BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Data Science : Habis Gelap Terbitlah Terang, Persiapkan diri Menjadi Praktisi Data bersama DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 18-April-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/6dd21a9797d28bdab6082236205232ed_x_Thumbnail800.png

Tentunya untuk memulai karir di bidang data kamu perlu belajar data science untuk menunjang skillset kamu dalam mempersiapkan diri menghadapi industri yang sebenarnya. Dalam mempelajari ilmu data science ada beberapa poin yang harus kamu pahami terlebih dahulu agar kamu lebih mudah menerapkannya dalam studi kasus yang nyata.


DQLab berkolaborasi dengan Vanessa Stefany salah satu member DQLab yang kini sukses berkarir menjadi Data Engineer di PHI - Integration untuk memberikan tips-tips apa saja yang dapat diterapkan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang praktisi data. 

Yuk, kita simak selengkapnya!

1. Memiliki Rasa "Kepo" yang Tinggi

Seorang praktisi data harus memiliki rasa  "penasaran" yang tinggi terkait dengan data yang dikelolanya. Kamu harus bisa melihat lebih jauh kira-kira data yang kamu peroleh bisa diolah menjadi seperti apa dan dapat menghasilkan output yang seperti apa. (bisa jadi apa dari data ini?, cerita apa yang bisa dihasilkan dari data ini?

"Sebagai praktisi data tentunya kamu harus tau harta apa yang tersembunyi di data ini? Kemudian, mengapa bisa begini? Nah, dari rasa keingintahuan tersebut akan mendorong kita buat eksplor Data tersebut." Tutur Vanessa.


Baca juga : Pentingnya Belajar Python untuk Hadapi Dunia Kerja, Yuk Coba DQLab Learning Module di Rumah!


2. Memahami Data yang Akan Diolah

Data Exploration menjadi sangat penting sebelum melakukan feature engineering dan modeling karena dalam tahap ini kita harus memahami datanya terlebih dahulu.

"Kalo sudah tahu "sumber harta" dan prospeknya nah kita perlu segala hardskill seperti statistik, programming, data wrangling, data cleansing, data standardization, data modelling, untuk analisa data kita, semacam mengolah karena data itu bahan mentah kita harus pintar-pintar dalam eksplorasi data, segala metode harus diterapkan." Ungkap Vanessa.


3. Menguasai Teknik "Story Teller"

Seorang praktisi data ketika sudah memiliki keingintahuan yang tinggi dan skillset yang mumpuni harus pula memiliki kemampuan teknik bercerita. Dalam hal ini, seorang praktisi data harus mampu menyampaikan data yang telah diolah kepada para stakeholder lainnya agar hasil data yang disampaikan lebih menarik dan sederhana.

"Kenapa saya bilang Story Teller penting, kita udah punya curiosity dan jago eksplorasi sehingga menghasilkan insight,knowledge dan decision support yang keren-keren banget. Tapi ga bisa menjelaskan ke orang lain itu seakan percuma 2 hal tadi." Tutur Vanessa.

"Cara visualisasi, memilih informasi dan menceritakan hasil itu perlu diasah supaya mudah dipahami sama user atau klien kita." Tutupnya.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Engineer, Yuk Intip Studi Kasus yang Bisa Dipecahkan dengan "Feature Discovering"


4. Rayakan Hari Kartini dan Terapkan Ilmu Data Science bersama DQLab.id!

Dari tips-tips yang disampaikan di atas, pesan Vanessa adalah jangan pernah berhenti mencoba untuk belajar. Mengapa demikian? Jika memang memiliki tujuan utama kita untuk menjadi seorang praktisi data, tentunya kamu harus selalu meningkatkan skill diri kamu dan terus mencoba berbagai kesempatan untuk menantang diri kamu.

"Kalau itu memang passion dan keinginan kita, kan tidak dilihat dari gender atau apa. Jadi jangan malu bertanya, jangan malu ketemu mentor yang sedikit galak dan jangan ragu untuk ambil berbagai kesempatan. Selalu upgrade diri karena belajar itu ngga ada "stop" nya." Tutupnya.

Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Semangat belajar sahabat Data DQLab!


Lihat juga : Belajar Data Science Bersama DQLab 

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!