,25 per pengunjung.


Revenue per visitor = Total income / number of visitors over a specific period of time

excel



3. Order Frequency

Frekuensi Pembelian adalah berapa kali rata-rata pelanggan membeli barang atau jasa dari toko Sahabat DQ dalam jangka waktu tertentu. Untuk menghitung Frekuensi Pembelian, bagi jumlah total pesanan Sahabat DQ dengan jumlah pelanggan unik untuk jangka waktu yang sama. Frekuensi Pembelian secara efektif adalah jumlah rata-rata pesanan per pelanggan.


Jangka waktu yang digunakan untuk menghitung Frekuensi Pembelian akan bergantung pada spesifikasi bisnis Sahabat DQ, tetapi paling sering dilihat selama periode 12 bulan untuk mempertimbangkan musim dan promosi. Sahabat DQ perlu memberikan jangka waktu yang cukup lama bagi pelanggan biasa untuk membuat lebih dari satu pesanan. 


Bagi sebagian besar toko yang melihat Frekuensi Pembelian kurang dari seperempat tidak masuk akal. Frekuensi Pembelian Sahabat DQ akan selalu menjadi satu atau lebih jika Sahabat DQ menggunakan periode yang sama untuk jumlah pelanggan unik dengan jumlah pesanan.


Semakin lama jangka waktu yang digunakan, semakin tinggi Frekuensi Pembelian Sahabat DQ

excel


4. Customer Lifetime Value

Ini memberitahu Sahabat DQ nilai setiap pelanggan untuk bisnis Sahabat DQ. Perkuat hubungan dengan berfokus pada loyalitas pelanggan untuk meningkatkan angka ini. Ini akan membantu Sahabat DQ memahami biaya per akuisisi.


CLV = AOV x Order Frequency

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Bagaimana? Setelah mengenali beberapa macam tahapan data cleaning ternyata belajar Excel cukup mengasyikkan bukan? Nah, kalian bisa mulai coba belajar materi Excel lainnya di DQLab

 

DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data scientist baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang. Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :