CT Corp x DQLab : Pentingnya Memahami Pola Kerja Data Scientist

Untuk menjadi seorang Data Scientist, memang diperlukan persiapan baik dari softskill maupun hardskill. Jangan salah, memahami pola kerja menjadi praktisi data merupakan hal yang diperlukan agar proses kerja lebih maksimal dan bisa memberikan solusi perusahaan secara tepat.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses kerja Data Scientist. Hal yang paling utama adalah memahami bisnis perusahaan. Proses ini menjadi penting bagi praktisi data agar menghasilkan data yang valid. 

“Jadi kita harus paham dulu bisnis perusahaannya gimana. Lalu, kita kumpulkan data yang nantinya harus dibersihkan dulu, karena saat kita mengumpulkan data pastinya ada data-data yang tidak bersih dan ada data-data yang hilang.” Ujar Reny, Data Scientist CT Corp.

Melakukan data cleansing merupakan proses yang paling panjang sebelum menghasilkan data yang tepat. Mengapa demikian? Karena hal ini bertujuan untuk mengurangi data yang hilang dan data yang ganda, dan menghasilkan solusi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Setelah memahami data yang sudah diolah, seorang Data Scientist akan memvisualisasikan data untuk dikomunikasiakan agar praktisi bisa menganalisa serta mendapatkan ide dari hasil data tersebut.

“Hal ini bertujuan untuk mengkomunikasikan data dan ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah mempengaruhi model kita atau tidak.” Tutup Reny.

Tenang Saja, Bersama DQLab Anda Juga Bisa Menerapkan Pola Kerja Ini!

Yuk! tunggu apa lagi, Anda juga bisa menerapkan pola kerja Data Scientist dengan mengikuti program belajar DQLab. Modul yang tersedia memudahkan Anda untuk mengembangkan potensi diri dan siap terjun sebagai praktisi data yang mumpuni!

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!

Mulai karir Anda

sebagai Data Scientist hari ini!